10 Aplikasi Investasi Saham yang Sudah Mengantongi Izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)


Di era modern ini investasi saham merupakan sebuah hal yang umum dan bisa dilakukan oleh siapa saja hanya dengan bermodalkan smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Hal tersebut karena sudah ada banyak sekali aplikasi investasi saham yang bermunculan di internet, namun hanya beberapa aplikasi saja yang memiliki izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa aplikasi saham OJK tersebut.

10 Aplikasi Investasi Saham yang Sudah Mendapatkan Izin Beroperasi dari OJK

1. Bibit

Aplikasi investasi saham yang sudah memiliki izin OJK pertama adalah Bibit. Aplikasi ini tidak hanya melayani investasi saham saja, tetapi anda juga bisa melakukan investasi reksadana, obligasi, dan pasar uang. Bibit merupakan aplikasi investasi milik PT. Bibit Tumbuh Bersama yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Salah satu fitur unggul yang dimiliki oleh Bibit adalah bisa melakukan investasi sesuai dengan kemampuan setiap penggunanya.

Selain itu, ada fitur Robo Advisor yang akan melakukan transaksi jika harga saham sudah mencapai batas yang ditentukan oleh penggunanya. Dengan adanya fitur ini dapat membuat seorang investor tidak perlu selalu memperhatikan grafik harga saham dan menentukan kapan harus membeli dan menjual sahamnya.

2. Ajaib

Aplikasi saham OJK berikutnya adalah Ajaib yang sudah dipublikasi sejak tahun 2018 oleh PT. Ajaib Sekuritas Asia dan PT. Takjub Teknologi Indonesia. Aplikasi investasi ini juga melayani investasi reksadana dan menjadi salah satu aplikasi investasi yang paling cocok untuk digunakan oleh investor pemula karena memiliki tampilan yang simpel dan fee yang tergolong kecil. Bagi anda yang tertarik untuk melakukan investasi di aplikasi ini maka silahkan mendownloadnya di Play Store.

3. Stockbit

Selanjutnya ada nama Stockbit yang merupakan sebuah aplikasi investasi saham dibawah kepemilikan PT. Mahakarya Artha Sekuritas. Meskipun merupakan sebuah aplikasi investasi, namun Stockbit juga memiliki fitur komunitas yang bisa anda gunakan untuk bertukar informasi seputar saham dengan investor-investor lainnya.

4. Bareksa

Beralih ke aplikasi saham OJK berikutnya yaitu Bareksa. Aplikasi investasi ini merupakan sebuah marketplace yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli saham. Hebatnya Bareksa sudah dipercayai oleh pemerintah sebagai tempat menjual Surat Berharga Negara (SBN) secara online. Aplikasi ini juga merupakan sebuah aplikasi investasi saham terbaik karena memiliki lebih dari 150 produk reksadana. 50 lebih jasa manajer investasi, dan memiliki banyak metode transaksi.

5. BCAS Mobile 2

BCA Sekuritas yang merupakan anak perusahaan dari Bank BCA juga berhasil meluncurkan sebuah aplikasi investasi saham yang diberi nama BCAS Mobile 2. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi investasi yang satu ini mulai dari quick order, stock game, smart digital dan masih banyak kelebihan lainnya. Namun, untuk bisa melakukan investasi di aplikasi investasi ini anda harus melakukan deposit awal sebesar Rp 3.000.000.

6. MOST

Selain Bank BCA, Bank Mandiri juga berhasil membuat aplikasi saham OJK yang diberi nama MOST atau Mandiri Online Stock Trading melalui anak perusahaan mereka bernama Mandiri Sekuritas. Syarat paling utama ketika ingin melakukan investasi di aplikasi ini adalah harus menjadi nasabah dari Bank Mandiri. Setelah sudah mempunyai buku rekening Bank Mandiri maka anda akan dihadirkan dengan pilihan investasi di paket Mahasiswa, Umum atau Full Service.

7. BIONS Mobile

Satu lagu bank yang mengeluarkan aplikasi investasi saham yaitu Bank BNI dengan nama aplikasinya adalah BIONS atau BNI Innovative Online Trading System. Aplikasi ini dijalankan oleh BNI Sekuritas yang merupakan anak perusahaan Bank BNI. Terdapat beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh BIONS dari fingerprint login, research, automatic order, charts, indikator teknikal, news, hingga grafik harga yang digunakan untuk memantau harga saham.

8. RTI Business

Salah satu aplikasi saham OJK terbaik saat ini adalah RTI Business yang sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta orang. Aplikasi investasi ini dikatakan populer karena memiliki banyak informasi penting soal pasar saham dari data analis, finansial, price quotes, charts, update berita soal perusahaan, dan masih banyak informasi lainnya. Bagi anda yang ingin mengetahui kinerja perusahaan bisa melihat gambarannya melalui balance sheet, profitability, income statement, earnings, sampai cash flow.

9. IPOT

Untuk aplikasi investasi saham selanjutnya adalah IPOT yang merupakan sebuah aplikasi investasi miliki oleh PT. Indo Premier Sekuritas. Aplikasi investasi saham ini tidak memiliki minimal deposit awal jadi anda bisa dengan bebas melakukan deposit berapa saja sesuai dengan kemampuan anda. IPOT juga memiliki sebuah fitur Robo Trading yang dapat melakukan transaksi jual beli saham sesuai dengan patokan yang dibuat oleh investornya.

10. Motion Trade

Terakhir ada nama Motion Trade yang merupakan sebuah aplikasi investasi saham milik MNC Sekuritas (anak perusahaan MNC Group). Untuk dapat melakukan investasi di aplikasi ini anda harus melakukan deposit awal sebesar Rp 100.000, kemudian jika anda melakukan pembelian saham maka anda akan terkena fee sebesar 0,18 persen sedangkan jika anda melakukan penjualan saham maka anda akan dikenakan fee sebesar 0,28 persen.

Demikian penjelasan mengenai 10 aplikasi saham OJK yang bisa anda gunakan untuk melakukan investasi saham secara aman dan nyaman. Semua aplikasi tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda jadi cari tahu terlebih dahulu mana aplikasi yang benar-benar paling cocok untuk anda gunakan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.