Kelebihan dan Rekomendasi Aplikasi Absensi Online


Memang tidak dipungkiri bahwa kemajuan teknologi di era digital saat ini telah memberi dampak yang begitu pesat pada kehidupan sehari hari. Salah satu bukti nyata yang bisa Anda temukan di dunia kerja misalnya adalah penggunaan aplikasi absensi online yang saat ini memang sedang banyak di lirik dan digunakan oleh sejumlah perusahaan untuk merekap daftar hadir karyawan mereka.

Seperti yang Anda ketahui bahwa dulu daftar hadir karyawan masih dilakukan secara manual. Namun, di era digital yang semakin pesat, tidak bisa dipungkiri bahwa kini telah muncul banyak perangkat aplikasi absensi online untuk membantu dan memudahkan pekerjaan.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online

Bagi Anda pelaku perusahaan kecil dan menengah, Anda tidak perlu khawatir untuk masalah biaya aplikasi absensi online karena kini telah banyak perangkat absensi online yang tersedia secara gratis dan bisa Anda gunakan. Walaupun aplikasi online ini tersedia secara gratis, untuk masalah fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi karena fitur yang tersedia sudah relevan dan dapat memenuhi kebutuhan untuk perusahaan dengan skala kecil ataupun menengah.

Terdapat beberapa rekomendasi absensi online yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada perusahaan Anda dan tentunya berbagai rekomendasi perangkat absensi online ini dapat memudahkan pekerjaan Anda untuk mengabsen karyawan secara otomatis sehingga kedisiplinan karyawan di perusahaan Anda tetap terjaga. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi absensi online, yaitu:

1. Time Clock by Home Base

Aplikasi absensi online yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun, walaupun aplikasi ini tersedia secara gratis, aplikasi time clock by home base ini menawarkan berbagai fitur menarik di dalamnya. Misalnya seperti fitur mengontrol absensi karyawan, fitur jadwal rekrutmen, membuat jadwal, pelacakan jam, dan lain sebagainya.

Fitur yang ada di dalam aplikasi satu ini juga bisa di akses dengan memilih beberapa pilihan paket yang tersedia. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin menggunakan fitur di dalam aplikasi ini karena semua fitur merupakan user friendly sehingga siapapun bisa menggunakannya dengan mudah.

2. Clockify

Untuk aplikasi absensi karyawan yang satu ini pun juga tersedia secara gratis. Clockfiky merupakan aplikasi yang akan memudahkan proses absensi karyawan perusahaan karena dilengkapi dengan dua fitur utama yaitu time tracker dan timesheet. Selain itu, aplikasi satu ini juga juga menghadirkan fitur performance serta project review report yang mana kedua aplikasi tersebut berguna untuk memudahkan para pemilik perusahaan untuk memantau kinerja karyawan mereka.

3. When I Work Employee Scheduling

Untuk absensi online karyawan yang satu ini sebenarnya lebih cocok kalau digunakan oleh bisnis atau usaha kecil karena perangkat absensi hanya bisa dipakai maksimal oleh 75 orang karyawan saja, melebihi batas tersebut Anda akan dikenakan biaya. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini pun cukup lengkap mulai dari jam lembur, pengelolaan shift kerja karyawan, memantau kehadiran, team message, sampai penjadwalan para karyawan perusahaan.

4. Attendance Manager

Perangkat absensi online ini akan memberi kemudahan untuk urusan timesheet, time tracking, sampai absensi para karyawan yang juga dilengkapi dengan adanya GPS. Kelebihan dari perangkat ini tidak hanya cocok digunakan untuk urusan bisnis melalui absensi para karyawan di kantor maupun di tempat lain saja, perangkat absensi ini juga cocok digunakan untuk keperluan akademis. Setiap fitur yang tersedia pun sangat sederhana dan mudah untuk di operasikan baik untuk melihat timesheet hingga memantau kegiatan para karyawan.

5. Open Time Clock

Perangkat absensi online yang satu ini memiliki tampilan serta fitur yang sederhana. Sesuai dengan namanya, aplikasi open time clock ini merupakan aplikasi yang khusus digunakan untuk manajemen waktu layanan sekaligus sistem absensi karyawan dan bisa digunakan oleh jumlah karyawan yang tidak terbatas. Kalau perusahan ingin menggunakan lebih banyak fitur pada aplikasi ini, perusahaan bisa mendaftarkan diri untuk masuk ke aplikasi yang berbayar.

Kelebihan Absensi Online

1. Waktu Absensi yang Tercatat Akan Lebih Akurat

Dibanding ketika dilakukan secara manual, tentu sistem absensi yang dilakukan secara online ini akan mendapatkan data yang lebih akurat. Hal ini karena sinkronisasi yang terjadi antara waktu pada perangkat yang terhubung pada aplikasi absensi online, ponsel yang digunakan tentu akan menunjukan waktu otomatis sama seperti di laptop ataupun komputer yang digunakan di kantor. Oleh karena itu data waktu absensi yang tercatat pada aplikasi absensi online ini akan lebih akurat.

2. Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Menggunakan sistem yang masih manual tentu memiliki celah yang bisa menjadi celah bagi sistem itu sendiri. Seperti misalnya sistem manual yang rawan sekali mengalami terjadinya titip absen atau karena absen dikerjakan secara manual bisa menyebabkan antrean yang panjang dan membuat karyawan malah jadi telat masuk bekerja.

Tentu berbeda ketika Anda menggunakan aplikasi absensi online yang mana perangkat ini bisa di akses oleh setiap karyawan melalui ponsel mereka sehingga mereka bisa melakukan absen sendiri dan hal ini tentu saja akan lebih efisien dan menghemat waktu.

Manfaat Absensi Online

1. Pemantauan yang Real Time

Menggunakan aplikasi ini akan membuat pemantauan karyawan terjadi secara real time sehingga kapan saja data tersebut dibutuhkan, data absensi karyawan bisa langsung Anda lihat berdasarkan update terbaru. Selain itu, HRD maupun personalia juga tidak perlu repot lagi memindahkan data absen ke komputer terlebih dahulu.

2. Lebih Hemat Biaya

Kalau perusahaan menggunakan absensi fingerprint, tentu perusahaan harus menyiapkan anggaran khusus untuk membeli perangkat tersebut, cadangan wajib yang digunakan kalau perangkat mengalami kerusakan serta penganggaran untuk kebutuhan teknisi khusus yang bekerja untuk melakukan perawatan serta perbaikan perangkat.

Sementara, kalau Anda menggunakan aplikasi absensi online, perusahaan Anda hanya perlu komputer dan koneksi internet yang tentu saja hal ini sudah dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, menggunakan absensi online, karyawan juga bisa mengakses langsung melalui ponsel mereka masing masing.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.