Usaha unik di desa tentu adalah sebuah ide usaha yang sangat menjanjikan, terutama bagi yang sedang berpikir usaha apakah yang sekiranya cocok dengan minat para warga desa dan dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan para warga. Peluang usaha di desa nyatanya sangat banyak, tidak hanya itu-itu saja,perlu juga untuk menyisipkan inovasi agar para warga desa bisa tertarik dengan usaha yang akan anda jalani.

Untuk anda yang ingin tahu usaha apa yang cocok untuk anda ketika memulai sebuah usaha di desa,perlu anda simak pembahasan berikut ini yang akan membahas mengenai usaha unik terkhusus pada wilayah desa.

Usaha Unik Di Desa Yang Sangat Menjanjikan

Usaha unik di desa tentu memiliki sangat banyak dan memiliki berbagai tema berikut ini merupakan usaha yang mungkin bisa anda coba.

1. Usaha bengkel, yang pertama sebuah rekomendasi untuk anda adalah membuka sebuah bengkel. Lalu mengapa harus bengkel? Karena usaha bengkel sangat cocok diterapkan di daerah maupun wilayah apapun, serta cocok untuk membantu para warga yang sedang mengalami kendala pada kendaraan mereka. Maka dari itu,jika memang anda ahli dan mahir dalam bidang otomotif tidak ada salahnya jika anda mencoba usaha yang satu ini.

2. Usaha anyaman atau kerajinan, jika anda adalah seseorang yang menyukai kerajinan tangan seperti anyaman maka tidak ada salahnya jika mencoba peluang bisnis usaha unik di desa yakni kerajinan ini siapa yang tahu bahwa anda memang beruntung dalam bisnis ini. Modal yang dipakai pun tidak begitu besar hanya mengandalkan pada bahan mentah seperti contohnya rotan ,yang bisa anda dapatkan dengan harga yang tidaklah terlalu mahal.

Baca Juga:  5 Usaha Modal 500 Ribu Yang Sangat Menjanjikan

3. Usaha berjualan benih atau bibit karet dan sawit, tanaman sawit memang cocok ditanam di pedesaan,bila anda mempunyai modal maka perlu anda coba bisnis yang satu ini. Anda hanya tinggal memajang beberapa benih atau bibit atau bisa juga anda tawarkan kepada orang-orang yang berminat untuk menanam bibitnya. Untung yang akan anda dapat dari berjualan bibit ini terbilang cukup banyak dan menguntungkan.

4. Usaha budidaya kroto, kroto atau yang lazimnya orang ketahui adalah telur semut rangrang ini merupakan sebuah ide bisnis yang dibilang berpeluang di desa. Karena banyak para pecinta burung kicau yang mencari telur rangrang ini karena dipercayai dapat membuat burung kicau menjadi berkicau lebih sering lagi.

Usaha Unik Di Desa Yang Belum Banyak Dicoba

Usaha unik di desa memang banyak namun usaha yang belum pernah dicoba oleh para warga desa ternyata juga ada lalu apa saja bisnis tersebut.

1. Usaha beternak maggot, maggot memang belum terdengar familiar bagi sebagian orang karena maggot ini memang sebuah kata yang aneh bagi yang belum pernah mendengarnya. Maggot adalah larva dari lalat BSF larva ini sangat berguna untuk kesehatan hewan ternak atau peliharaan salah satunya ikan. Dan budidaya maggot ini memang sekiranya cukup mudah karena pakannya menggunakan sayur-sayuran yang sudah agak busuk dan bisa dikategorikan sebagai usaha unik di desa. Sudah banyak orang yang mencoba beternak maggot dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Baca Juga:  Usaha Yang Cocok Di Desa Pinggir Jalan Yang Mudah Dan Menguntungkan

2. Usaha unik di desa selanjutnya adalah beternak jangkrik, budidaya atau beternak jangkrik ini sangat menguntungkan karena pakannya hanya berupa singkong kemudian juga bisa daun singkong dan yang lainnya. Apabila anda memiliki pekarangan rumah yang luas hal ini sangat cocok untuk dicoba berusaha beternak jangkrik. Kandang dari jangkrik pun perlu diperhatikan karena jangkrik tidak menyukai cahaya dan panas.

3. Berkebun kelapa, berkebun kelapa memang cocok untuk daerah pedesaan, karena banyak lahan yang masih luas dan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk berkebun buah kelapa. Berkebun kelapa ini akan menghasilkan untung yang berlimpah karena banyak orang yang menyukai dan membutuhkan kelapa contohnya saja es kelapa, kemudian juga ada yang mencari kelapa untuk pengobatan alternatif.

Usaha Lain Dari Usaha Yang Berbasis Umum

1. Menjual bibit buah kelengkeng, menjual bibit kelengkeng dapat dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan dan patut untuk dicoba karena untuk sekarang ini banyak warga desa yang perlahan mulai beralih ke bisnis penjualan bibit ini. Dan dengan menjual bibit kelengkeng jika anda beruntung dan sukses anda bisa menciptakan lapangan kerja baru bagi warga desa yang tentunya hal ini menjadi bermanfaat untuk sekitar anda.

Baca Juga:  Memanfaatkan Mobil Pribadi Untuk Meraup Keuntungan

2. Mendirikan usaha servis elektronik, anda juga bisa mencoba peruntungan di usaha servis elektronik jika memang anda berminat dan memiliki keahlian di bidang ini. Sebut saja servis tv belum banyak orang yang menjamah bisnis ini. Semakin jarangnya kompetitor tentu akan membuat bisnis anda untung karena menjadi satu-satunya usaha yang ada di desa anda.

3. Bisnis usaha online shop, usaha unik di desa selanjutnya adalah dengan membuka usaha online shop, usaha yang satu ini memang memiliki banyak tema bisa diambil contoh yang mudah saja dengan modal yang tidak begitu banyak adalah aksesoris dan masker. Aksesoris tentu memiliki harga yang murah dan jika anda mencoba untuk berjualan ini maka pasti banyak yang akan berminat dengan produk yang anda jual. Dan juga masker,masker sekarang ini pasti memiliki banyak pencari karena masker adalah menjadi komoditas utama untuk saat ini karena sedang masa pandemi.

Nah diatas sudah dipaparkan dan dibahas mengenai usaha unik di desa,lantas usaha mana yang menurut anda menarik dan cocok untuk anda coba sebagai peluang kesuksesan anda?. Perlu anda perhatikan juga beberapa kelemahan dan juga kelebihan dari usaha yang akan anda jalani, karena jika sewaktu-waktu anda mengalaminya maka anda sudah memiliki amunisi dan cara menyelesaikannya. Sekian semoga bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi peluang usaha untuk anda.

Share: