Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Yang Wajib Untuk Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Yang Wajib Untuk Diketahui – Seperti yang Anda lihat bahwa saat ini teknologi telah berkembang dengan pesat yang mana Anda akan menemukan berbagai macam teknologi canggih, salah satunya adalah internet. Teknologi yang satu ini memang telah mampu memberikan dampak yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang, seperti contohnya di dalam dunia bisnis di mana Anda telah bisa melakukan bisnis secara online melalui internet yang mana bisnis ini akan menawarkan berbagai kemudahan.

Saat ini bisnis online memang semakin menjamur di mana ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis online melalui internet. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa kesuksesan dalam bisnis online lebih mudah untuk diraih, padahal anggapan tersebut keliru. Pasalnya Anda juga harus tetap bekerja keras untuk menghadapi segala bentuk resiko dan tantangan yang ada di dalam bisnis online. Jika Anda memang berniat untuk menggeluti bisnis online, maka Anda harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Kelebihan Bisnis Online

1. Mudah Dilakukan

Salah satu kelebihan dari bisnis online adalah mudah untuk dilakukan, hal ini membuat banyak orang tertarik untuk menggeluti bisnis ini. Seperti yang Anda ketahui bahwa bisnis online tidak seperti bisnis konvensional, pasalnya bisnis secara online tidak mengharuskan Anda untuk bertemu langsung dengan para pembeli sehingga tentu saja lebih mudah untuk dilakukan.

2. Modal Lebih Ringan

Kelebihan selanjutnya dari bisnis online yang bisa Anda dapatkan adalah modal yang lebih ringan jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Pasalnya Anda tidak membutuhkan toko di dunia nyata, namun hanya membutuhkan toko online untuk menjual berbagai produk yang Anda miliki sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan sewa tempat dan bangunan.

3. Jangkauan Lebih Luas

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa teknologi internet akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang – orang dari seluruh dunia. Hal ini tentu saja merupakan suatu kelebihan yang hanya bisa Anda rasakan jika menjalankan bisnis secara online karena Anda akan bisa menjangkau pasar yang jauh lebih luas bahkan Anda bisa melakukan ekspansi ke seluruh dunia.

Kekurangan Bisnis Online

1. Persaingan Tinggi

Salah satu kekurangan dari bisnis online adalah tingkat persaingan yang tinggi, seperti yang telah Anda ketahui bahwa ada banyak sekali orang yang tertarik dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online sehingga tentu saja akan membuat persaingan di bisnis online menjadi semakin ketat. Anda harus memikirkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan bisnis online.

2. Adanya Ongkos Kirim

Seperti yang Anda ketahui bahwa bisnis yang dilakukan secara online memungkinkan para penjual dan pembeli untuk tidak bertemu secara langsung, hal tersebut tentu saja akan membuat Anda sebagai pihak penjual harus mengirimkan produk yang dibeli oleh konsumen. Pada umumnya para pebisnis online akan menggunakan layanan ekspedisi yang mana akan dikenakan ongkos kirim.

Apabila Anda sudah berniat untuk menekuni bisnis online, maka tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut.