5 Teknik Closing Yang Ampuh Meyakinkan Konsumen

5 Teknik Closing Yang Ampuh Meyakinkan Konsumen – Menguasai teknik closing yang baik sangat berpengaruh pada kesuksesan penjualan anda. Closing yang sering berhasil tentu mampu menaikan omzet dengan jumlah lebih banyak. Maka dari itu anda mesti menguasai teknik closing agar anda tidak merasa bahwa promosi yang dilakukan sia-sia saja. banyak sekali cara yang bisa anda coba agar promosi anda berakhir dengan closing yang sukses. Teknik tersebut sebenarnya mudah dan sederhana karena memanfaatkan kecenderungan dan perilaku konsumen.

Semua konsumen memiliki perilaku yang hampir sama. Mulai dari senang dengan pujian, segala hal yang serba gratis dan murah, sampai dengan lebih senang membeli sekaligus mendapatkan banyak keuntungan. Dari perilaku konsumen tersebut anda bisa memanfaatkannya menjadi peluang untuk bisa closing. Teknik closing yang jitu juga mempengaruhi tingkat keberhasilan strategi marketing anda. Di bawah ini beberapa ulasan selengkapnya untuk berbagai teknik closing yang ampuh.

5 Teknik Closing Yang Ampuh

1. 3 Keuntungan 1 Penawaran

Hampir semua orang menyukai produk yang menawarkan banyak manfaat. Maka dari itu anda bisa mencoba teknik 3 in 1. Berikan 3 keuntungan sekaligus dalam sekali penawaran. Misalnya menawarkan berbagai macam fungsi produk, kemudahan yang didapatkan jika membeli produk tersebut, hingga memberikan bonus tertentu. Tawarkan keuntungan-keuntungan tersebut agar konsumen mantap membeli produk anda.

2. Now Or Never

Teknik Now Or Never merupakan teknik penawaran terbatas. Teknik satu ini akan membuat konsumen tidak menunda untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda. Konsumen memiliki kebiasaan suka menunda jika melakukan pembelian karena memiliki banyak pertimbangan. Anda bisa menyematkan kata-kata “Promo Terakhir, Besok Harga Naik”, “Stok Terbatas”, “Tidak Akan Restock Lagi”, dan berbagai penawaran terbatas lainnya.

3. Harga Coret

Teknik harga coret sudah lama digunakan dalam teknik Copywrting dan memang masih memuaskan sampai saat ini. Harga coret akan membuat customer lebih tertarik karena membidik sisi emosional para konsumen. Terlebih jika perbedaan harganya sangat signifikan sehingga konsumen akan buru-buru membeli produk anda. Sistem harga coret ini bisa anda lihat di berbagai brosur promo toko swalayan dan berbagai toko ritel besar lainnya. Jangan ragu untuk meniru teknik closing satu ini.

4. Teknik pujian

Manusia memiliki sifat dasar senang dipuji. Manfaatkan hal tersebut dengan menyelingi proses penawaran anda menggunakan aneka hal yang berbau pujian. Misalnya ketika konsumen mencoba pakaian yang anda tawarkan. Jangan ragu untuk memberikan pujian kepada mereka. Misalnya “Bagus bu bajunya, jadi keliatan tambah muda dan cantik pas dipakai nih”.

5. Terlihat murah

Teknik satu ini merupakan proses pemberian harga dengan harga ganjil. Konsumen akan lebih senang membeli produk dengan harga 49.900 dibandingkan 50.000 rupiah. Angka pertama yang dilihat akan mempresisikan harga tersebut. maka jangan ragu untuk menerapkan teknik harga tersebut. atau anda bisa mencoba memberikan paket khusus. Misalnya harga ecer 34.500 rupiah namun khusus beli 3 pcs hanya 100 ribu rupiah. Harga yang terlihat murah lebih cenderung menarik konsumen untuk membeli.

Demikian beberapa cara closing agar konsumen berkenan membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan. Semoga bermanfaat.