Memulai usaha sedini mungkin menjadi cara yang tepat untuk menambah penghasilan. Namun sayangnya masih banyak orang yang beranggapan bahwa memulai usaha harus dengan modal besar.

Banyak juga yang beranggapan bahwa modal kecil tidak akan bisa memberikan banyak keuntungan. Namun hal ini bukanlah anggapan yang selalu benar.

Bahkan banyak orang yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuka usaha karena mindset ini. Padahal kita bisa memulai usaha dengan modal sekecil apapun.

Banyak sekali usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan dan bisa menjadi sumber pendapatan utama. Dengan modal di bawah 1 juta, kamu bisa menghasilkan keuntungan layaknya usaha dengan modal banyak.

Hal ini bisa kamu rasakan jika kamu cerdas dalam memilih usaha yang ingin kamu bangun. Tulisan kali ini akan memberikanmu beberapa ide usaha yang hanya membutuhkan modal 1 juta bahkan kurang dari 1 juta.

Ide Bisnis Modal Kecil, Hasil Bombastis

Tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Apalagi sekarang perkembangan teknologi yang sangat pesat, bisa membantumu membuat usaha bahkan tanpa modal.

Teknologi yang semakin canggih bisa membuat siapa pun memulai usaha dari rumah. Bahkan dengan atau tanpa modal.

Jadi anggapan bahwa membuka usaha harus dengan modal besar harus kamu abaikan. Sebab hal ini justru membuat beberapa orang menjadi tidak percaya diri.

Berikut ini beberapa usaha modal kecil apa saja yang bisa kamu coba dengan modal 1 juta bahkan di bawah 1 juta:

1. Bisnis Dropship

Bisnis Dropship

Perkembangan marketplace di Indonesia bisa membuka banyak peluang bisnis dengan modal kecil, salah satunya dengan menjadi dropshipper. Sudah tidak mengherankan lagi bahwa bisnis dropship hanya membutuhkan modal kecil.

Bahkan kamu bisa memulai bisnis ini tanpa modal sedikit pun. Bisnis dropship berarti kamu tidak perlu menyetok barang di rumah kamu.

Selain itu kamu juga tidak perlu memproses pengiriman produk dan juga update stock. Jadi kamu bisa bisnis dropship hanya dengan rebahan dari rumah.

Sistem dalam bisnis ini juga cukup sederhana. Sebab kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual lalu membuat pesanan dan membayarkan uang dari pembeli yang kamu dapatkan ke penjual resmi di marketplace.

Meskipun bisnis dropship ini terdengar sangat mudah, namun kamu tidak bisa menganggapnya sepele. Sebab kamu harus mengetahui spesifikasi barang yang akan kamu jual.

Selain itu kamu juga harus mencari toko supplier yang terpercaya. Carilah supplier yang selalu memberikan update stok barang dan semua barang selalu siap kirim.

 Jangan sampai kamu salah memilih supplier dan membuat pelangganmu kecewa. Bila perlu, kamu membuat perjanjian dengan supplier agar terus memberikan update stock dan membuat toko kamu menjadi prioritas utama bagi mereka untuk pengiriman dan stok barang.

Agar bisa mencari pelanggan, kamu perlu membuat akun media sosial. Kamu bisa mempromosikan dengan digital marketing.

Uang 1 juta yang kamu siapkan untuk bisnis ini bisa untuk membangun website tokomu, membayar iklan dan mempromosikan bisnis kamu agar mendapatkan banyak pelanggan.

2. Jual Kue Kering

Jual Kue Kering

Bisnis kue kering bisa menjadi salah satu usaha modal 1 juta yang bisa kamu bangun. Apalagi jika mendekati bulan Ramadhan maka ini adalah bisnis yang sangat tepat.

Baca Juga:  Ide Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Anda Yang Hoby Berolahraga

Modal 1 juta yang kamu siapkan bisa untuk membeli bahan-bahan roti. Kamu bisa membuat kue kering dengan bahan-bahan premium agar para pelanggan merasa puas dengan produk yang kamu buat.

Jangan lupa untuk mempromosikan usaha kamu dengan cara yang gratis yaitu menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Carilah teman-teman yang biasa membeli kue kering untuk melariskan produkmu.

Usaha kue kering ini bisa dimulai dengan modal yang minim. Dengan catatan, kamu sudah memiliki beberapa perlengkapan membuat kue seperti Hand Mixer, