Memulai sebuah usaha tentunya harus berani mengembangkan sesuatu yang baru, unik, dan menghasilkan keuntungan. Pasalnya di tengah-tengah persaingan pasar yang semakin ketat, dibutuhkan barang dengan konsep berbeda agar tetap laku di pasaran. Pastikan produksi bukan hanya berasal dari bahan baku unggul, tetapi bisa juga dari barang bekas yang justru mendapatan hasil lebih berkualitas.

Pada kenyataanya usaha di bidang produksi dapat menggunakan barang yang memang sudah tidak terpakai lagi. Selain murah, barang bekas tentu mudah didapatkan di sekitar lingkungan. Dengan kata lain telah meminimalisir biaya bahan baku utama dan keuntungan usaha jauh lebih besar. Jika barang tersebut bernilai seni maka membutuhkan skill tinggi dalam mengolahnya. Adapun bisnis kerajinan tangan barang bekas seperti berikut ini.

Baca Juga:  5 Kata Promosi Ajaib Untuk Mendongkrak Penjualan

Peluang Usaha Barang Bekas untuk Kerajinan Tangan

1. Ban Bekas

Memanfaatkan ban bekas menjadi aneka jenis kerajinan seperti kursi atau jenis kerajinan lainnya. Keberadaan ban bekas mudah anda jumpai di bengkel-bengkel mobil dan sepeda. Tentu saja berbekal pada kerajinan tangan dan daya kreatifitas tinggi, ban bekas dapat diolah kembali dan menjualnya ke pasaran. Kini banyak perusahaan yang mengolah serbuk karet dari ban bekas menjadi produk seperti sandal.

2. Botol Plastik Bekas

Botol plastik memang seringkali kita dapatkan dimana-mana, karena banyak orang yang membuang wadah bekas minuman tersebut. Selain mencari sendiri di lingkungan sekitar, anda bisa membelinya dari orang lain. Ada banyak cara untuk memanfaatkan barang bekas dari botol plastik sebagai kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Plastik bisa di daur ulang dengan cara dihancurkan menjadi serpihan kecil.

Baca Juga:  10 Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Viral

3. Kaleng Minuman Bekas

Kaleng minuman bekas lebih sering dibuang karena dianggap sudah tidak berguna lagi. Namun pada kenyataanya dapat dijadikan kerajinan tangan seperti celengan, tempat aksesoris, hingga wadah tisu. Untuk memulainya, anda bisa belajar mengolah melalui media online dan mendapatkan bahan baku dari pengepul barang bekas. Selepas itu, anda langsung membentuknya dengan berbagai jenis souvenir.

4. Kayu Bekas

Kayu bekas biasanya digunakan sebagai palet atau tataan, bahkan diolah menjadi box kemasan sayuran maupun buah-buahan. Jika kayu bekas berada ditangan orang kreatif, maka akan bisa di olah lagi menjadi produk baru dengan nilai jual berkualitias. Mereka kerap membuat aneka produk furniture yang memang memanfaatkan kayu bekas. Tidak sedikit pula para perusahaan kayu yang mencetak ulang agar menjadi bahan baku furniture yang bernilai tinggi, seperti produk mebel dan dipan.

Baca Juga:  Pilihan Pekerjaan Freelance Terbaik Saat Ini

5. Kain Bekas

Satu lagi kain bekas yang mudah kita dapatkan, sehingga tidak perlu jauh-jauh dalam mengolah pakaian dengan bahan baku lainnya. Apalagi di usaha konveksi seperti penjahitan, banyak sekali potongan kain yang sudah tidak di gunakan lagi. Tentu saja kain bekas atau kain perca mampu dimanfaatkan untuk keperluan souvenir dan perabotan. Sebagai contoh adalah bahan baku pembuatan lap, bantal, sofa, hingga keset.

Nah, barang bekas tersebut rupanya dapat kita olah dengan cara mendaur ulang yang nantinya akan dijual kembali sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Share: