5 Kesalahan Fatal Penyebab Bisnis Online Gagal Total

5 Kesalahan Fatal Penyebab Bisnis Online Gagal Total – Bisnis online memang sangat menggiurkan. Baik itu pelajar sampai karyawan pun bisa mencoba menjalankan bisnis satu ini. potensi pemasaran yang berhasil memang lebih besar. jangkauannya yang lebih luas membuat bisnis online sangat menggiurkan. Namun di balik serangkaian kemudahan tersebut, anda mesti paham bahwa sebuah bisnis berpotensi mengalami kegagalan, termasuk dalam bisnis online. pahami apa saja kesalahan yang bisa menyebabkan bisnis gagal total.

Dengan cara tersebut anda bisa lebih tahu bagaimana cara antisipasinya. Bisnis daring ini memang memerlukan kejelian tersendiri dalam melihat peluang pasar. Kinerjanya memang berbeda dari bisnis offline. Maka dari itu proses kinerjanya perlu anda kenali terlebih dulu agar bisnis anda tidak salah proses dari berbagai macam sudut. Nah, bagi yang ingin tahu apa saja kesalahan fatal dalam membangun bisnis online, berikut ini ulasan selengkapnya.

Berbagai Penyebab Bisnis Online Gagal

1. Hanya fokus ke penjualan

Ketika memutuskan terjun ke bisnis online, kita akan dituntut menjual produk kepada orang yang sama sekali belum kita temui atau kenal. Berbeda dengan sistem offline dimana kita bertemu langsung dengan pembeli. Jangan langsung fokus ke penjualan karena hanya akan membuat anda kecewa. Bangun terlebih dulu brand anda agar bisa dikenal dan dipercaya para pembeli. Ubah fokus bisnis dengan mengenalkan brand terlebih dulu. seiring brand terkenal maka penjualan pun menjadi lebih mudah.

2. Hanya promosi tanpa selingan

Media sosial, website, hingga blog merupakan sarana untuk berkomunikasi dan menggali berbagai macam informasi. Lakukan promosi sewajarnya. Jangan hanya posting jualan saja sedangkan upaya sosialisasi tidak anda lakukan sama sekali. Hal ini akan membuat konsumen merasa jenuh dan bisa jadi anda di-cap spam karena terlalu berlebihan dalam promosi. Selingi dengan aneka artikel edukasi, informasi, tips, atau sekedar tulisan-tulisan berisi jokes.

3. Salah target

Bidik target market secara tepat. jangan sampai salah target karena akan membuat promosi anda berakhir sia-sia. misalnya jika anda menjual perabot rumah tangga secara online, maka friendlist yang mesti anda miliki adalah akun milik para ibu rumah tangga. Jangan malahan media promosi anda dipenuhi oleh para remaja SMA karena tidak akan menghasilkan output yang baik. Kenali apa yang anda jual dan bidik target marketnya secara tepat.

4. Mengabaikan testimoni

Testimoni bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan penjual. Selain itu testimonial juga efektif untuk menarik para konsumen baru. Banyak online shop yang tidak mengupdate testimonial sehingga kredibilitasnya sedikit diragukan. semakin banyak testimonial maka semakin besar minat pembeli untuk mencoba produk atau jasa yang anda tawarkan.

5. Foto produk tidak berkualitas

Karena konsumen tidak melihat produk secara langsung, maka wakilkan dengan fotonya yang berkualitas. Foto produk agar detail dan warnanya terlihat jelas. Selain itu semakin tinggi kemiripan foto dengan aslinya akan membuat konsumen tidak merasa kecewa. Jika anda masih dalam tahapan dropshipper, mintalah foto dengan resolusi bagus kepada supplier. Jika barang ada di tangan anda, jangan ragu untuk memfoto ulang agar konsumen semakin tertarik.

Demikian beberapa kesalahan fatal dalan bisnis online yang sebaiknya anda kenali agar bisnis anda tidak gagal total. Semoga bermanfaat.