Di era digital saat ini, sekarang masyarakat lebih mudah untuk melalukan segala sesuatu, salah satunya adalah transaksi jual beli online. Saat ini, ada banyak sekali situs yang menyediakan transaksi jual beli online. Aplikasi jual online memang sangat diminati khususnya masyarakat Indonesia karena disini Anda bisa mencari berbagai keperluan atau menjual barang milik Anda baik itu barang bekas atau yang masih baru.

Penyedia aplikasi jual online pun kini lebih memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi karena aplikasi jual online ini bisa di operasikan melalui perangkat android. Bisa digunakan melalui perangkat ponsel tentu saja membuat para penggunanya tidak perlu repot repot membuka aplikasi jual online melalui komputer ataupun laptop.

Daftar Aplikasi Jual Online di Indonesia

Berikut adalah aplikasi jual online yang ada di Indonesia, yaitu:

1. Tokopedia

Di antara Aplikasi-aplikasi yang ada, bisa dikatakan kalau tokopedia merupakan situs jual online yang berumur paling muda. Namun, walaupun begitu, situs satu ini akan memberi kemudahan para penggunanya untuk mencari barang apa yang sedang mereka cari dengan harga terbaik dari berbagai toko yang ada di aplikasi ini. Produk menarik yang bisa Anda temukan antara lain tas, kosmetik, elektonik, buku, ponsel, dan kategori lainnya.

Aplikasi ini menjamin setiap transaksi yang dilakukan akan berjalan dengan aman sert serta bebas dari penipuan. Layanan transaksi yang bisa dilakukan dari situs ini adalah transfer antar bank, BCA klik Pay, Mandiri Klik Pay, hingga Mandiri e-cash.

Situs jual online ini juga menerapkan fitur pemberian rating dan dengan adanya fitur rating ini pengguna bisa lebih percaya karena pengguna bisa melihat secara nyata berbagai review dan rating para penjual.

Baca Juga:  10 Judul Film Anime Aesthetic Terbaik dan Terpopuler

2. Kaskus

Situs jual online satu ini tidak hanya menjual dalam bentuk produk tetapi juga jasa. Situs satu ini bisa dikatakan situs jual online yang sudah lama berdiri dan terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Produk yang dijual di situs ini pun cukup lengkap dan dibanding situs jual online yang lain memang keunikan dari kaskus adalah menyediakan layanan jasa seperti service komputer, mengetik, dan lain sebagainya.

Untuk masalah keamanan, sebaiknya Anda memperhatikan dengan baik bagaimana testimoni para pembeli yang membeli produk pada seller tersebut agar transaksi bisa dilakukan secara aman.

3. Buka Lapak

Ketika menggunakan situs jual online satu ini, para penjual yang ini menjual barang baru ataupun bekas mereka, penjual bisa melakukan transaksi perorangan maupun perusahaan. Bahkan, di situs jual online ini para penjual yang ingin menawarkan produk dagangan mereka tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Ketika menggunakan aplikasi ini, baik penjual dan pembeli akan saling diuntungkan karena penjual bisa menjual barang mereka dan pembeli mendapatkan barang yang mereka cari. Situs jual online ini sangat memudahkan penggunanya ketika melakukan transaksi penjualan barang baru maupun bekas. Ada lebih dari 10 juta pengguna android yang menggunakan aplikasi ini, dan kalau Anda ingin menikmati aplikasi buka lapak pastikan kalau android Anda adalah versi 4.1 atau lebih agar bisa menggunakannya.

4. OLX

Pada tahun 2014, berniaga.com secara resmi bergabung dengan situs jual online satu ini. OLX adalah salah satu situs jual online yang begitu diminati oleh masyarakat Indonesia karena di dalam situs ini, para penjual bisa dengan mudah menemukan jutaan calon pembeli untuk menawarkan barang jualan mereka.

Baca Juga:  Download WA GB Apk Whatsapp PRO Terbaru 2022 RESMI!

Kalau Anda ingin melakukan transaksi menjual produk dagangan milik Anda, Anda hanya perlu membuat artikel mengenai produk yang akan Anda jual.

5. Lazada

Situs jual online satu ini menawarkan berbagai fashion baju dengan harga yang terjangkau namun tetap berkualitas. Lazada adalah salah satu situs jual online terbesar yang ada di Indonesia. Tidak hanya fashion, disini Anda juga bisa menemukan produk kesehatan dan kecantikan, gadget, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi situs jual online yang begitu diminati oleh masyarakat Indonesia, situs satu ini juga merupakan salah satu market place terbesar yang ada di Asia Tenggara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan lainnya. Untuk masalah keamanan pun Anda tidak perlu khawatir karena situs ini menjamin kemanan setiap pelanggannya, bahkan kalau barang yang Anda beli tidak sampai ke rumah dalam waktu 7 hari, uang yang sudah ditransfer akan direfund secara utuh.

Keuntungan Jual Online

1. Proses Transaksi Bisa Dilakukan Dengan Cepat

Setiap penjual pasti ingin melayani pembeli mereka dengan baik agar pembeli tersebut mendapatkan kesan yang baik dan akan kembali kepada penjual untuk membeli barang dagangan. Salah satu layanan yang diinginkan para pembeli adalah mendapatkan layanan yang cepat dan ramah.

Berbeda dengan toko offline, menggunakan aplikasi jual online tentu akan sangat membantu penjual dalam mengecek ketersediaan barang yang mereka jual dibandingkan dengan toko offline yang harus mencari stok barang mereka lebih dulu di gudang. Tentu, waktu menggunakan aplikasi online ini membuat penjual lebih efisien dan layanan transaksi yang berlangsung cepat ini tentu sangat disukai oleh pembeli.

Baca Juga:  Review Aplikasi Android Instagram, Wajib Dicoba oleh Remaja!

2. Segala Transaksi Penjualan Akan Dicatat Secara Akurat

Tentu saja karena dilakukan secara online dan digital membuat segala proses transaksi akan tercatat secara akurat. Mulai dari pemesanan barang hingga proses transaksi akan terekam secara otomatis dan data tersebut tidak bisa di manipulasi. Berbeda ketika Anda di toko offline yang harus mencatat segala sesuatu secara manual di buku dan tentu saja hal ini rawan mengalami kesalahan.

Bahkan, untuk perhitungan pun Anda tidak perlu repot repot menggunakan kalkulator karena semua perhitungan akan dilakukan secara otomatis.

Manfaat Aplikasi Jual Online

1. Memudahkan Pengelolaan Stok Barang

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi jual online ini adalah terdapat fitur pengelolaan inventory atau mengecek barang yang ada di gudang. Kalau Anda sebelumnya harus mengecek ketersediaan barang di gudang untuk kebutuhan restock secara manual, kini Anda bisa memanfaatkan fitur inventory dalam situs jual online.

Melalui fitur tersebut, penjual bisa langsung terhubung ke supplier mereka secara langsung melalui WhatsApp dan tentunya dengan cara ini Anda bisa lebih mudah untuk memastikan barang dan menentukan waktu kapan barang harus restock serta jumlah barang yang dibutuhkan.

2. Bisa Di Lakukan Sebagai Analisis Bisnis Anda

Salah satu manfaat menggunakan aplikasi jual online ini, para penjual tidak hanya akan dimudahkan dalam melakukan proses transaksi yang berlangsung cepat, tetapi juga untuk membuat laporan penjualan secara langsung dengan data yang terekam secara akurat. Hal ini tentu dapat membuat Anda bisa lebih mudah melihat bagaimana performa perkembangan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan