Membuat kerajinan tangan dengan barang-barang bekas akan menghasilkan uang yang cukup banyak. Anda bisa mendaur ulang barang bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan tangan yang tentunya memiliki nilai estetika serta nilai jual. Maka dari itu, anda jangan sampai membuang barang bekas yang sudah tidak terpakai ke tempat sampah atau membakarnya.

Sementara itu, jika anda melihat sampah-sampah di sekitar anda sejatinya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan kerajinan tangan yang unik. Barang bekas seperti koran, botol kaca, kardus, botol plastik, bisa diolah menjadi produk yang mahal harganya. Selain mendapatkan kompensasi uang tunai, anda bisa membersihkan sampah anorganik. 5 barang bekas berikut ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Menghasilkan Uang

1. Jam Dinding dari Koran Bekas

Baca Juga:  Strategi Jitu Jalankan Usaha Restoran

Koran bekas mudah sekali dijumpai di sekitar lingkungan kita. Sebaiknya koran bekas tersebut tidak berserakan memenuhi gudang, anda pun bisa memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan jam dinding. Anda cukup menempelkan jam dari koran bekas di dinding ruangan, memungkinkan mampu menambahkan kesan klasik pada rumah yang anda tinggali. Selain itu, akan membuat rumah terlihat unik dan menarik saat dipandang mata.

2. Bunga dari Botol Bekas

Jeni bahan dari botol bekas rupanya bisa dijadikan sebagai bentuk kerajinan tangan yang bagus. Adapun cara membuatnya adalah memotong bagian pantat botol dan kemudian dibelah menjadi 5 bagian untuk dijadikan kelopak bunga. Barulah setelah itu, anda warnai dengan warna kesukaan sendiri. Tambahkan putih pada tengah guna mempercantik tampilannya. Anda pun bisa menjualnya atau cukup dijadikan cukup menjadi hiasan rumah.

Baca Juga:  Pilihan Usaha Berpotensi Dengan Modal 1 Jutaan

3. Burung Merak dari Sedotan

Burung merak merupakan jenis burung yang memiliki keindahan bulu berwarna-warni. Anda bisa membuat kerajina berbentuk burung merak dengan memanfaatkan sedotan bekas. Di dalam proses membuat kerajinan tangan burung merak maka dibutuhkan sebuah ketekunan, di situlah anda perlu menyusun ratusan sedotan satu persatu sehingga menyerupai sebuah burung merak. Sebaiknya berikan variasi warna yang bagus dan unik.

4. Miniatur Rumah dari Stik Es Krim

Stik es krim merupakan jenis barang yang kerap djadikan kerajinan tangan menarik. Berkat tekstur yang kuat dan kaku membuat bahan tersebut mudah untuk dikreasikan menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi. Salah satu contoh kerajinan tangan tersebut adalah pembuatan miniatur rumah. Di luar sana biasanya miniatur yang terbuat dari stik es krim dengan harga tinggi, berkisar dari Rp. 500 Ribu hinga 900 Ribu Rupiah.

Baca Juga:  Peluang Usaha Paling Mudah Dijalankan

5. Tempat Tisu dari Kaleng Bekas

Satu lagi kaleng bekas yang bisa dibuat menjadi tempat tisu atau celengan untuk menyimpan uang. Anda cukup mendaur ulang menjadi baang-barang yang lebih berguna seperti lampu hias atau tempat aksesoris. Kaleng sendiri terdiri dari dua bentuk, yakni lingkaran yang berada di bawah dan atas kaleng serta persegi panjang yang terletak di badan kaleng. Pemanfaatan kaleng bekas bisa membentuk alami si kaleng dan berikan warna cerah sebagai hiasan.

Share: