Sampai saat ini tak jarang masyarakat yang berpikir bahwa kemajuan teknologi internet membawa banyak pengaruh buruk bagi para pemuda salah satunya bisnis online terpopuler yang sering dilakukan kaum muda. Hal tersebut tentunya perlu diluruskan. Tidak dapat dipungkiri dalam setiap kegiatan pasti ada dampak positif dan negatinya.

Sejak muncul internet sudah banyak orang-orang yang bekerja dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Mungkin jarang masyarakat yang tahu karena tidak ada publikasi, mereka tidak terkenal, tidak menjadi sorotan banyak orang, dan kebanyakan dari mereka bekerja di dalam rumah.

Saya yakin pasti kalian sering dengar bahwa ada yang tidak pernah keluar rumah, tidak bekerja, tetapi bisa mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Nah, ini yang perlu kita ketahui. Bukan pesugihan dan bukan ngrampok harta kekayaan orang lain. Keterangan kebanyakan dari mereka ialah menekuni bisnis online. Mungkin mereka bekerja secara online yang tidak berkaitan dengan produksi atau jual beli produk sehingga usaha yang dimilikinya tidak terlihat.

Beberapa tahun belakangan banyak bisnis online yang bermunculan. Tak sedikit orang yang menekuni bisnis online tersebut dan mereka mampu menghasilkan uang yang jumlahnya lumayan mengejutkan. Bisnis online seperti apakah yang mereka tekuni? Berikut ini beberapa bisnis terpopuler yang bisa menginspirasi kamu.

5 Bisnis Online Yang Populer Tahun 2022

Bagi kamu yang masih belum bisa menemukan peluang emas dalam dunia tekonologi internet, silahkan simak beberapa peluang bisnis terpopuler di bawah ini.

Affiliate Marketing

Bisnis Online Terpopuler Affiliate Marketing
Gambar Affiliate Marketing (Pixabay.com)

Istilah ini mungkin cukup asing bagi kamu yang belum masuk lebih jauh dalam dunia bisnis online. Untuk itu simak pengertian affiliate marketing berikut ini.

Baca Juga:  Cara Efektif Memulai Bisnis Salon Kecantikan

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah salah satu bisnis online terpopuler dimana mempromosikan produk maupun jasa orang lain menggunakan url atau affiliate link kita.

Tugas utama dari bisnis ini yaitu menjual suatu produk dengan cara dipromosikan melalui berbagai media sosial atau website yang kamu miliki. Pada umumnya, keuntungan bisnis tersebut menggunakan sistem bagi hasil 30% dan 70% atau bisa jadi fifti-fifti sesuai kesepakatan awal yang telah disetujui. Modal menjalankan bisnis affiliate marketing yaitu ketrampilan kamu dalam hal sales copywriting, PPC (Pay Per Click Marketing), website dan list building.

Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki produk sendiri atau jasa yang akan dipasarkan. Disini yang perlu dipersiapakan dengan matang adalah cara promosi yang menarik di media online. Banyak orang yang sudah sukses menekuni bisnis tersebut hingga mampu menghasilkan puluhan hingga ratusan juta tiap bulannya.

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website
Gambar SEO Website (Pixabay.com)

Bisnis online terpopuler tanpa modal yang hasilnya sangat menjanjikan ialah membuka jasa pembuatan website. Munculnya berbagai perdagangan via online membuat orang-orang berlomba-lomba membuat website untuk menaikkan kredibilitas usahanya. Namun, tak jarang dari mereka yang belum bisa membuat website sendiri. Nah, ini kesempatan untuk kamu membangun bisnis jasa pembuatan website.

Langkah awal cukup dengan kamu membuat sebuah website yang menarik perhatian banyak orang. Caranya dengan membuat promosi yang unik dan jangan lupa mempublikasikan identitas kamu pada website tersebut. Branding yang kuat terkait kemampuan yang kamu miliki juga sangat diperlukan. Jika sudah berhasil dan ingin mengembangkan bisnis online tersebut kamu bisa menjadi reseller hosting.

