5 Langkah Menghasilkan Uang Melalui YouTube

5 Langkah Menghasilkan Uang Melalui YouTube – YouTube tidak hanya bermanfaat sebagai media hiburan saja. banyak pemilik akun media satu ini yang mampu meraih penghasilan hingga ratusan juta. Peluang satu ini bisa anda terapkan sebagai ide bisnis kekinian yang menjanjikan. Untuk yang senang berbagi informasi, membuat video, hingga bermain musik, menyulap akun YouTube menjadi ladang penghasilan adalah hal cerdas untuk anda lakukan. Anda mesti paham terlebih dulu bagaimana cara menyulap akun biasa menjadi akun penghasil uang.

Yakni dengan melakukan monetasi. Setelah tersambung dengan AdSense, akun YouTube anda berpotensi mendatangkan penghasilan dalam jumlah besar. Namun konten yang mesti anda suguhkan haruslah yang original. Karena hanya konten asli sajalah yang akan dihitung oleh AdSense. Selain itu anda juga mesti rajin menambah subscriber hingga viewer sebanyak mungkin. Nah, bagi yang penasaran apa saja langkah menghasilkan uang dari YouTube, berikut ulasannya.

Cara Menghasilkan Uang Melalui YouTube

1. Monetasi YouTube Channel

Setelah anda memiliki channel khusus, cobalah untuk melakukan proses monetasi. Masuk ke akun YouTube anda kemudian klik menu Account Information setelah itu klik Creator Studio. Pada bagian sebelah kiri terdapat opsi Channel kemudian klik bagian Status and Features. Setelah itu anda mesti meng-klik Enable Monetisation dan setujui kolom persetujuan yang ada di dalamnya.

2. Sambungkan ke AdSense

Setelah monetasi berhasil, maka saatnya untuk menyambungkan akun youtube anda ke AdSense. Anda memerlukan approval terlebih dulu dengan cara associate dan approved AdSense Account. Setelah melakukan sambungan tersebut, akan tersedia fitur YouTube Analytic yang bermanfaat untuk trakking penghasilan anda. Penghasilan bisa anda dapatkan jika anda melengkapi sistem YouTube Payment Treshold.

3. Optimalkan fungsi monetasi

Anda memerlukan proses optimalisasi dari monetasi yang telah anda lakukan. yakni dengan rajin mengunggah video yang ramah pengunjung, konten kreatif dan original. Video plagiasi tidak akan menghasilkan apa-apa. Maka dari itu sebagai YouTuber anda dituntut untuk rajin mengunggah karya asli. Selain itu, video juga mesti memperhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang sudah ditetapkan YouTube. Video yang sudah diaktifkan fungsi monetasinya akan memunculkan beberapa iklan.

4. Menarik sponsorship

Para YouTuber yang terkenal dan sukses tidak akan lepas dari para pengiklan. Hampir di semua postingannya terdapat unsur sponsorship. Dari sinilah mereka mendapatkan uang. Anda bisa mengarahkan traffic untuk afiliasi link, mengunggah konten yang berkaitan dengan produk sponsor, atau berbagai macam hal lain yang akan meningkatkan minat pengiklan. Misalnya dengan rajin mengunggah aneka konten menarik.

5. Promosikan melalui media sosial

Channel yang sukses adalah yang mampu meraih banyak subscriber serta pengunjung. Maka dari itu manfaatkan media sosial untuk mempromosikan postingan anda. tambahkan link postingan di teaser video yang anda unggah di Instagram atau Facebook. Dengan cara tersebut anda mampu mendapatkan pengunjung dan pelanggan yang lebih banyak sehingga uang yang didapat pun makin besar.

Demikian beberapa langkah yang bisa anda coba agar akun YouTube anda bisa menghasilkan uang. Semoga bermanfaat.