Ketika anak masih kecil dan tidak bisa ditinggal, ibu rumah tangga biasanya tidak melakukan apa-apa selain perannya sebagai ibu. Tapi, lain halnya ketika anak sudah besar, maka ibu akan mulai punya waktu luang. Daripada menghabiskannya dalam diam, tak ada salahnya lho, jika memulai bisnis.

Yuk, coba ide bisnis untuk ibu rumah tangga ini agar tetap produktif :

1. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Dropshipper berarti menjadi perantara bagi pemasok barang dan konsumen dalam proses jual beli online. Mempromosikan produk ke media sosial dan platform lainnya. Segala urusan pengepakan dan pengiriman produk ke konsumen menjadi tanggung jawab pemasok. Keuntungan yang bisa Anda ambil adalah selisih antara harga supplier dengan harga jual yang Anda tetapkan.

Reseller membeli produk yang dijual oleh pemasok, kemudian dijual kembali dengan harga yang ditentukan sendiri. Tapi ingat, harga yang dipatok tidak boleh terlalu tinggi dibandingkan harga grosir dari supplier ya? Yup, bisnis reseller ini sebenarnya membutuhkan modal yang tidak sedikit lho. Sehingga cocok sebagai pekerjaan sampingan oleh ibu rumah tangga.

Baca Juga:  5 Langkah Menghasilkan Uang Melalui YouTube

2. Menjadi YouTuber: Buat channel memasak

Sebenarnya kegiatan memasak ibu rumah tangga setiap hari di rumah bisa jadi sumber penghasilan yang besar lho! Buat channel youtube dan rekam video masakanmu, bagikan resep makanan enak yang banyak dicari orang. Jika banyak orang telah menonton saluran YouTube Anda, Anda dapat memperoleh uang dari iklan atau dukungan dari produk yang ingin Anda kerjakan.

3. Agen Pembayaran (PPOB)

Nah, Anda bisa mencoba bisnis ini karena cukup menjanjikan. Anda cukup membuka loket di rumah, untuk menangani pembayaran listrik, PDAM, BPJS, cicilan kendaraan bermotor, dan lain-lain sekaligus di satu tempat. Praktis, bukan? Bisnis ini juga akan sangat membantu warga perumahan yang biasanya membutuhkan kepraktisan.

4. Tanaman Hias

Hingga saat ini, euforia adopsi tanaman hias masih hits dimana-mana. Manfaatkan momen ini dengan menjual tanaman hias di rumah. Bagikan foto tanaman hias yang Anda jual di media sosial, dan terapkan penjualan dengan sistem delivery (kurir/ojek online), agar lebih banyak dicari orang.

Baca Juga:  Usaha Kerajinan Tangan Dari Kayu yang Menguntungkan!

5. Penutup Kotak Makanan

Coba deh buat kue kering atau dessert box yang lagi hits. Buat akun media sosial khusus untuk mempromosikan penjualan Anda. Menjual kue kering dengan cara penjualan biasa, atau dibuat sebagai hampers. Untuk dessert box, kamu bisa menjualnya dengan metode Open Pre Order. Menarik bukan?

6. Makanan Beku

Banyak orang beralih ke penjual makanan beku. Bahkan sebagai ibu rumah tangga, bisnis ini menarik untuk dicoba. Anda cukup menyediakan kulkas untuk penyimpanan, lalu promosikan penjualan Anda di media sosial.

7. Toko Kelontong Online

Zaman semakin canggih dan Anda juga bisa membuka toko kelontong secara online. Anda dapat menyimpan barang jualan Anda di rumah, dan menjualnya melalui media sosial Anda. Ambil foto barang, sertakan keterangan dengan deskripsi harga, lalu unggah.

Baca Juga:  Usaha Modal 10 Juta? Begini Caranya!

8. Admin Akun Media Sosial

Bagi ibu rumah tangga, menjadi admin akun media sosial merupakan pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan foto produk dari perusahaan sebagai klien, menyertakan caption, menjawab komentar followers, dan lain sebagainya.

9. Menjual aksesoris wanita

Aksesoris wanita menjadi salah satu produk yang paling laris di e-commerce karena permintaannya yang stabil. Wanita umumnya akan menggunakan aksesoris saat pergi ke sekolah, kuliah, bekerja dan bepergian. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa mencoba berjualan aksesoris wanita secara online, siapa tahu karena permintaan pasarnya besar.

10. Penulis Konten

Jangan sia-siakan bakat menulis Anda, dan cobalah menjadi penulis konten. Cukup login dan daftar ke website untuk freelancer, seperti Sribulancer, UpWork, dan lain-lain. Di sana, Anda akan terhubung dengan klien yang membutuhkan jasa penulisan Anda. Bakat tersalurkan, income akan datang.

Share: