Mencari sebuah pekerjaan memang sulit, maka dari itu untuk bisnis online dengan cara membaca artikel bisnis online pemula dimana diharapkan bisa mempelajari hal yang bisa anda praktekkan sendiri. Karena mencari sebuah pekerjaan di zaman sekarang ini sangat sulit

Sayangnya, saat ini jumlah lapangan pekerjaan yang ada dengan jumlah penduduk yang membutuhkan lapangan pekerjaan tidak seimbang. Hal ini tentu membuat orang-orang yang membutuhkan pekerjaan kebingungan.

Namun, di era yang serba modern ini kamu tak perlu khawatir akan masalah pekerjaan. Kemajuan teknologi yang pesat membawa dampak positif terhadap masyarakat bagi yang menggunakannya dengan bijak. Banyak usaha online yang bermunculan, tandanya kamu punya peluang untuk memenuhi keinginanmu menjadi seorang pekerja.

Dunia teknologi kini memberikan kesempatan kamu untuk berbisnis online. Salah satunya melalui media sosial, kelebihan dari bisnis online ini adalah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal waktu. Tidak dapat dipungkiri bahwa hasil dari berbisnis online ini keuntungannya tak kalah dengan bisnis yang transaksinya dilakukan secara langsung.

Contohnya aplikasi Shopee, bisnis penyedia jasa lapak untuk keperluan jual beli online yang hampir ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakannya, hingga meraih keuntungan milyaran dalam kurun waktu 1 bulan. Sangat menggiurkan bukan? Berbisnis tanpa harus menyediakan ruko, tidak bertatapan langsung, tidak ada tawar-menawar tetapi keuntungannya bisa mencapai milyaran.

Nah, bagi kamu yang sekarang masih belum bekerja atau ingin mencari sampingan bisa dicoba memulai bisnis online. Tidak perlu khawatir cara memulainya, ikuti langkah-langkah  membangun bisnis online pemula di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Online Pemula

Perkembangan pesat dunia internet seperti media sosial  memiliki banyak peluang untuk berbisnis. Bagaimana cara memulai bisnis online? Perhatikan langkah-langkah membangun sebuah bisnis di bawah ini supaya kamu dapat mempersiapkan rencana yang lebih matang.

Baca Juga:  Waspada Waktu Rawan Di 3 Tahun Awal Berbisnis

Temukan Masalah Yang Dihadapi Pasar

Tips Bisnis Online Pemula adalah Temukan Masalah Yang Dihadapi Pasar

Cara bisnis online pemula pertamnya adalah harus menggali informasi secara mendalam agar mengetahui detail-detail dari sistem bisnis secara online. Langkah awal agar usahamu dapat memenangkan pasar yang harus dilakukan yaitu, carilah informasi apakah produk yang dibutuhkan oleh pasar dan apakah produk tersebut mampu memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Dalam mencari masalah yang sedang dihadapi pasar usahakan jangan hanya berdasarkan asumsi pribadi, perlu dilakukan observasi terlebih dahulu. Observasi pasar bisa dilakukan melalui internet, media sosial, marketplace, instagram, dan lainnya. Selain itu, bisa dilakukan survei secara tatap muka dengan wawancara singkat kepada pelaku pasar.

Langkah selanjutnya, kamu perlu mencari informasi terkait selera pasar. Kemasan yang diminati konsumen, harga standar yang diminati konsumen, kualitas produk yang sering digunakan, dan lain sebagainya. Pada intinya adalah informasi detail mengenai produk yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. 

Jangan lupa, kamu juga perlu memastikan jika produk yang akan kamu pasarkan banyak dicari oleh konsumen. Untuk mengetahui hal tersebut dapat menggunakan Google Keyword Planner. Disini kamu bisa mencari informasi secara gratis melalui google.

Riset Kompetitor

Riset kompetitor salah satu wajib untuk bisnis online pemula

Semua orang yang akan membangun bisnis wajib melakukan riset kompetitor, baik usaha offline maupun online. Sebab, dengan riset ini kamu dapat menarik kekurangan kompetitor yang nantinya akan menjadi keunggulan pada bisnis yang akan kamu jalankan. Dengan demikian, langkah memenangkan pasar akan menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Cara riset bisnis online pemula bisa dilakukan dengan melakukan survei pada aplikasi perdagangan online yang sudah ada. Seperti Tokopedia, Blibli.com, Shopee, Lazada, dan aplikasi perdagangan online lainnya. Hal-hal yang harus kamu perhatikan pada saat observasi adalah kualitas produk yang dijual, harga pasaran, cara owner melayani konsumen, rating penjualan, dan informasi lainnya terkait penjualan produk tersebut.

Baca Juga:  Pilihan Usaha Modal 10 Juta Yang Menjanjikan

Dengan kelemahan-kelemahan yang kamu temukan dari kompetitor tersebut bisa dimaksimalkan pada bisnis yang akan kamu jalankan. Misalnya, pada bisnis kompetitor harganya murah dan kualitas produk bagus namun, barang yang dikirimkan sering tidak sesuai dengan pesanan konsumen. Hal ini bisa dijadikan nilai plus pada bisnis kamu nantinya. Point yang diambil yaitu utamakan cek produk yang akan dikirimkan dengan detail pesanan dari konsumen sebelum dikirim ke jasa pengiriman barang.

Supplier Terpercaya

Supplier Terpercaya

Dalam berbisnis sebuah produk, kamu perlu mencari informasi terkait ketersediaan bahan baku yang akan kamu gunakan. Hal ini tentunya banyak sekali yang harus dipertimbangkan, seperti apakan barang tersebut selalu tersedia setiap saat, harganya apakah bisa disesuaikan dengan HPP yang sudah kamu rencanakan, lokasi dalam negeri atau luar negeri, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi terkait supplier dan ketersediaan bahan baku, kamu bisa menawarkan kerja sama kepada mereka untuk menyuplai bahan baku setiap bulannya sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Namun, jangan sampai lupa mempertimbangkan berbagai aspek didalamnya supaya kamu bisa mencapai keuntungan yang sudah direncanakan.

Membuat Website

Membuat website untuk bisnis online pemula

Berbisnis online tentunya juga memiliki standar-standar khusus untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Menjual berbagai produk secara online akan terasa kurang meyakinkan tanpa adanya website. Karena salah satu cara konsumen menguji kredibilitas usaha online yang kamu memiliki yaitu melalui website.

Tak perlu khawatir, bagi kamu yang belum mahir dalam coding, kamu bisa menggunakan WordPress untuk membuat website bisnis online tersebut. Jika tidak ingin konsumenmu lari kekompetitor kamu harus membangun kepercayaan kepada konsumen dengan melakukan pembuatan website saat kamu memulai bisnis online pemula. 

Baca Juga:  Peluang Usaha Paling Mudah Dijalankan

Pemilihan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Pemilihan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Marketing merupakan garda terdepan sebuah bisnis. Ketika pemasaran produk tersebut lancar dan mendapat pengakuan dari konsumen sudah bisa dipastikan bahwa bisnis kamu akan terus berkembang. Akan tetapi, pemasaran suatu produk tidak semudah yang dibayangkan. Memerlukan strategi yang tepat agar produk yang dipasarkan mendapat kepercayaan dari konsumen.

Pemasaran produk bisa melalui media sosial seperti instagram, youtube, facebook, dan lain sebagainya. Ada yang lebih menjanjikan lagi dari pemasaran media sosial, ialah optimasi SEO. Apa itu optimasi SEO? Optimasi SEO adalah orang yang menyediakan jasa untuk menaikkan trek website yang kamu miliki supaya berada diposisi peringkat 1 Google.

Mempertahankan Pelanggan Setia

Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Setiap bisnis perdagangan pasti semakin lama akan memiliki konsumen yang mempercayai produk yang kamu pasarkan sehingga mereka sering membeli produk tersebut. Dengan demikian, kamu perlu memberikan pelayanan khusus bagi mereka agar kamu tidak kehilangan konsumen yang bersifat continue.

Caranya dengan memberikan berbagai promosi menarik yang membuat mereka merasa nyaman dan dihargai. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kartu member dimana pelanggan akan mendapatkan potongan harga setelah menabung dengan berbelanja sesuai ketentuan yang ada. Mengirimkan pesan sebagai media promosi juga menjadi penghargaan tersendiri bagi pelanggan setia kamu.

Akhir Kata

Bagi kamu yang baru akan memulai bisnis online untuk pertama kalinya langkah tersebut tentu akan membantumu dalam menentukan langkah. Secara tidak langsung kamu akan memiliki langkah yang lebih terstruktur sehingga akan lebih mudah mencapai membangun bisnis online.

Share: