Rekomendasi Aplikasi Kredit Online di Bawah Pengawasan OJK


Akhir-akhir ini aplikasi kredit online semakin marak karena digadang-gadang bisa membantu memenuhi kebutuhan finansial masyarakat dalam waktu relatif cepat.

Metode pengajuan aplikasi yang dikenal juga dengan sebutan aplikasi fintech lending ini dinilai lebih cepat dibandingkan dengan melakukan pengajuan pinjaman dana ke bank. Ada beberapa aplikasi yang aman karena diawasi oleh OJK.

Beberapa Aplikasi Kredit Online yang Diawasi oleh OJK

1. TunaiKita

Aplikasi TunaiKita memberikan penawaran pinjaman dana untuk masyarakat tanpa adanya syarat khusus maupun jaminan. Jumlah pinjaman yang ditawarkan adalah antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Untuk tenor pinjamannya minimal 10hari dengan ketentuan maksimum 30 hari. Suku bunganya tergolong cukup ringan dimana per harinya 0,95 persen

Masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman dana di aplikasi ini harus memenuhi beberapa syarat antara lain seorang WNI yang berusia 21-60 tahun. Selain itu, domisili tempat tinggal harus di wilayah Jabodetabek. Pengajuan bisa dilakukan jika masyarakat mempunyai rekening bank tipe lokal, identitas diri berupa KTP dan juga NPWP.

Jika beberapa syarat tersebut sudah terpenuhi, dokumen-dokumen penting yang wajib dilampirkan adalah informasi mengenai pekerjaan saat ini, kontak atau nomor telepon pribadi yang aktif dan mudah dihubungi, identitas diri (KTP), informasi akun media sosial seperti facebook, dan verifikasi berupa video.

2. CashWagon

Ada lagi aplikasi CashWagon yang menyediakan pinjaman dana tanpa harus menyertakan slip gaji dan agunan. Aplikasi kredit online ini mengklaim bahwa pinjaman dana bisa cair dalam waktu 30 menit saja. Jumlah dana pinjaman untuk pertama kalinya adalah antara Rp 500.000 hingga Rp 2 juta. Pinjaman dana untuk berikutnya adalah maksimal Rp 5 juta.

Aplikasi ini memberikan pilihan tenor pinjaman 10 hari, 20 hari, maupun 30 hari. Anda bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi ini jika memenuhi persyaratan tertentu seperti usia antara 22-60 tahun, berdomisili di wilayah Jabodetabek, dan merupakan karyawan maupun professional dengan penghasilan tetap.

Kelebihan penggunaan aplikasi CashWagon adalah Anda tidak perlu menyerahkan beberapa dokumen persyaratan untuk diserahkan. Anda hanya diharuskan untuk mengisi beberapa informasi seperti informasi mengenai akun rekening bank yang aktif dan juga informasi pribadi dengan benar.

3. WinWin

Aplikasi yang telah berdiri dari tahun 2016 ini berasal dari Surabaya. Awalnya, akses hingga proses pengajuan pinjaman dana di aplikasi WinWin hanya bisa dilakukan melalui website saja, namun sekarang Anda bisa mengaksesnya dan melakukan proses pinjaman dana melalui smartphone sehingga lebih mudah digunakan kapan saja dan dimana saja,

Surabaya dan Jakarta termasuk dua daerah yang bisa memproses pinjaman dana untuk aplikasi kredit online WinWin. Anda bisa melakukan pinjaman maksimal Rp 2 juta dengan tenor pinjaman yang paling lama adalah 30 hari. Sesuai ketentuan di website resminya, pihak WinWin akan melakukan validasi dokumen persyaratan langsung dengan calon nasabah.

4. KreditPintar

Jika Anda membutuhkan pinjaman dana tanpa harus menyertakan slip gaji saat mengajukannya, Anda bisa mencoba aplikasi KreditPintar. Hanya bermodalkan smartphone dan identitas diri KTP saja, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa harus menunggu waktu lama. Kelebihan aplikasi ini adalah tidak ada pungutan biaya sepeserpun.

Ada pilihan tenor pinjaman untuk pengguna aplikasi ini yakni mulai dari 14 hari, 1 bulan, sampai dengan 3 bulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun beberapa syarat untuk mengajukan pinjaman dana di aplikasi ini adalah usia antara 18-21 tahun bagi WNI yang belum menikah, usia 22-60 tahun bagi WNI yang sudah menikah, KTP dan rekening bank peminjam.

5. Pinjam Gampang

Sesuai namanya, untuk bisa meminjam sejumlah dana melalui aplikasi Pinjam Gampang, persyaratannya cukup mudah karena Anda tidak perlu menyiapkan dokumen berbentuk keras untuk diserahkan. Anda hanya diminta untuk mengikuti petunjuk yang tertera di halaman aplikasi serta menyiapkan kartu bank dan KTP sebelum mengajukan permohonan pinjaman.

Aplikasi kredit online ini menyediakan jumlah pinjaman dari Rp 600.000 hingga Rp 5 juta dengan tenor pinjaman 7 hari dan juga 14 hari. Anda bisa mengajukan pinjaman dana di aplikasi Pinjam Gampang apabila memenuhi beberapa syarat seperti WNI dengan usia lebih dari 21 tahun. Anda juga wajib mempunyai sumber pendapatan tetap dan berdomisili di wilayah tertentu.

6. DanaBijak

Aplikasi pinjaman dana lainnya yang tidak membutuhkan slip gaji adalah DanaBijak. Syarat pengajuan untuk melakukan pinjaman dana di aplikasi ini adalah WNI yang berdomisili di daerah Jabodetabek dengan minimum penghasilan sebesar Rp 2,5 juta. Selain itu, Anda juga harus mempunyai KTP, foto terbaru, nomor HP dan alamat email aktif, serta rekening bank.

7. Koinworks

Aplikasi kredit online Koinworks mempunyai 2 jenis layanan yang didasarkan pada kategori penggunanya yakni personal dan bisnis. Pengguna yang menggunakan Koinworks untuk segala kebutuhan bisnis harus memenuhi beberapa syarat pengajuan pinjaman seperti KTP pemilik perusahaan atau direktur, laporan keuangan, dan NPWP perusahaan.

Selain itu, pengguna juga harus menyertakan bukti laporan mutasi rekening dalam 3 bulan terakhir. Untuk kebutuhan pribadi atau personal, Anda harus memenuhi syarat-syarat pengajuan pinjaman berupa dokumen seperti NPWP apabila jumlah pengajuan pinjaman lebih dari Rp 50 juta, identitas diri KTP, dan KK jika sudah menikah.

Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk menyertakan mutasi rekening dalam 3 bulan terakhir. Nasabah aplikasi kredit online Koinworks tidak hanya bisa melakukan pengajuan pinjaman saja, namun juga bisa mendaftarkan diri menjadi lender dan investor.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.