Cara Menurunkan Kadar Gula Dalam tubuh

Mewaspadai kadar gula tinggi

Cara menurunkan kadar gula dalam tubuh dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit komplikasi. Banyak dokter memang menyarankan seseorang untuk lebih perhatian menjaga bobot tubuh dan kesehatan mereka. Pasalnya kadar gula darah dalam tubuh yang berlebih dapat memicu beberapa penyakit berbahaya. Sebut saja gangguan pada fungsi mata, saraf, dan ginjal yang dapat mengganggu aktivitas harian. Kadar gula darah tinggi pun sangat dekat kaitannya dengan penyakit diabetes mellitus.

Seperti yang kita ketahui, kadar gula darah adalah istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak kadar glukosa di dalam darah seseorang. Glukosa sendiri adalah gula yang nantinya dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Inilah yang nantinya dialirkan oleh tubuh melalui darah untuk menunjang segala aktivitas seseorang. Dalam beberapa kondisi, kadar gula darah ini seringkali dijumpai tidak normal, entah itu di atas ambang batas (hiperglikemia) atau di bawah ambang batas (hipoglikemia).

Cara menurunkan hiperglikemia

Guna menjaga kadar gula darah tetap normal, tentu saja menerapkan gaya hidup sehat sudah menjadi suatu keharusan. Tak hanya itu, rajin melakukan cek rutin minimal 6 bulan sekali pun dapat membantu seseorang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sedangkan untuk menurunkan kadar gula darah sendiri, Anda dapat melakukan beberapa cara, yakni.

  • Melakukan diet tinggi protein

Beberapa penderita diabetes mellitus memang kerap diberikan terapi khusus. Salah satunya adalah diet tinggi protein yang harus dijalani secara konsisten. Dengan diet tinggi protein, asupan gula ke dalam tubuh pun tentunya dibatasi. Langkah ini telah banyak dilakukan oleh penderita diabetes dan memberikan hasil yang efektif. Tak hanya itu, berat badan pun diketahui dapat turun tanpa bantuan obat diet sekalipun.

  • Batasi konsumsi gula

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali? Anda tetap boleh mengkonsumsi gula, hanya saja jenis gula yang dikonsumsi tentulah berbeda dari orang kebanyakan. Jenis gula yang rendah kadar glukosanya menjadi pilihan paling tepat dalam tahap penyembuhan. Jumlah gula yang dikonsumsi pun sebisa mungkin tidak berlebihan atau mengikuti saran dokter dalam cara menurunkan kadar gula dalam tubuh.