Aplikasi pinjam uang tanpa KTP memang saat ini bisa dikatakan sedang menjadi sebuah tren yang terjadi ditengah masyarakat, hal ini karena sejak awal kemunculannya banyak sekali orang orang yang menggunakan aplikasi pinjam uang secara online tanpa menggunakan KTP tanpa tahu dampak apa yang bisa ditimbulkan.

Masyarakat bisa langsung tertarik dengan aplikasi satu ini karena prosesnya berlangsung cepat dengan ketentuan yang mudah, hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab mengapa aplikasi pinjaman online lebih banyak peminatnya kalau dibandingkan dengan layanan pinjam uang yang diberikan oleh bank atau lembaga uang konvensional lain karena mereka bisa memberi pelayanan yang bank atau lembaga pinjaman uang konvensional lain yang tidak mampu berikan.

Apalagi, untuk saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi pinjam uang tanpa KTP yang sangat menjamur dikalangan masyarakat dengan segala kelebihan yang mereka tawarkan dan hal ini secara tidak langsung membuat aplikasi pinjaman secara online menjadi sebuah aplikasi pinjaman uang secara online yang semakin populer dan sangat mudah didapatkan.

Tetapi, tentu saja dibalik segala kelebihan serta kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi pinjaman secara online tanpa menggunakan KTP ini Anda harus tetap waspada. Kalau Anda tidak memperhatikan atau mencari tahu tentang aplikasi tersebut terlebih dahulu, bisa saja Anda terjebak dengan aplikasi pinjaman online dengan layanan ilegal dan tidak terdaftar pada otoritas jasa keuangan karena data pribadi Anda bisa disebar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab serta kondisi keuangan Anda yang bisa terancam.

Baca Juga:  Bahaya dan Dampak Menggunakan Aplikasi Pinjam Uang Tanpa Bunga yang Harus Anda Waspadai

Dampak Bahaya Dari Aplikasi Pinjam Uang Online Tanpa KTP

Ada begitu banyak risiko atau dampak lain yang bisa Anda dapatkan dan tentunya hal tersebut akan sangat merugikan diri Anda sendiri. Lalu risiko atau dampak apa saja yang bisa ditimbulkan oleh aplikasi pinjam uang tanpa KTP ini? Berikut adalah beberapa risiko dan dampak yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

1. Memiliki Sebuah Sistem Bunga Harian

Kalau dibandingkan ketika Anda meminjam uang di bank atau pada lembaga peminjaman uang konvensional lainnya yang akan memberi Anda bunga bulanan, kalau Anda melakukan peminjaman uang secara online ini Anda akan dikenakan sistem bunga harian. Memang kebanyakan aplikasi dari pinjam uang secara online tanpa menggunakan KTP ini menerapkan sistem bunga harian sesuai dengan jangka waktu pelunasan yang akan Anda ambil. Kalau Anda meminjam uang dengan jangka waktu pelunasan yang singkat maka bunga harian yang akan Anda dapatkan tidak begitu banyak, sementara kalau Anda mengambil jangka pelunasan yang lama bahkan hingga berbulan bulan maka bunga harian yang Anda dapatkan akan lebih tinggi.

Akan tetapi, walaupun Anda mendapatkan bunga harian dengan nominal yang tidak tinggi, hal tersebut tentu masih akan membebankan Anda. Apalagi kalau bunga harian tersebut sampai luput dari perhitungan Anda, maka bisa saja aplikasi pinjaman online tanpa menggunakan KTP ini akan memberi cicilan bunga harian yang membengkak tajam sehingga terlalu berat untuk Anda membayarnya. Belum lagi kalau ditambah dengan risiko terkena denda karena Anda terlambat membayar pinjaman.

Baca Juga:  Inilah 10 Rekomendasi Aplikasi Crypto yang Terbaik untuk Pemula

2. Pinjaman yang Bisa Anda Lakukan Terbatas

Aplikasi pinjaman secara online tanpa menggunakan KTP ini memang terkenal akan proses pencairan uangnya yang cepat, tetapi dari keunggulannya tersebut memberi dampak pada limit pinjaman uang yang bisa didapatkan oleh para penggunanya terbatas. Kalau dibandingkan ketika Anda melakukan pinjaman uang kepada bank atau lembaga pinjaman konvensional yang lain limitnya bisa sampai menyentuh angka puluhan atau bahkan hingga mencapai ratusan juta rupiah. Ketika Anda melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjam online ini, Anda hanya bisa melakukan pinjaman uang yang mencapai limit belasan rupiah saja.

Adanya limit pinjaman online yang diberikan oleh para perusahaan fintech atau penyedia jasa pinjaman online ini adalah untuk meminimalisir risiko dari kerugian yang bisa terjadi kalau nasabah tidak mampu membayar kembali pinjaman yang mereka lakukan.

3. Jangka Waktu Pinjaman Yang Relatif Singkat

Selain memberi limit atau batasan uang yang bisa Anda pinjam, durasi dari jangka waktu pinjaman yang diberikan oleh aplikasi pinjam online tanpa menggunakan KTP ini relatif jauh lebih singkat kalau dibandingkan ketika Anda meminjam uang pada bank yang bisa mencapai tahunan. Kebanyakan jangka waktu pelunasan yang ditetapkan oleh aplikasi pinjam online tanpa menggunakan KTP ini tidak lebih dari 6 bulan dan yang harus Anda ingat ketika meminjam uang dari aplikasi online ini adalah adanya bunga harian serta semakin lama jangka waktu yang Anda pilih untuk melakukan pelunasan maka bunga harian yang akan dibebankan kepada Anda juga akan semakin besar. Oleh karena itu, Anda harus secara tepat memilih jangka waktu pelunasan agar bunga harian yang dibebankan kepada Anda tidak terlalu besar tagihannya.

Baca Juga:  Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Pada Wa GB APK Iphone

Kalau Anda salah memilih jangka waktu tentu akan berdampak pada kondisi keuangan Anda yang semakin memburuk karena Anda tidak mampu membayarnya, belum lagi Anda akan mendapatkan denda.

Risiko Kalau Tidak Membayar Pinjaman Online

Mungkin sebagian orang akan menganggap remeh karena pinjaman ini dilakukan secara online sehingga tidak jarang Anda menemukan nasabah yang nekat tidak mau membayar pinjaman mereka. Padahal, aplikasi pinjaman online ini menerapkan aturan yang ketat namun teratur untuk menghadapi masalah nasabah yang mangkir dari tanggung jawab mereka membayar pinjaman. Untuk awal proses penagihan, peminjam hanya akan diingatkan melalui pesan singkat, e-mail, atau telepon.

Akan tetapi, kalau peminjam masih mangkir dari tanggung jawab mereka untuk membayar cicilan maka debt collector yang akan melalukan penagihan secara langsung ke rumah sang peminjam. Bahkan, bisa juga debt collector juga melakukan terror dengan menghubungi nomor dari orang orang terdekat.

Aplikasi Pinjam Uang Secara Online Tanpa Menggunakan KTP

Berikut adalah beberapa aplikasi pinjam online yang bisa melakukan pinjaman tanpa menggunakan syarat KTP, yaitu:

1. Pinjaman Go

2. Dana Rupiah

3. Indo Dana

4. AdaKami

5. UangMe

Share: