Apakah anda pernah mendengar aplikasi catat meter yang dikembangkan langsung oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN)? Aplikasi ini mampu mempermudah anda dalam mencatat meteran listrik dengan mudah dan otomatis sehingga pekerjaan para petugas lapangan PLN tidak repot dan semakin mudah dilakukan. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai aplikasi catat meter secara lengkap agar anda bisa menggunakan listrik dengan baik dan bijak.

Tujuan Pengembangan

Awalnya aplikasi ini dikembangkan pada awal tahun 2012 oleh salah satu karyawan PLN dimana permainan nakal para konsumen listrik PLN akan dideteksi dengan mudah dan cepat. Kini, aplikasi ini dikembangkan untuk mempermudah para petugas PLN mendata dan melaporkan tugasnya secara digital serta mempermudah pengolahan data oleh karyawan di kantor berdasarkan data yang diperoleh dari petugas yang bekerja di lapangan.

Aplikasi catat meter ini dikembangkan oleh PPT MKM yang merupakan anak perusahaan dari PT PLN Persero yang memiliki misi meningkatkan mutu kualitas pelayanan masyarakat yang terkait dengan penggunaan listrik dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan adanya aplikasi ini, para petugas PLN juga bisa melakukan pengawasan penggunaan meteran listrik masyarakat agar tidak membludak yang menimbulkan kewalahan dalam membayarnya.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh para petugas PLN, bukan untuk masyarakat pada umumnya. Dengan bantuan aplikasi ini, para petugas PLN akan terhindar dari kesalahan seperti tulisan yang sulit dibaca, kehilangan data, kecurangan dalam jumlah arus listrik yang digunakan, dan lain-lain. Para petugas lapangan kini tidak perlu membawa buku dan pulpen untuk menulis tagihan atau laporan karena hal tersebut sangat riskan terhadap kehilangan data.

Baca Juga:  Dampak Buruk Pinjam Uang Dari Aplikasi Peminjaman Uang Online

Aplikasi catat meter dapat membantu petugas dalam mengurangi kesalahan yang dilakukan seperti kesalahan dalam penulisan data, kesalahan dalam penulisan tagihan dan keluhan, dan lain-lain serta aplikasi ini mampu mempercepat transaksi saat di lapangan.

Manfaat Aplikasi Catat Meter

Pembuatan suatu aplikasi pasti mempertimbangkan manfaatnya bagi para penggunanya. Sama halnya dengan aplikasi ini yang dibuat untuk mencatat dan membaca meteran listrik secara digital. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga bisa meningkatkan keakuratan data dari meteran. Menariknya lagi, aplikasi ini sudah menyediakan bukti foto serta tag GPS foto karyawan yang bertugas untuk mempermudah pelaporan.

Keberadaan aplikasi ini meningkatkan keefektifan pekerjaan lapangan serta menghindari kecurangan petugas dan masyarakat terkait jumlah pemakaian listrik. Catat Meter terpusat merupakan aplikasi pembacaan meter di pusat dan sudah terintegrasi secara langsung dengan AP2T yang bisa diakses petugas secara online melalui website yang telah disediakan.

Fitur yang Disediakan Aplikasi Catat Meter yang Terpusat di Web

Melalui aplikasi ini , PLN dapat merangkum berbagai data mengenai listrik yang digunakan masyarakat. Untuk membantu para petugas lapangan, aplikasi ini menghadirkan banyak fitur yang mudah digunakan dan dipahami. Berikut ini merupakan fitur-fitur aplikasi catat meter yang didasarkan pada website terpusat:

  • Adanya data-data master kedudukan, master pengawasan, dan master untuk membaca meter
  • Memiliki data RBM para pelanggan, data koreksi pelanggan, serta data koreksi RBM dan urut langkah.
  • Adanya data koreksi monitoring penggunaan yang abnormal
  • Rekapitulasi KWH pengguna, dari kode pesan, dan pengontrolan baca meter
  • Informasi tunggakan dan rekening berjalan serta informasi rekapitulasi Stand, dan lain sebagainya.
Baca Juga:  Gunakan Aplikasi Android My Telkomsel Agar Mempermudah Pada Saat Proses Pengecekan Pulsa Seluler dan Data

Fitur Aplikasi Catat Meter di Android

Aplikasi ini bisa di download di Android dengan berbagai fitur keunggulan yang disediakan. Berikut adalah fitur aplikasi ini di Android yang bisa anda pahami.

  • Adanya informasi pelanggan yang masih belum terbaca
  • Adanya informasi tentang kelainan seperti jumlah pemakaian KWH turun, KWH beban, dan juga KWH Max
  • Adanya informasi mengenai tunggakan yang dimiliki oleh pelanggan
  • File, data, dan foto langsung dikirim ke server secara online
  • Tersedia fitur pengecekan penagihan rekening
  • Adanya history stand meter
  • Mampu menerima stand angka meter
  • Mampu mengirim informasi tagihan melalui SMS ke pelanggan
  • Menunjukkan daftar saldo
  • Membuat rekap pemakaian KWH dan stand meter.

Cara Mendownload Aplikasi Catat Meter

Aplikasi ini hanya diperuntukkan pada petugas lapangan PLN sehingga tidak disediakan di PlayStore atau AppStore. Selain itu, saat menggunakan aplikasi ini, anda perlu membuat akun terlebih dahulu di website resmi PLN dan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa menginstall dan menggunakan aplikasi.

Baca Juga:  Mulai Menonton Series TV Lebih Seru Dengan Aplikasi Android Vidio

Apabila anda ingin menggunakan aplikasi ini, anda harus menginstall terlebih dahulu di smartphone milik anda. Cara menginstallnya bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Anda bisa menuju website penyedia aplikasi catat meter
  • Masukkan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya di website resmi PLN
  • Tekan tombol download untuk mengunduh berkas aplikasi
  • Install aplikasi.
  • Aplikasi sudah siap digunakan
  • Terkadang, smartphone anda tidak mengizinkan install aplikasi jika tidak berasal dari penyedia aplikasi resmi, sehingga anda perlu membuat beberapa pengaturan.
  • Anda masuk ke menu Pengaturan smartphone anda, lalu pilih submenu Keamanan, setelah itu pilih Sumber tak dikenal dan aktifkan Unknown Source.
  • Lalu pilih aplikasi yang sudah didownload, kemudian install
  • Tunggu hingga proses selesai dan anda sudah bisa digunakan.

Cara penggunaan ini dalam membaca meter arus listrik cukup mudah. Para petugas lapangan PLN hanya perlu men-scan atau memotret bagian meteran pengguna listrik dan tunggu hingga proses selesai. Aplikasi tersebut akan langsung terhubung dengan server maka seluruh informasi yang diperlukan akan keluar.

Itulah informasi mengenai aplikasi catat meter yang bisa anda pahami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terlebih lagi apabila anda merupakan petugas lapangan PLN yang wajib tahu mengenai aplikasi satu ini untuk mempermudah pekerjaan dan pelaporan anda mengenai meter listrik yang digunakan oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan