Connect with us
Buah dari Suksesnya Tambak Rakyat di Bangka Tengah, Potensi Udang Vaname Sangat besar

Berita Spesial



Buah dari Suksesnya Tambak Rakyat di Bangka Tengah, Potensi Udang Vaname Sangat besar

Baca Berita Tentang Buah dari Suksesnya Tambak Rakyat di Bangka Tengah, Potensi Udang Vaname Sangat besar Disini!

“Tiga bulan lalu benih udang vaname atau benur sama-sama kita tabur, hari ini telah sukses melakukan panen perdana. Udang yang dihasilkan pun cukup memuaskan, dengan berat rata-rata 17 gram per ekor” Algafry Rahman Bupati Bangka tengah, usai melakukan panen perdana tambak rakyat pada jumat (19/11/2021)

Desa Kurau Barat, menjadi saksi suksesnya tambak udang rakyat hanya dalam kurun waktu 93 hari. Kesuksesan dari tambak rakyat ini dirayakan dengan panen raya udang vaname yang memiliki berat hampir 17 gram perekornya.

Tambak udang rakyat ini, dalam pembuatanya menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Taufik.

Tepatnya di Kabupaten Bangka Tengah, Desa Kurau . Dimana kelompok budi daya udang gempa 01 akhirnya berhasil mengembangkan tambak udang rakyat.

Dalam kesempatan lainnya, Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah, menyatakan bahwa potensi dari udang vaname ini sangat besar dan akan dikembangkan di daerah Kabupaten Bangka Tengah.

Menurutnya, potensi yang dihasilkan dari udang vaname ini memang sangat besar, dan bisa dilihat dari perbandingan modal yang dikeluarkan dengan hasil yang didapatkan. Perhitungan tersebut merujuk pada harga udang vaname dengan ukuran biasa yang mencapai Rp. 80.000 apalagi jika udang vaname memiliki ukuran lebih besar dan lebih berat.

“Saya harap ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Nanti tambak udang rakyat ini akan dibuka di Desa Guntung dan Desa Kayu Besi,” tutur Bupati Bangka Tengah itu. Keberhasilan tambak rakyat ini, memang pantas menjadi percontohan untuk tempat lainnya, jika melihat dari potensinya.

Pada kesempatan lainnya, Mimin warga Desa Kurau yang menjadi pengelola tambak udang rakyat Gempa 01 mengatakan bahwa mengelola dan mengembang biakan udang vaname tidak mudah. Namun hal itu tidak menurunkan semangat dirinya dalam mengembangbiakan udang vaname, karena ternyata pemeliharaanya tidak terlalu sulit. Jadi hanya membutuhkan sedikit keuletan.

Kesulitan yang dihadapi Mimin dan kelompoknya, karena belum berpengalaman dalam mengembangbiakan udang vaname. Beruntung pendampingan dan pengarahan dari Dina Perikanan juga membuat Mimin dan kelompoknya menjadi lebih tenang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top