Rekomendasi Beberapa Aplikasi Akuntansi yang Memudahkan Pekerjaan


Suatu bisnis atau pekerjaan pasti membutuhkan laporan keuangan dengan peran akuntansi di dalamnya.

Bisnis atau pekerjaan akan terasa lebih mudah jika pelaku bisnis menggunakan bantuan aplikasi akuntansi.

Penggunaan aplikasi tersebut mampu memberikan manfaat seperti menghindari kesalahan perhitungan tanpa harus mengulangi lagi dari awal sehingga bisa mempersingkat waktu.

Selain itu, efisiensi bisnis atau pekerjaan baik personal maupun perusahaan bisa lebih ditingkatkan.

Apa Saja Aplikasi Akuntansi Tersebut?

1. SAP

Aplikasi SAP adalah aplikasi akunting dengan pelanggan 300.000 orang lebih dari seluruh dunia. Indonesia termasuk salah satu pelanggannya sehingga sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan aplikasi ini. Aplikasi yang berasal dari Jerman tersebut menghadirkan solusi kepada perusahaan maupun bisnis personal dengan basis on-premise dan awan agar pengelolaan keuangan bisa lebih sederhana.

S/4HANA Finance atau yang lebih dikenal dengan sebutan SAP tersebut mempunyai fitur utama berupa manajemen anggaran, manajemen utang maupun piutang, perencanaan keuangan, dan pembuatan laporan keuangan secara real-time. Aplikasi ini juga menyediakan fitur utama yang lain seperti EQUIP Accounting dan manajemen kredit yang dilengkapi dengan alat pelaporan dengan teknologi canggih.

Alat tersebut membantu perusahaan dalam melakukan prediksi terhadap pendapatan dan pengeluaran di masa yang akan datang. SAPSuccess Factors dapat berintegrasi dengan aplikasi ini supaya manajemen pada human resource di perusahaan bisa melakukan otomatisasi. Di Indonesia sendiri, aplikasi SAP lebih banyak digunakan oleh perusahaan yang berskala besar daripada bisnis UKM.

2. Jurnal.id

Aplikasi akuntansi Jurnal.id berbasis cloud dan bisa digunakan sebagai media pengelola sistem pembukuan untuk bisnis UKM. Dengan aplikasi ini pemilik bisnis dapat melakukan konsultasi secara daring dengan akuntan yang professional dalam bidang perencanaan maupun pengelolaan keuangan. Proses operasional dan administrasi bisa lebih dihemat waktunya karena aplikasi ini termasuk cepat dan efektif terkait pengerjaannya.

Harganya pun efisien sehingga pemilik bisnis dapat lebih fokus dalam melakukan pengembangan pada bisnisnya. Selama terhubung jaringan internet, akses aplikasi ini tergolong fleksibel untuk digunakan beragam perangkat kapan saja. Aplikasi Jurnal.id membuat pengguna menjadi lebih mudah saat melakukan pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur atau invoice, dan pengecekan inventori.

Selain pembuatan laporan keuangan untuk perusahaan menjadi lebih nyaman, aman, cepat, dan mudah, datanya pun dapat diakses dengan segera secara real-time. Bahkan, aplikasi Jurnal.id sudah mempunyai keamanan dengan standar tinggi yang setara dengan keamanan pada bank yakni ISO 27001 sehingga data perusahaan terjamin keamannya.

3. EQUIP

Aplikasi akunting EQUIP yang asalnya dari Singapura merupakan aplikasi yang masih termasuk baru di tanah air. Pihak HashMicro adalah pihak pengembang aplikasi EQUIP sejak tahun 2008 yang lalu. Beberapa perusahaan besar di bidang industri seperti Astra Finance, Yokohama, The Face Shop, hingga Hino Truck sudah menggunakan aplikasi ini. Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi akuntansi ini adalah rekonsiliasi untuk rekening bank.

Selain itu, ada juga fitur pembuatan untuk beragam laporan keuangan, manajemen nota kredit dan debit, manajemen untuk multi mata uang, akun analitik, manajemen untuk pajak terlokalisasi, hingga manajemen pembayaran dan faktur. Aplikasi tersebut berbasis on premise dan awan sehingga performa keuangan di perusahaan bisa diperkirakan melalui fitur berupa financial forecasting.

Dengan menggunakan aplikasi EQUIP, perusahaan juga akan lebih mudah untuk melakukan pelacakan laba rugi di setiap divisi sampai dengan lokasi perusahaan. Keunggulan aplikasi ini adalah tidak terdapat batasan lisensi untuk pihak perusahaan yang sudah diberikan izin berupa akses tanpa adanya biaya tambahan. Sistem akuntansi pada aplikasi ini sudah teringrasi dengan modul penggajian, inventaris dan penjualan karena dikembangkan secara in-house.

4. MYOB

Aplikasi akuntansi pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 di Australia dengan nama MYOB. Perkembangan MYOB cukup pesat sehingga banyak tersebar di berbagai neara seperti Amerika, Selandia Baru, Kanada, sejumlah negara di Asia hingga Inggris. Aplikasi ini termasuk mudah dan cepat dipelahari karena mempunyai tampilan yang menarik.

Keunggulan aplikasi MYOB adalah dapat diexport ke dalam program excel sehingga laporan keuangan dapat dicetak dan dibaca melalui excel. Sebagian fitur pada MYOB termasuk perpajakannya masih menggunakan Australian Style sehingga fitur pelaporan versi perpajakan Indonesia masih belum tersedia sehingga membutuhkan bantuan dari software lainnya.

5. Krishand

Aplikasi Krishand merupakan aplikasi yang khusus berisikan pelaporan pajak. Formulir di dalamnya berupa peraturan pajak di Indonesia yang terbaru. Oleh karena itu blanko pajak yang terdapat di aplikasi ini bisa menghemat waktu. Keunggulan aplikasi akuntansi ini yakni adanya tampilan seluruh berkas pajak mulai dari berkas lama hingga paling baru. Pengguna bisa melakukan review dengan mudah.

6. TurboCASH

Aplikasi TurboCASH termasuk aplikasi yang populer di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Kanada. Aplikasi ini telah berdiri sejak bulan April 1985 dan dirancang untuk bisnis UKM. Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi TurboCASH bisa membantu dalam melakukan penanganan pada kreditur dan debitur, PPN, dan lain sebagainya. Namun, fitur aplikasi TurboCASH kurang cocok untuk freelancer dan pedagang.

7. Accurate Accounting

Tampilan aplikasi Accurate Accounting mempunyai kemiripan dengan aplikasi MYOB. Keunggulan aplikasi ini adalah laporan dan form dapat dimodifikasi dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Fitur pajak di aplikasi akuntansi ini juga bisa support dengan berbagai kebijakan terkait akuntansi di Indonesia. Bahkan, dukungan terhadap proyek, departemen, user, gudang, dan currency membuat pengguna mudah menggunakannya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.