Cek Bantuan Sosial Tanpa Ribet Melalui Aplikasi Cek Bansos


Bantuan sosial yang di berikan oleh pemerintah di bawah arahan dari Kementerian Sosial kini dapat di cek secara mudah melalui aplikasi resmi yang di buat dan di luncur kan oleh Kementerian Sosial yang di sebut sebagai aplikasi cek bansos.

Tujuan di buat nya aplikasi cek bansos tersebut adalah agar para masyarakat dapat mengetahui secara transparan mengenai jumlah bantuan yang di terima nya agar bantuan sosial tersebut dapat sampai ke tangan pihak yang seharus nya menerima.

Para penerima bantuan sosial dapat melakukan cek secara berkala terkait dengan jumlah bantuan sosial yang di terima nya cukup hanya dengan mengakses aplikasi cek bansos tersebut sehingga para penerima bantuan sosial tersebut akan mengetahui jumlah bantuan sosial yang di terima nya.

Aplikasi cek bansos tersebut menyediakan berbagai fitur yang dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna nya untuk melakukan cek jumlah bantuan sosial yang akan di terima nya.

Untuk dapat melakukan cek bantuan sosial melalui aplikasi cek bansos, para penerima bansos harus melakukan download aplikasi cek bansos  terlebih dahulu, kemudian melakukan registrasi dan baru lah para penerima tersebut dapat mengetahui informasi mengenai jumlah bantuan sosial yang akan di terima nya.

Aplikasi Cek Bantuan Sosial Dari Kementerian Sosial

Aplikasi untuk cek bantuan sosial telah di luncur kan dan di terbit kan oleh Kementerian Sosial di bawah kebijakan dari pemerintah untuk memudahkan para penerima bantuan dalam mengetahui dan mengecek jumlah bantuan sosial yang akan mereka terima.

Aplikasi tersebut di luncurkan secara resmi dan dengan data yang sudah terbukti akurat karena informasi langsung berasal dari pihak atau lembaga Kementerian Sosial dari pemerintah.

Bantuan sosial yang di terima oleh warga dapat terpublikasi secara transparan kepada masyarakat luas dengan tujuan agar ada nilai saling keterbuka an antara pihak pemerintah dan masyarakat sehingga akan terjadi suatu keselarasan di antara ke dua nya.

Aplikasi untuk cek bantuan sosial tersebut di buat agar para penerima bantuan sosial dapat mengetahui informasi mengenai jumlah bantuan sosial yang seharus nya ia terima dan memastikan bahwa jumlah uang yang di terima nya sesuai dengan nominal yang tertera dalam aplikasi untuk cek bantuan sosiak tersebut, sehingga pemerintah tidak akan khawatir bahwa bantuan tidak sampai ke pada tangan yang seharus nya menerima.

Hal tersebut dapat menghindari ada nya penyalahgunaan bantuan sosial oleh pihak – pihak yang membahayakan.

Jika para penerima bantuan mendapatkan bantuan sosial yang tidak sesuai dengan nominal yang seharusnya ia terima, maka penerima bantuan sosial tersebut dapat melaporkan nya kepada call center yang tersedia di aplikasi untuk cek bantuan sosial dari Kementerian Sosial tersebut.

Cara Download Aplikasi Cek Bansos

Sebelum Anda melakukan cek bantuan sosial melalui aplikasi resmi, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendownload aplikasi tersebut. Download aplikasi untuk cek bantuan sosial tersebut dapat Anda lakukan secara mudah dengan melalui smart phone. Berikut adalah cara untuk mendownload aplikasi cek bansos  melalui smart phone :

  1. Langkah pertama adalah dengan melakukan pengunduhan aplikasi cek bantuan sosial melalui aplikasi Google Play Store yang tersedia dalam smart phone Anda. Anda dapat mencari dengan keyword Cek Bansos, kemudian akan muncul pilihan aplikasi dan Anda dapat memilih aplikasi untuk cek bansos tersebut lalu mendownload nya melalui opsi download.
  2. Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi, hal yang selanjut nya Anda lakukan adalah dengan melakukan registrasi melalui menu registrasi yang di tampilkan pada halaman masuk aplikasi cek bantuan sosial tersebut.
  3. Registrasi dapat di lakukan dengan menggunakan beberapa persyaratan seperti Nomor Kartu Keluarga, NIK< KTP, Swafoto memegang KTP, dan e – mail pribadi Anda yang aktif.
  4. Setelah Anda memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda dapat segera mengunggah nya sesuai dengan arahan pada aplikasi tersebut.
  5. Anda harus mengikuti langkah tersebut sampai selesai hingga proses registrasi telah di nyatakan berhasil.

Cara Cek Bantuan Sosial Melalui Aplikasi Cek Bansos

Bantuan sosial yang Anda terima dapat di cek secara mudah melalui aplikasi untuk melakukan cek bantuan sosial. Jika Anda telah berhasil melakukan download aplikasi dan melakukan registrasi secara online, maka Anda dapat langsung menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan cek bantuan sosial yang akan Anda terima. Berikut adalah cara – cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek bantuan sosial melalui aplikasi cek bantuan sosial dari Kementerian Sosial :

  1. Pertama, Anda harus masuk ke dalam aplikasi bantuan sosial yang telah Anda download dan melakukan login sesuai dengan username dan password yang Anda daftarkan saat melakukan registrasi sebelum nya.
  2. Anda dapat mengetik alamat berupa nama provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan,  dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan yang tertera pada alamat KTP Anda.
  3. Masukkan nama lengkap Anda dan kode verifikasi, kemudian akan muncul informasi terkait bantuan sosial Anda mulai dari alamat, periode bansos, nama penerima, dan status penerimaan bansos.

Aplikasi cek bansos dapat Anda download secara mudah baik melalui browser maupun melalui Google Play Store yang ada dan tersedia di smart phone milik Anda.

Aplikasi cek bansos tersebut merupakan aplikasi resmi yang di buat oleh Kementerian Sosial di bawah dengan tetap mentaati peraturan dan kebijakan yang di berikan dari pemerintah sehingga aplikasi tersebut sangat aman di gunakan dan tentu nya terpercaya karena informasi nya berasal dari Kementerian Sosial yang sudah dapat di pasti kan keakuratan data nya.

Informasi pada artikel di atas merupakan gambaran langsung mengenai aplikasi untuk melakukan cek bantuan sosial yang dapat Anda akses secara mudah melalui smart phone dan cara untuk melakukan download dan cek bantuan sosial yang mungkin akan Anda terima.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.