Tips bisnis dropship bagi pemula agar laris adalah memilih jenis produk dan supplier yang banyak peminat, simak perbedaannya dengan reseller dan distributor.

Tips bisnis dropship bagi pemula yang utama adalah memilih produk dan supplier yang tepat. Dropship adalah bisnis pemasaran produk ke konsumen dengan Anda tidak terlibat langsung dalam proses produksi, pengemasan, dan pengiriman barang.

Meski begitu, bisnis ini termasuk yang menjanjikan karena tidak membutuhkan modal besar seperti gudang atau jasa pengantaran. Hal itu juga yang membedakan seorang dropshipper dengan reseller.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai bagaimana cara menjadi dropshipper pemula.

Baca Juga:  Tips Bisnis Properti Supaya Lebih Cuan

Cara Memulai Bisnis Dropship dari Nol

Cara Memulai Bisnis Dropship dari Nol

Keuntungan berbisnis ini berasal dari margin harga penjualan dan pembelian sehingga butuh strategi yang tepat ketika menjadi seorang dropshipper. Berikut ini tips memulai bisnis dropship yang bisa Anda coba:

1. Memilih produk yang tepat dengan supplier bereputasi

Tips bisnis dropship agar cepat laku adalah memilih produk yang tepat untuk dipasarkan kembali kepada pasar yang lebih luas. Produk-produk yang berpotensi laku antara lain aksesoris smartphone, pakaian atau kosmetik. Namun di awal menjalankan bisnis, sebaiknya jangan menjual banyak produk atau “palugada”.

Tidak hanya produk, memiliki jaringan supplier yang bereputasi dan responsif sebagai mitra bisnis adalah hal wajib berikutnya.

2. Menentukan harga produk yang terjangkau

Keuntungan bisnis ini berasal dari margin perbedaan harga penjualan dan pembelian sehingga tentukanlah harga yang terjangkau bagi konsumen namun tetap menguntungkan untuk Anda.

Baca Juga:  Ide Usaha Modal 1 Juta di Kampung Yang Menguntungkan

Pilihlah sistem pembayaran yang aman dan menguntungkan bagi semua pihak seperti opsi transfer atau via e-wallet.

3. Susun strategi pemasaran produk yang menarik dan menonjol

Strategi pemasaran yang menarik adalah tips utama bisnis dropship agar laris manis di pasaran. Langkah berikutnya adalah memilih media promosi yang tepat untuk mengenalkan produk Anda.

Lalu, buatlah brand identity yang menonjol seperti logo, desain produk, tampilan web toko online hingga feed di media sosial untuk membangun kesetiaan pelanggan.

4. Membuat website toko online dan media sosial yang menarik

Tips dropshipper berikutnya adalah membangun website toko profesional yang menarik. Tidak hanya website, media sosial dengan kanal shopping seperti TikTok dan Instagram juga bisa menjadi jalur pemasaran yang efektif.

Baca Juga:  Rekomendasi Ide Usaha Modal 1 Juta Untuk Anak Muda

Cara lainnya adalah bergabung di e-commerce. Memanfaatkan fitur dan promo di setiap e-commerce bisa menjadi tips bisnis dropship di marketplace. Anda hanya perlu mempertimbangkan apakah promo dari pihak marketplace menguntungkan atau tidak.

5. Memberikan layanan purna jual

Anda tetap perlu meningkatkan kualitas produk dan layanan, salah satunya dengan menanggapi keluhan pelanggan terkait barang yang mereka terima. Hal itu sebagai cara agar pelanggan tidak lari ke kompetitor serupa.

5 tips bisnis dropship di atas semoga bisa membantu Anda memulai bisnis pemasaran ini. Selamat mencoba!

Share: