Anda sedang memerlukan uang untuk modal usaha? Tolong jangan gegabah untuk meminjam uang di aplikasi peminjaman uang ilegal. Jangan sembarangan meminjam uang karena bisa merugikan anda.

Meminjam uang sebaiknya dilakukan di tempat-tempat yang memiliki izin resmi supaya anda tidak tertipu. Banyak dampak negatif yang bisa anda dapatkan yang bisa membahayakan diri anda. Bahkan, bisa merambat ke lingkungan sekitar anda. Jadi, jangan mudah percaya dengan tawaran yang menggiurkan di awal peminjaman.

Lakukan Ini Sebelum Melakukan Peminjaman

Supaya anda tidak mudah tertipu, sebaiknya anda perlu melakukan hal ini sebelum melakukan pinjam uang cepat. Cara-cara yang perlu anda lakukan, sebagai berikut:

1. Lakukan Riset

Pertama, anda harus melakukan riset supaya mengetahui tempat peminjaman uang yang aman. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum meminjam uang di tempat tersebut. Hal ini bisa membantu anda untuk memahami sistem yang dijalankan.

Penting bagi anda untuk mengetahui keberadaan tempat peminjaman uang tersebut. Supaya anda bisa menghubungi mereka jika terjadi apa-apa. Bila perlu, bertanyalah pada orang yang pernah meminjam uang di sana. Sehingga anda bisa mendapatkan penggambaran yang jelas mengenai prosesnya.

2. Jangan Mudah Tergiur

Kedua, pastikan anda tidak mudah tergiur oleh aplikasi pinjam uang yang menawarkan kemudahan. Pastikan dulu kebenarannya, jangan mudah tergiur dengan tawaran yang fantastis. Anda perlu waspada dan teliti sebelum memutuskan melakukan peminjaman.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Akun Bisnis WhatsApp untuk Pemula!

Jika anda tidak mudah tergiur, maka anda tidak akan mudah tertipu oleh tawaran palsu. Anda harus memastikan bahwa tempat peminjaman tersebut bukanlah penipu. 

3. Tempat Pinjaman Resmi

Ketiga, sebelum melakukan pinjaman, jangan lupa untuk memastikan bahwa tempat pinjaman anda memiliki izin resmi. Jika anda meminjam di aplikasi, jangan lupa menanyakan surat izinnya. Hal ini bisa menjamin keselamatan anda sebagai peminjam.

Dampak dan Bahaya Aplikasi Peminjaman Uang Ilegal

Anda perlu tahu dampak dan bahaya jika anda menggunakan aplikasi peminjaman uang ilegal. Hal ini perlu diketahui supaya anda tidak tergiur untuk melakukan pinjaman di sana. Beberapa dampak bahaya yang bisa menimpa anda, sebagai berikut:

1. Data-Data Pribadi Anda Tidak Aman

Ketika anda meminjam uang, maka anda perlu melengkapi data-data pribadi sebagai persyaratan. Selain itu, biasanya pihak peminjam meminta KTP untuk melengkapi persyaratan. Jika anda meminjam uang aplikasi ilegal pinjaman online kemungkinan besar data-data pribadi anda bisa disalahgunakan.

Hal ini tentu saja membahayakan bagi anda. Bisa saja anda dituduh mencuri atau meminjam uang dengan jumlah yang besar di bank. Nah, untuk mencegah hal tersebut, pastikan anda tidak mudah tergiur meminjam uang secara ilegal.

2. Kesepakatan Pembayaran Tidak Sesuai

Dampak bahaya lain yang bisa anda dapatkan adalah ketidaksesuaian kesepakatan pembayaran. Bisa saja, pihak peminjam menagih pembayaran di waktu yang tidak menentu. Misalnya, anda bisa ditagih pembayaran dua hari setelah peminjaman. Padahal, perjanjiannya pembayaran dilakukan setiap bulan.

Baca Juga:  Inilah Cara Bikin WA Bisnis (WhatsApp Business), Dijamin Paling Mudah!

Tentu saja, hal ini sangat merugikan anda. Jika anda meminjam di tempat yang resmi, maka kejadian ini tidak akan terjadi. Semuanya berjalan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.

3. Dikejar Penagih Hutang

Jika anda pinjam uang online yang bersifat ilegal, maka anda bisa dikejar penagih hutang setiap hari. Kenapa bisa begitu? Karena waktu pembayaran tidak sesuai dengan kesepakatan. Pihak peminjam akan menghubungi anda setiap hari. Bahkan, lebih parahnya mereka bisa menghubungi orang-orang terdekat anda.

Hal ini tentu saja mengganggu, anda bisa diteror oleh pihak peminjam dan teman-teman dekat anda sekaligus. Selain itu, bisa saja pihak peminjam mengirimkan penagih hutang ke rumah ataupun tempat anda bekerja.

4. Bunga yang Besar

Hal bahaya lainnya yang bisa anda alami yaitu penipuan bunga. Pada awal peminjaman, mungkin anda ditawarkan dengan bunga yang kecil. Namun, setelah beberapa lama bisa saja bunga tersebut dibesarkan dengan alasan keterlambatan pembayaran. Jadi, hati-hati jangan mudah tergiur dengan penawaran bunga yang rendah.

5. Denda yang Berlipat

Setelah bunga yang besar dan dikejar penagih hutang. Anda bisa diteror dengan denda yang terus berlipat setiap harinya. Intinya, denda yang diberikan tidak wajar dan tidak sesuai dengan kesepakatan. 

Baca Juga:  Pilihan Pekerjaan Freelance Terbaik Saat Ini

Denda yang jumlahnya besar, tentu saja akan menambah jumlah hutang anda. Jadi, berpikirlah sebelum anda meminjam uang di tempat yang ilegal.

6. Dikucilkan Teman

Bahaya yang anda dapatkan tidak hanya datang dari pihak peminjam. Anda juga bisa dikucilkan oleh teman-teman anda karena mereka ikut diteror oleh pihak peminjam. Dampaknya tidak hanya mengenai anda, tetapi bisa saja mengenai teman dan keluarga anda. Mereka bisa marah pada anda karena merasa terganggu.

7. Teror dan Ancaman

Berdasarkan peristiwa yang pernah terjadi karena peminjaman ilegal yang disampaikan di berita. Kebanyakan dari korban mendapatkan ancaman dan teror secara terus menerus. Hal ini bisa mengganggu kesehatan mental korban.

Tidak hanya itu, ancaman dan teror tersebut bisa membuat orang menghilangkan nyawanya secara sengaja. Jadi, pastikan anda hati-hati dalam meminjam uang. Sekali lagi perlu diingat, jika tidak perlu sekali jangan meminjam uang. Jika kepepet, maka pinjamlah di tempat yang aman dan resmi.

Demikianlah, pembahasan mengenai dampak dan bahaya aplikasi peminjaman uang ilegal. Telitilah sebelum meminjam, jangan karena kepepet anda meminjam uang sembarangan. Hal itu tidak hanya berdampak pada diri anda, namun berdampak pula pada sekitar. Bila perlu hindari berhutang, supaya hidup anda tenang. Waspadalah, jangan mudah percaya.

Tinggalkan Balasan