Blogging dan Adsense

Blogging dan Adsense
Blogging dan Adsense

Blogging dan adsense ini merupakan sebuah bisnis online terpopuler yang bisa dibilang cukup menyenangkan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sistem kerjanya simple dan penghasilannya terbilang cukup banyak.

Baca Juga:  10 Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Viral

Cara kerja dari bisnis tersebut dimulai dari menjalin kerja sama dengan media iklan di internet, salah satu contohnya Google Adsense. Selanjutnya google akan menampilkan postingan iklan pada blog yang kamu miliki. Jika ada orang yang tertarik mengunjungi blog tersebut dan membuka iklan yang ada maka, kamu akan mendapatkan keuntungan.

Nah, tugas yang terpenting dalam bisnis ini yaitu kamu harus bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog yang kamu miliki. Semakin banyak yang membuka iklanmu maka akan semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapatkan. Sebab, penghasilanmu bergantung pada jumlah pengunjung iklan di blog yang telah kamu buat.

Menurut pengalaman orang-orang yang sudah menggeluti bisnis ini keuntungan yang didapat terhitung lumayan. Mereka bisa menghasilkan 15 – 16 juta dalam waktu 1 bulan. Bagi kalian yang masih pengangguran atau ingin mencari sampingan bisnis tersebut tentu sangat rekomanded.

Content Creator di Youtube

Content Creator di Youtube

Content creator merupakan salah satu bisnis online terpopuler yang cukup menyenangkan dan tentunya tidak jauh dari media sosial yang sering disebut dengan youtube. Pada bisnis ini, tugas yang perlu kamu lakukan adalah membuat video-video tentang berbagai hal yang akan dipromosikan. Contohnya yaitu video tutorial make up, prank, podcast tentang inspirator dan masih banyak lagi.

Penghasilan bisnis content creator pada youtube berasal dari 2 tempat. Pertama, keuntungan dari kerja sama dengan google adsense melalui iklan-iklan yang ditamplikan secara otomatis pada video kamu. Kedua, keuntungannya diambil dari hasil endorsment. Contohnya video kamu berkaitan tentang makan besar atau review-review berbagai makanan yang sedang populer, nantinya kamu bisa minta untuk melakukan hal yang sama oleh sebuah rumah makan dan tentunya dibayar sesuai tarif yang kamu ajukan.

Baca Juga:  Bagaimana Mengembangkan Bisnis Toko Mainan Anak

Menjadi Influencer

Menjadi Influencer

Tidak perlu menjadi artis untuk mempromosikan sebuah produk. Cukup tampilan yang menarik, komunikatif, dan memiliki banyak followers sudah bisa membuat kamu menjadi seorang influencer.

Menjadi seorang influencer merupakan impian banyak orang saat ini. Sebab, cara kerja yang cukup ringan dan penghasilan yang tinggi menjadi motivasi tersendiri bagi mereka. Rata-rata seorang influencer menarif harga hingga 2 jutaan dalam satu kali posting, hal itu disesuaikan dengan jumlah followers aktif dan interaksinya.

Wah, cukup menggiurkan bukan? Tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis untuk kamu karena influencer termasuk dalam strategi digital marketing yang akan terus digunakan oleh pengusaha sebagai media promosi dalam menjual produknya.

Akhir Kata

Ada berbagai jenis ketrampilan yang dimiliki oleh setiap orang dan tentunya berbeda-beda. Buat kamu yang saat ini masih menjadi seorang pengangguran atau sudah bekerja dan ingin memiliki penghasilan tambahan kamu bisa mencoba bisnis online terpopuler di atas.

Akan lebih baik lagi, kenali ketrampilan unggul yang kamu miliki dan sesuaikan dengan beberapa bisnis usaha online tersebut. Jangan menyerah, teruslah berjuang. Meski tidak kerja kantoran atau menjadi pejabat, yang terpenting kamu bisa mandiri dan memiliki penghasilan yang tak tertinggal jauh dari mereka.

Bisnis online memang terlihat sepele, namun tidak sesepele yang dibayangkan orang-orang. Justru bisnis online ini lebih menjanjikan karena hampir seluruh manusia di dunia sudah menggunakan internet, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selamat berbisnis, jangan minder, percayalah kamu pasti bisa menjadi yang terbaik.

Share: