Inilah Rekomendasi Beberapa Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik


Dalam kehidupan sehari-hari pencatatan keuangan adalah kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin.

Seiring dengan perkembangan teknologi, keuangan bisa dicatat menggunakan aplikasi catatan keuangan yang bisa diunduh di smartphone.

Dibandingkan dengan menulis pencatatan keuangan secara manual, tentu saja penggunaan beberapa aplikasi tersebut terasa lebih praktis.

Anda hanya perlu menginput jumlah nominal uang baik pemasukan atau pengeluaran dengan mudah.

Beberapa Aplikasi Catatan Keuangan yang Terbaik

1. Cash Droid

Bagi pemula, mencatat keuangan menggunakan aplikasi Cash Droid sangat direkomendasikan. Dari segi tampilan, aplikasi ini sederhana namun bisa menunjukkan keuangan pribadi yang dicatat secara teratur dalam bentuk grafik yang simpel. Pihak pengembang aplikasi memberikan klaim bahwa aplikasi ini termasuk aplikasi untuk mencatat keuangan terbaik di kelasnya. Tampilan grafiknya bisa menganalisis keuangan.

Selain itu, untuk Cash Droid versi pro, Anda bisa mengimpor file CSV. Keunggulan lainnya adalah kemampuan aplikasi dalam mengelompokkan beragam jenis pemasukan maupun pengeluaran. Misalnya saja, dana yang masuk ke dalam kategori pemasukan adalah keuntungan bisnis dan gaji bulanan. Sedangkan dana yang masuk ke dalam kategori pengeluaran adalah tagihan pay later, cicilan KPR, dan lain sebagainya.

2. Mint

Aplikasi catatan keuangan Mint cukup populer bagi masyarakat millenial karena aplikasi ini memiliki fitur all-in-one. Hanya dengan satu akun saja, Anda bisa mengatur beberapa jenis keuangan seperti pinjaman kredit, tagihan bulanan, portofolio investasi, rekening bank, hingga giro. Aplikasi Mint juga dapat membantu Anda dalam melakukan pengelompokan anggaran belanja menjadi beberapa kategori yang berbeda baik pemasukan atau pengeluaran.

Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah menghitung pengeluaran dengan menggunakan aplikasi ini. Menariknya, keuangan Anda dapat ditampilkan ke dalam bentuk bagan dan grafik sehingga kondisi keuangan bisa Anda pantau dengan mudah. Apabila tagihan membengkak, Anda akan mendapatkan notifikasi pengingat dari aplikasi ini.

4. TemanBisnis

Sesuai namanya, aplikasi TemanBisnis akan membantu Anda untuk mengatur keuangan bisnis Aplikasi tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan Anda untuk mencatat keuangan bisnis. Menariknya, aplikasi TemanBisnis cocok digunakan untuk Anda yang baru terjun di dunia bisnis pertama kalinya. Dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan ini, Anda dapat melakukan pencatatan baik pendapatan maupun pengeluaran dari sumber manapun.

Bahkan, Anda bisa mengelompokkan setiap sumber pendapatan atau pengeluaran ke dalam kategori yang berbeda sehingga Anda dapat melacak transaksi lebih mudah. Selain pencatatan keuangan untuk pendapatan atau pengeluaran, Anda juga bisa melakukan pencatatan transaksi kredit dan hutang menggunakan aplikasi TemanBisnis. Aplikasi ini juga mempunyai fitur utang/piutang, pertumbuhan kas tiap periodik, dan laba/rugi secara otomatis.

5. Monefy

Aplikasi ini memiliki fitur kustomisasi supaya pengguna bisa mengubah aplikasi sesuai kebutuhan. Dengan aplikasi inilah Anda dapat membuat akun lebih dari satu dimana catatan per akunnya bisa disampaikan dengan terpisah. Terdapat beragam fitur pada aplikasi Monefy yang bisa memudahkan Anda dalam mengelompokkan pendapatan serta pengeluaran menjadi beberapa kategori.

Kelebihan aplikasi catatan keuangan ini yakni kemampuan dalam menghitung persentase setiap pengeluaran yang ada si setiap kategori secara otomatis setiap hari sampai dengan setiap tahun. Aplikasi Monefy memiliki versi berbayar yang dapat membebaskan Anda dari berbagai iklan yang bersifat mengganggu maupun batasan kategori yang dapat Anda gunakan.

6. AndroMoney

Aplikasi AndroMoney merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pelacakan pemasukan maupun pengeluaran dengan cara yang terperinci dan sederhana setiap bulannya. Aplikasi ini menampilkan kustom anggaran secara gamblang dengan disertai grafik yang dapat memperlihatkan sisa kapasitas pada penyimpanan melalui Google Docs dan Dropbox serta rincian pengeluaran.

AndroMoney adalah aplikasi untuk mengatur keuangan yang cocok digunakan untuk beragam jenis urusan keuangan untuk anggaran seperti kebutuhan rumah tangga, kebutuhan belanja pakaian, kebutuhan gawai, makan, menonton film dan jalan-jalan. Tampilan aplikasi cukup simpel dan mudah dimengerti oleh pemula sekalipun. Dari segi warna juga tidak terlihat monoton karena memiliki beberapa jenis warna menarik.

7. Money Wiz

Salah satu aplikasi catatan keuangan yang menawarkan fungsi dan opsi dengan lebih rinci dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya adalah Money Wiz. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk membuat laporan keuangan yang disajikan dalam format PDF atau CSV. Data-data pada aplikasi ini meliputi berbagai uraian transaksi sampai dengan perbandingan anggaran dimana pelaporannya dilakukan secara terpisah.

Pelaporan uraian transaksi tergantung dengan setiap merchant atau penerima uang. Kelebihan lainnya adalah kemudahan dalam melakukan pencatatan setiap transaksi karena Anda bisa melakukan pengelompokan transaksi dalam beberapa kategori. Aplikasi ini lebih cocok untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi untuk mengatur keuangan. Tampilan aplikasi Money Wiz cocok untuk Anda yang suka dengan perpaduan warna monochrome.

8. Money Lover

Bagi pemula, aplikasi Money Lover sangat mudah digunakan dan cukup praktis. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan termasuk pengeluaran dalam jangka waktu satu bulan mulai dari pengeluaran untuk hiburan sampai dengan makanan.

Adapun fitur-fitur yang dimaksud adalah Event, Savings, dan Budget. Beberapa fitur tersebut dapat membantu Anda supaya lebih mudah dalam menulis berbagai pendapatan dan pengeluaran sehingga Anda tidak perlu repot menulis secara manual di kertas. Aplikasi catatan keuangan ini hanya tersedia di platform iOS yang bisa Anda unduh dengan mudah melalui app store. Warna tampilan aplikasi ini didominasi dengan warna hijau dan mudah digunakan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.