Apa saja tips sukses bisnis laundry kiloan untuk pemula dengan modal kecil dan bagaimana strategi pemasarannya agar dapat dipercaya banyak pelanggan? Simak artikel ini.

Tips bisnis laundry banyak dicari oleh para pelaku usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Rutinitas mencuci dan menyetrika adalah hal yang melelahkan bagi sebagian orang sehingga banyak yang memilih untuk menitipkan pakaiannya ke jasa laundry.

Jika tertarik pada bisnis ini, Anda bisa menjalankan usaha laundry kiloan karena tidak membutuhkan modal yang begitu besar.

Namun Anda perlu memperhatikan tips memulai bisnis laundry kiloan berikut ini agar biaya operasional tidak lebih besar dari keuntungan yang bisa Anda raup.

Baca Juga:  10 Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Viral

Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan

Tips utama bisnis laundry kiloan adalah menentukan lokasi usaha yang dekat dengan target pasar seperti mahasiswa atau pekerja kantoran. Karena keduanya merupakan target pasar potensial yang tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci pakaiannya.

Namun tidak hanya itu, berikut ini 4 tips jitu bisnis laundry lainnya yang perlu Anda lakukan setelah menentukan lokasi usaha:

1. Menentukan harga dan strategi promosi

Cara memulai bisnis laundry bagi pemula selanjutnya adalah menentukan harga dan paket laundry kiloan yang tepat bagi target pasar potensial Anda. Jangan sampai harga per kilogram yang Anda tetapkan terlalu mahal sehingga tidak ada konsumen yang tertarik.

Anda juga bisa membuat promosi menarik saat launching produk maupun momentum hari besar. Memanfaatkan promosi di media sosial adalah cara lain untuk mempromosikan bisnis laundry Anda secara online.

2. Menjamin standar pelayanan agar memuaskan konsumen

Hasil cucian yang bersih, rapih, dan wangi menjadi mutu laundry yang akan membuat konsumen semakin mempercayai jasa Anda. Pelayanan ramah dan tepat waktu menjadi pertimbangan lain yang membuat konsumen semakin puas dengan usaha laundry Anda.

Baca Juga:  5 Tips Sukses Investasi Saham Secara Online

Jangan sampai mutu pelayanan di atas tidak tercapai sehingga Anda bisa saja mengecewakan pelanggan.

3. Merawat pakaian konsumen dengan baik

Ketika konsumen menitipkan pakaiannya kepada Anda untuk dicuci, pelanggan menginginkan agar pakaiannya kembali bersih, rapih, dan wangi. Maka perlakukanlah pakaian pelanggan seperti merawat pakaian terbaik Anda.

Baca Juga:  5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Tanpa Adsense

Setiap pakaian memiliki cara perawatan yang berbeda. Lihatlah label perawatan pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci atau saat disetrika. Jangan sampai pakaian putih menjadi luntur karena Anda ceroboh menggabungkannya dengan pakaian berwarna.

4. Lakukan pembukuan dengan baik dan beri pelanggan bonus

Pembukuan menjadi salah satu hal dokumentasi penting untuk mencatat kebiasaan pelanggan hingga identitas pelanggan. Dari data tersebut, Anda dapat memberikan pelanggan bonus seperti 10 kali mencuci gratis 1 kali cuci dan setrika.

Sama seperti bisnis pada umumnya, evaluasi pelayanan dan strategi marketing adalah hal wajib untuk meningkatkan usaha laundry Anda.

Tips bisnis laundry kiloan di atas bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan pada usaha Anda!

Share: