Ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba. Ada yang membutuhkan modal besar, namun ada juga yang tidak.

Ada yang bisa dilakukan sendiri, ada juga yang tidak bisa dilakukan sendiri. Jadi, sebelum memilih untuk terlibat dalam upaya kreatif, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan sumber daya dan kapasitas Anda sendiri. Jangan sampai bisnis yang Anda mulai dengan susah payah, harus hancur karena salah perkiraan.

Bisnis kreatif yang ingin Anda mulai dapat ditentukan oleh siapa target pasar Anda. Apakah Anda mengkhususkan diri di pasar lokal, atau membangun produk untuk pasar internasional.

Hal ini karena selera masyarakat Indonesia berbeda dengan selera masyarakat internasional. Namun tidak perlu bingung dalam menentukan bisnis apa yang ingin Anda bangun. Berikut beberapa contoh ide bisnis kreatif yang bisa Anda jalankan.

1. Membuat peralatan rumah tangga dengan rotan

Baca Juga:  Bisnis Dari Kerajinan Tangan Barang Bekas

Mungkin bukan sesuatu yang baru jika rotan dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan. Tapi, pernahkah terpikir oleh Anda untuk membuat peralatan rumah tangga dengan bahan yang satu ini?

Ya, peralatan rumah tangga yang terbuat dari rotan memang banyak dicari masyarakat karena kekuatannya.

Namun, sebagian besar pelaku usaha membuat peralatan rotan dengan bentuk yang kaku. Dalam ide bisnis kreatif ini, Anda dapat mencoba membuatnya lebih menarik dengan mengubah peralatan rotan menjadi karakter yang menggemaskan seperti Winnie The Pooh, Hello Kitty, Teddy Bear dan sebagainya.

Ide kreatif ini bisa Anda terapkan untuk membuat tempat mainan, keranjang pakaian kotor, tempat lampu, tempat tisu, kotak aksesoris dan lain sebagainya yang bisa dibuat dari rotan.

Untuk harganya, Anda bisa menjual barang-barang rumah tangga unik ini seharga Rp 50.000 hingga ratusan juta rupiah.

Baca Juga:  Ide dan Tips Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan

2. Menjadi dropshipper

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kreatif namun terkendala modal, maka Anda bisa memulainya dengan menjadi dropshipper.

Caranya juga sangat mudah karena saat ini sudah banyak situs e-commerce yang menawarkan untuk menjadi dropshippers. Ketiadaan modal membuat jenis bisnis ini kurang berisiko.

Keuntungan yang diperoleh terbilang lumayan mengingat tidak ada modal yang perlu dikeluarkan. Hanya dengan hp dan internet saja sudah bisa menjadi dropshipper.

3. Layanan pembuatan konten

Saat ini banyak brand memilih untuk mengiklankan produknya melalui konten. Baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk video. Mengingat saat ini jumlah orang yang menyukai iklan tersebut mulai menurun.

Jadi, merek memutar otak untuk mencari tahu cara menjual produk, tanpa memaksa. Salah satunya melalui konten kreatif berupa artikel atau video.

Baca Juga:  Usaha Modal 100 Juta yang Harus Anda Coba!

4. Fotografer

Fotografer sangat cocok untuk anda yang kreatif. Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan jasa fotografer.

Baik untuk pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan banyak lagi. Memang untuk bisa menjadi fotografer dibutuhkan modal yang cukup.

Namun, Anda masih bisa menyewa kamera yang terlalu mahal. Anda hanya perlu mengasah keterampilan fotografi Anda lebih jauh. Bahkan, seorang fotografer pernikahan saja bisa digaji hingga Rp8 juta per acara.

5. Videografer

Bagi Anda yang lebih menyukai media video, maka menjadi videografer adalah pilihan yang lebih tepat. Mirip dengan fotografer, videografer juga banyak dicari untuk pernikahan, acara, atau untuk membuat profil perusahaan untuk sebuah perusahaan.

Belum lagi jika Anda benar-benar telah dipercaya oleh banyak klien besar. Tentunya penghasilan Anda cukup untuk merekrut beberapa karyawan.

Share: