Daftar tips ini akan membantu Anda sukses dalam bisnis barang bekas Anda. Mulai dari tips menyiapkan barang bekas untuk dijual, menentukan harga yang pantas, dan cara berjualan yang benar agar bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya.

Menjual barang bekas bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang sambil menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan. Bisa juga menjadi area bisnis yang menguntungkan jika Anda memahami strategi yang tepat untuk menjualnya.

Banyak sampah di rumah? Biasanya, sampah rumah tangga dibuang begitu saja ke tempat sampah. Daripada dibuang begitu saja dan menambah beban kerusakan lingkungan, bagaimana kalau kali ini kita coba cara lain, yaitu daur ulang sederhana barang bekas.

Tidak perlu mengubah limbah menjadi produk baru dengan cara yang rumit dan memakan waktu. Berikut beberapa ide daur ulang sederhana yang bisa Anda tiru di rumah.

Baca Juga:  Peluang Usaha Dengan Modal 500 Ribuan

1. BAJU BEKAS MENJADI BANTAL

Di mana Anda membuang pakaian yang tidak lagi Anda gunakan? Pakaian tersebut biasanya dibagikan kepada orang yang membutuhkan, digunakan sebagai lap dapur, atau dibuang begitu saja ke tempat sampah. Kamu bisa mempraktekan barang bekas yang sederhana kali ini dengan pakaian favoritmu lho.

Anda bisa mengubah pakaian dan kain yang sudah tidak terpakai menjadi sarung bantal. Caranya mudah, potong kain yang masih bagus selebar bantal. Jahit ketiga sisinya dengan tangan atau mesin jahit. Setelah itu masukkan bantal dan jahit bagian yang masih terbuka.

2. BAN BEKAS MENJADI POT BUNGA

Jika sebelumnya ban mobil bekas Anda tertinggal di bengkel, kini saatnya membawanya pulang dan menjadikannya barang yang berguna. Daur ulang sederhana barang bekas dengan bahan dasar ban bekas kali ini dijamin bikin tampilan rumah kamu cantik dan segar!

Mudah. Anda hanya perlu mengecat ban dengan warna favorit Anda, mengikat salah satu sisinya dan segera menggantungkan ban di dinding. Jika demikian, yang harus Anda lakukan adalah mengisi ban dengan tanah dan menanam bunga/tanaman. Jangan lupa menyiramnya secara teratur agar tanaman tumbuh sehat.

Baca Juga:  10 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Untung Besar Modal Kecil

3. BOTOL BEKAS MENJADI POT BUNGA / TEMPAT ATK

Ide mendaur ulang barang bekas memang sederhana, yang kali ini pasti sudah umum diketahui. Botol plastik yang digunakan untuk minuman kemasan dapat diubah menjadi pot bunga atau tempat alat tulis. Untuk pot bunga, Anda hanya perlu memotong bagian perut botol atau bagian atas botol. Pot bunga botol plastik ini nantinya bisa digantung atau diletakkan di bagian rumah yang diinginkan.

Jika ingin membuat tempat alat tulis dari botol plastik bekas lebih mudah. Anda hanya perlu memotong bagian tengah botol, lalu menghias botol besar dengan cat atau pita. Agar bisa menampung banyak alat tulis, Anda bisa membuat kreasi dari beberapa botol sekaligus kemudian menempelkan potongan-potongan botol tersebut dengan lem serbaguna.

4. BISA DIGUNAKAN KE PYANG / WADAH MASAK

Apakah Anda sering membeli bahan makanan dalam kaleng? kaleng dapat digunakan kembali. Daur ulang sederhana barang bekas dari kaleng ini membutuhkan perawatan khusus karena kaleng yang dipotong cukup tajam dan bisa berbahaya.

Baca Juga:  Usaha Modal 100 Juta yang Harus Anda Coba!

Kaleng bekas bisa digunakan sebagai celengan atau wadah bumbu masak. Jika Anda ingin menjadikannya celengan, Anda hanya perlu membuat tutup dari kain atau karton bekas dan mengikatnya dengan pita warna-warni. Bagian luar kaleng juga bisa dicat agar tampilan celengan lebih menarik. Untuk bumbu masak bisa terlebih dahulu melubangi bagian bawah kaleng agar sirkulasi udara di dalam kaleng lancar dan bumbu tidak mudah rusak karena lembab.

5. KARTON BEKAS Untuk RAK/MAINAN ANAK

Punya banyak stok kardus yang cukup tebal dan kokoh? Kamu bisa coba menatanya menjadi rak, lho. Agar terlihat menarik, Anda bisa melapisi bagian luar karton terlebih dahulu dengan kertas warna-warni.

Tidak perlu rak? Ide daur ulang kardus sederhana lainnya adalah, mainan anak-anak! Saat ini cukup banyak yang membagikan cara menggunakan kardus sebagai bahan utama mainan anak, seperti mobil, dapur, bahkan kamera! Ide dan cara membuatnya bisa kamu temukan dengan menggunakan hashtag #mainankardus di Instagram.

Share: