Aplikasi Android Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler yang sering dikunjungi dan dimainkan oleh para remaja.

Kami tidak bisa membayangkan jumlah pemain yang sering berselancar di aplikasi android Instagram untuk setiap harinya, karena banyak dari mereka yang lebih memilih mengabadikan momen-momen tak terlupakan dalam sebuah atau beberapa jepretan foto, hingga kemudian mengabadikannya via Instagram.

Bahkan, sebuah data mengungkapkan bahwa setiap detik ada sekitar ratusan ribu foto yang diunggah via Instagram.

Secara umum, Instagram adalah salah satu media sosial yang fokus dalam hal konten visual foto serta videonya.

Sejak awal pengembangannya, Instagram malah langsung populer dengan sangat cepat, dan bahkan hampir menyaingi Facebook ataupun Twitter.

Aplikasi Android Instagram ini terbilang sangat kompatibel, terutama dalam sistem operasi Android, yang bisa diunduh via PlayStore dengan ukuran sekitar puluhan MB.

Lantas, apa sajakah fitur-fitur yang dimiliki Instagram itu dan seperti apakah review dari kami untuk aplikasi populer yang satu ini?

Fitur-Fitur Aplikasi Android Instagram

Hingga saat ini, terdapat banyak fitur yang sudah dikembangkan di aplikasi Instagram, di antaranya sebagai berikut.

1. Kamera, sehingga para pengguna tidak hanya bisa mengunggah foto ataupun video dari galeri saja, tetapi bisa dibidik ataupun direkam langsung dari aplikasinya, kemudian diedit, diberi caption menarik, baru di-post di Instagram.

2. Editor, tempat para pengguna untuk memoles foto yang dijepret ataupun yang diambil dari galeri perangkatnya, misalnya sebagai pengatur pencahayaan, kontras, warna, tema, frame, dan saturasi, ditambah pula blur ataupun efek-efek menarik lainnya. Bahkan, Anda bisa mengunggah foto ataupun video di feed Anda itu tidak hanya dalam wujud kotak, tetapi juga portrait (tegak) dan landscape (mendatar) untuk memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk membagikan foto ataupun video dengan sudut tangkapan lensa yang lebih lebar dari biasanya.

Baca Juga:  Review Fitur Aplikasi Android Shopee Terbaru 2022

3. Hashtag, akan sangat berguna jika ingin mengelompokkan beberapa foto ataupun video dalam satu label.

4. Tag, jika Anda ingin menandai teman dalam foto/video Anda.

5. Caption, di sini diibaratkan sebagai deskripsi, entah sepatah dua patah kata soal foto ataupun video yang diunggah ataupun lainnya. Tentunya di caption ini Anda juga bisa menambahkan hashtag ataupun mention orang tertentu.

6. Integrasi ke jejaring sosial lainnya. Saat ini, Instagram telah menyediakan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk membagikan foto ataupun video ke media sosial lainnya, seperti Twitter ataupun Facebook, bersamaan dengan Anda membagikan foto/video ke feed Instagram Anda.

7. News Feed, di mana Anda dapat melihat postingan teman-teman Anda, dan ini biasanya dijadikan layar yang paling utama untuk ditampilkan ketika Anda membuka Instagram.

8. Explore, difungsikan jika Anda ingin melakukan pencarian dan menemukan hal-hal yang sedang trend atau hot, baik itu yang sedang Anda follow ataupun akun yang tidak Anda follow bahkan hingga ke luar negeri sekalipun.

Baca Juga:  Aplikasi Drama Thailand Terbaik Android & iOS (Sub Indo)

9. Direct, tempat Anda chatting secara personal dengan akun IG lain ataupun bisa membuat grup di dalamnya.

10. Stories, fitur di mana Anda bisa membagikan cerita ke story (nama lain: Snapgram), baik itu foto ataupun video (durasi maksimal 15 detik). Namun postingan ini hanya akan bertahan selama 24 jam, namun juga dapat disimpan dalam waktu yang lama melalui fitur highlight.

11. Shop, di mana Anda yang juga berprofesi sebagai pebisnis bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan dan memasarkan pasar online Anda, siapa tahu laris ke depannya, bukan?

Fungsi dan Manfaat Instagram

Secara sederhana, Instagram adalah suatu aplikasi mobile di mana setiap pengguna dapat membidik/mengambil, mengedit, dan mem-posting foto ataupun video ke halaman utama Instagram atau bahkan via salah satu fitur favoritnya, Instagram Story. Secara umum, karena ratusan ribu foto ataupun video diunggah setiap detiknya di Instagram, Anda akan mendapatkan berbagai hal dari Instagram, tidak hanya seputar momen yang diabadikan saja, tetapi juga berbagai ilmu pengetahuan atau wawasan yang diunggah ke Instagram.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan teman baru, karena Instagram memanfaatkan sistem pertemanan seperti following (yang diikuti seseorang) dan followers (yang mengikuti seseorang).

Instagram juga dapat dijadikan ajang yang menarik untuk berbisnis, terutama dalam melakukan promosi dan pemasaran, karena Instagram selalu mengembangkan fitur-fitur baru di dalam aplikasi android Instagram sehingga dapat digunakan oleh para pebisnis.

Baca Juga:  10 Situs Nonton Anime Sub Indonesia Terbaru 2022, Resmi, Berkualitas HD dan Gratis!!

Dampak Negatif Aplikasi Android Instagram

Secara umum, Instagram dapat memberikan kesenangan dan kepuasan sendiri bagi para penggunanya, namun Instagram juga dapat memberikan dampak yang cukup buruk bagi kondisi psikologis seseorang, misalnya saja rasa minder, iri hati, atau bahkan depresi yang timbul ketika seorang temannya sedang memposting foto-foto liburan ataupun momen bersama teman-teman lainnya.

Selain itu, foto ataupun video yang telah diunggah oleh setiap pengguna bisa jadi digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan-tujuan tertentu. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan fitur private account jika memungkinkan.

Satu hal lagi, terutama bagi Anda yang suka melakukan bisnis secara online, akan ada kemungkinan dapat terjadi penipuan oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga Anda harus berhati-hati akan hal tersebut.

Secara umum, terlepas dari dampak positif dan dampak negatif yang dapat timbul dari Instagram, kami tetap merekomendasikan aplikasi Android Instagram untuk dicoba, terutama bagi Anda yang belum mengetahui Instagram sama sekali. Layaknya aplikasi media sosial lainnya, dapat diibaratkan bahwa Instagram adalah sebuah pedang bermata dua, jadi untuk penggunaan aplikasi yang satu ini kembali lagi kepada tujuan dan tanggung jawab dari setiap pengguna. Tetapi pada intinya, Instagram akan mengembangkan fitur-fitur yang akan memberikan kenyamanan bagi setiap penggunanya.

Tinggalkan Balasan