Tips bisnis kuliner bagi pemula yang menguntungkan, tidak perlu repot membuat restoran, cukup lewat makanan rumahan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Salah satu tips bisnis kuliner rumahan untuk pemula adalah menjamin kualitas masakan yang enak dan lezat. Hal ini merupakan bagian terpenting dalam bisnis makanan karena erat kaitannya dengan selera seseorang.

Ketika Anda memiliki kemampuan memasak, bisnis kuliner menjadi ladang cuan yang menjanjikan karena masyarakat Indonesia hobi berwisata kuliner. Terlebih saat ini sudah menjamur jasa antar makanan.

Namun, tidak semua bisnis makanan bisa berjalan mulus. Anda perlu memahami tips sukses menjalankan bisnis kuliner dalam artikel ini.

Baca Juga:  Begini Contoh Rencana Bisnis (Studi Kasus: Bisnis Susu Kambing)

Tips Memulai Bisnis Kuliner Rumahan

Tips Memulai Bisnis Kuliner Rumahan

Sebelum meraih kesuksesan dalam bidang usaha ini, ikuti 5 tips memulai bisnis kuliner berikut ini yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Analisa SWOT dan target pasar

Bagi Anda yang menjalankan bisnis kuliner rumahan atau catering, analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat) serta target pasar adalah langkah penting untuk menentukan jenis dan cita rasa masakan yang Anda jual.

Anda bisa mempertimbangkan siapa konsumen yang akan membeli masakan Anda apakah tetangga, pekerja kantoran, atau mahasiswa.

2. Pertimbangkan modal dan susun strategi bisnis yang jelas

Tips bisnis kuliner rumahan berikutnya adalah mempertimbangkan modal yang Anda keluarkan. Modal tersebut meliputi biaya bahan makanan, alat masak hingga budget promosi. Cobalah mencari supplier yang cocok dengan produk jualan Anda.

Baca Juga:  5 Tips Sukses Investasi Saham Secara Online

Coretan rencana bisnis tersebut kemudian perlu Anda tuangkan dalam strategi bisnis. Isi dari strategi bisnis meliputi rencana keuangan, menu dan harga jual, tim kerja, strategi pemasaran, dan termin pelaksanaan.

3. Mendesain produk dan kemasan

Tips bisnis kuliner bagi pemula selanjutnya adalah mendesain produk kuliner Anda mulai dari nama usaha dan nama makanan, menu yang tersedia, logo usaha hingga kemasan penjualan baik dine in maupun delivery.

Selain cita rasa, kemasan akan menambah impresi dari konsumen yang akan membeli produk kuliner Anda. Jangan sampai dua hal ini saling bertolak belakang.

4. Promosikan produk secara digital

Mempromosikan produk lewat media sosial atau website adalah salah satu tips bisnis kuliner secara online. Dengan mengenal produk yang Anda jual, konsumen akan lebih tertarik untuk membelinya.

Baca Juga:  Ide Usaha Modal 1 Juta di Kampung Yang Menguntungkan

Tidak hanya itu, Anda bisa mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps agar mudah dijangkau konsumen. Daftarkan juga bisnis kuliner ke aplikasi jasa delivery seperti Shopee Food, Gofood, atau Grab Food.

5. Rekrut tenaga kerja dan variasikan produk

Ketika bisnis kuliner sudah memiliki banyak konsumen, tidak ada salahnya menambah tenaga kerja atau membuka cabang baru. Namun jangan terburu-buru.

Tips mengembangkan bisnis kuliner lainnya adalah menambah variasi produk makanan baru untuk menjangkau target pasar lainnya.

Menarik bukan penjelasan tips bisnis kuliner di atas? Hal lain yang tidak boleh Anda lupakan adalah memberikan pelayanan terbaik. Selamat berbisnis!

Share: