Membuka usaha rumahan tidak membutuhkan modal yang besar dan cenderung lebih mudah untuk dikelola. Berbisnis di rumah tidak membutuhkan modal untuk menyewa tempat dan ruang lingkup bisnisnya tidak terlalu besar, namun dapat memberikan penghasilan yang menjanjikan. Apa saja peluang bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda lakukan? Lihat ide-ide di bawah ini!

1. Bisnis Rumahan Snack atau Makanan Preorder

Banyak orang mengatakan bahwa bisnis makanan rumahan tidak akan pernah mati. Padahal, ini benar jika Anda bisa memahami peluang bisnis makanan dan memiliki kemampuan menjual makanan yang enak.

Anda bisa mencoba menjadi reseller atau franchise produk makanan yang sedang tren, atau membuat menu sendiri. Untuk menghindari kerugian, sebaiknya Anda menjual dengan sistem preorder untuk setiap batch penjualan.

Baca Juga:  3 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

2. Kedai Kopi

Budaya minum kopi dan berkumpul bersama teman tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Karena itulah bisnis kedai kopi semakin menjanjikan. Untuk membuka kedai kopi, Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak.

Cukup sediakan area kecil atau sudut di depan rumah dan letakkan beberapa kursi dan meja. Anda juga bisa membuat sistem penjualan take away atau pesan antar online sehingga modal yang Anda butuhkan hanya untuk biji kopi, mesin kopi dan container.

3. Budidaya Ikan

Percaya atau tidak, ikan hias dan ikan budidaya ternyata sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan modal yang cukup kecil namun Anda bisa menjual ikan ini dengan harga yang cukup tinggi. Jika Anda tertarik dengan budidaya ikan dan bisa merawat ikan dengan baik, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis budidaya ikan.

4. Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer kini telah menjadi peluang bisnis rumahan di kalangan generasi milenial. Media sosial adalah pekerjaan yang sedang digandrungi oleh anak muda. Namun, kondisi

Baca Juga:  Ingin Usaha Modal 1 juta Cepat Balik Modal ? Cobalah Dengan Memulai Bisnis Ini

Anda harus memiliki sejumlah pengikut dan terkenal sebagai seorang influencer. Ketika Anda memenuhi persyaratan ini, berbagai merek atau produk akan menghubungi Anda untuk mensponsori iklan di konten Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang dari setiap konten produk yang Anda promosikan melalui akun Anda.

5. Buka Kursus

Apakah Anda memiliki kemampuan khusus dan senang mengajar? Jika iya, maka membuka kursus merupakan peluang bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan. Anda dapat mengajarkan berbagai hal: memasak, seni, menulis, dan sebagainya.

Dengan kemajuan zaman, Anda tidak harus mengundang orang ke rumah Anda dan menyediakan ruangan untuk belajar, tetapi Anda dapat membuka kursus online berbayar melalui platform pendidikan di internet.

6. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Saat ini, siapa yang tidak butuh pulsa dan paket internet? Kemajuan teknologi internet dan smartphone menjadikan dua kebutuhan primer ini yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Dengan peluang tersebut, membuka bisnis pulsa dan paket internet tentunya sangat menjanjikan.

Baca Juga:  5 Barang Bekas Yang Bisa Menghasilkan Keuntungan

Anda hanya membutuhkan handphone yang digunakan untuk mengirim pulsa listrik dan paket internet ke pembeli. Distributor paket pulsa dan internet kini sudah sangat beragam, sehingga Anda bisa mendaftar di agen yang paling Anda percayai.

7. Layanan laundry

Bagi masyarakat yang sibuk setiap hari, jasa laundry kilogram menjadi kebutuhan yang praktis. Jika Anda tinggal di lingkungan di mana banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bekerja dan tidak punya waktu untuk mencuci pakaian, membuka jasa laundry adalah peluang yang bagus.

8. Bisnis Jahit

Jika Anda pandai mendesain baju atau menjahit baju, Anda bisa mencoba membuka usaha penjahit atau tailor. Layanan ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat yang mengenakan pakaian berukuran custom atau membutuhkan seragam untuk acara-acara tertentu. Terkadang Anda bahkan tidak perlu menyediakan bahan karena pelanggan Anda akan membawa sendiri bahan yang ingin mereka jahit. Dengan begitu, modal yang Anda butuhkan tidak besar.

Share: