Usaha yang cocok di kampung bisa anda lakukan dengan mengoptimalkan segala sumber daya yang tersedia. Area perkampungan juga bisa digunakan sebagai sumber penghasilan dan memberikan kontribusi yang besar di dalam perekonomian di Indonesia. Hal yang paling kita perlukan adalah pemikiran kreatif yang bisa mengoptimalkan seluruh peluang yang ada untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Lokasi perkampungan sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian dan membangun usaha yang cocok. Untuk itu, anda bisa mencari usaha yang sesuai untuk dikembangkan di daerah kampung berupa ide dan pelaksanaan yang sesuai dengan lokasi tersebut. Anda bisa menyimak artikel ini sampai habis karena akan membahas mengenai jenis-jenis usaha yang cocok di kampung yang bisa anda kembangkan.

Usaha yang Cocok Di Kampung dengan Ternak Ayam

Salah satu usaha yang cocok di kampung adalah ternak ayam karena sudah tersedia banyak fasilitas yang mendukung. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar dan bisa anda tekan dengan menggunakan berbagai alat-alat dan bahan yang sudah ada di daerah tersebut.

Anda bisa menyiapkan kandang terlebih dahulu dengan menggunakan bambu atau kayu yang sudah ada dan membeli ayam-ayam untuk dikembangkan. Anda bisa membeli ayam broiler atau ayam kampung untuk dipelihara dengan pertimbangan kemudahan perawatan atau keuntungan yang bisa anda dapatkan. Pilihan lain adalah anda bisa memproduksi ayam pedagang atau telur untuk dijual.

Baca Juga:  Tips Jitu Membangun Bisnis Tour and Travel Online

Ternak ayam sangat cocok anda lakukan karena daerah perkampungan masih memiliki lahan yang luas dan bisa dimanfaatkan untuk membuat kandang pemeliharaan. Selain itu, ayam masih diperlukan oleh banyak orang untuk dikonsumsi karena memiliki protein yang besar dan harganya relatif murah dibandingkan dengan daging dari jenis ternak lain seperti kerbau, sapi, atau kambing.

Usaha Budidaya Ikan Lele

Usaha yang cocok di kampung ini bisa anda lakukan dengan modal yang murah. Ikan lele merupakan salah satu makanan sumber protein yang bisa anda peroleh dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan lahan yang cukup luas di daerah perkampungan, anda bisa membuka ternak lele ini secara optimal.

Pada usaha ini, anda bisa memilih apakah akan ternak bibit lele atau fokus ke ternak pembesaran sampai panen dan dijual. Anda bisa mempertimbangkan sumber daya yang anda miliki dengan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Apabila anda memiliki kapabilitas untuk melakukan kedua hal tersebut, anda harus memiliki rencana yang matang dan perhitungan modal serta keuntungan yang jelas.

Permintaan lele ini masih cukup tinggi karena masih banyak masyarakat yang menyukai makanan satu ini, termasuk warung pecel lele. Anda bisa menjual ikan lele yang anda ternakkan dengan jumlah yang kecil atau dalam partai besar sesuai dengan kemampuan anda dalam produksi yang sedang anda jalankan.

Warung Sembako Merupakan Usaha yang Cocok Di Kampung

Semua orang memiliki kebutuhan sembako dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha yang menghasilkan keuntungan. Wilayah perkampungan biasanya jauh dari pasar induk atau pasar tradisional karena jarak yang cukup jauh sehingga sulit untuk mendapatkan kebutuhan pokok untuk memenuhi konsumsi mereka.

Baca Juga:  Trik SEO Khusus Untuk Mendukung Berjualan di Tokopedia

Sembako merupakan kebutuhan yang pasti dicari orang lain sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mendirikan usaha penyediaan produk tersebut. Mendirikan usaha sembako ini bisa anda gunakan dengan menggunakan modal kecil terlebih dahulu kemudian perlahan mengembangkan usaha tersebut agar lebih besar, baik secara produk ataupun keuntungan.

Hal yang penting diperhatikan dalam menjalankan usaha ini adalah kualitas sembako yang anda jual dan produk-produk yang anda sediakan. Anda bisa memilih sembako dengan kualitas yang terbaik dan menyediakan jenis-jenis sembako yang dibutuhkan oleh orang lain. Apabila anda salah strategi, maka usaha anda akan sulit berkembang dan bisa saja akan merugi.

Selain itu, anda harus berusaha memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan agar mereka tetap setia berbelanja di warung anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan keuntungan secara terus menerus dan membantu usaha anda akan semakin besar.

Agen Pengiriman

Usaha satu ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengirim barang dari perkampungan ke perkotaan, dan sebaliknya. Jarak dari perkampungan ke daerah kota umumnya jauh dan membutuhkan banyak waktu untuk menempuhnya. Anda bisa menggunakan kesempatan ini menjadi agen pengiriman untuk mengirim barang-barang ke daerah lain, atau menerima barang dari daerah lain.

Jasa ekspedisi anda bisa anda lakukan tidak memerlukan banyak modal dan ruang yang terlalu besar, sehingga anda bisa memanfaatkan wilayah yang masih kosong untuk mendirikan tempat usahanya. Anda bisa memulai usaha yang cocok di kampung ini dengan melakukan kerjasama dengan jasa ekspedisi besar dengan mengikuti program kemitraan dimana anda bisa langsung jadi agen di mana saja lokasi anda berada.

Baca Juga:  Usaha Yang Cocok Di Desa Pinggir Jalan Yang Mudah Dan Menguntungkan

Apabila anda menjadi agen kemitraan ekspedisi, anda akan menjadi penghubung antara pelanggan dan pihak yang menyediakan jasa. Anda bisa menerima barang dari pelanggan di lokasi anda berada dan meneruskannya ke jasa ekspedisi yang menjalin kerja sama dengan anda untuk diantarkan ke alamat yang dituju.

Usaha yang Cocok Di Kampung yang Menyediakan Penginapan

Wilayah kampung biasanya memiliki lokasi dan udara yang masih segar bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan peluang keuntungan. Anda bisa mendirikan penginapan untuk orang-orang sewa untuk memperoleh kesempatan mendapatkan pendapatan yang besar.

Selain itu, anda juga bisa menjalin kerjasama dengan penyedia usaha yang cocok di kampung lain misalnya kuliner atau merchandise yang bisa dibeli oleh orang-orang yang menginap sebagai kenang-kenangan dari lokasi tersebut. Bisnis ini memiliki potensi yang besar karena kebanyakan orang kota disibukkan dengan rutinitas dan kesibukan selama pekerjaan dan biasanya memerlukan waktu liburan ke daerah wisata. Oleh karena itu, kesempatan tersebut bisa anda gunakan untuk memperoleh pelanggan yang mengunjungi penginapan milik anda.

Itulah daftar usaha yang cocok di kampung yang bisa anda lakukan untuk memperoleh keuntungan. Sebaiknya pilihlah usaha yang cocok untuk anda sesuai dengan berbagai pertimbangan seperti fasilitas yang tersedia, modal, dan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Share: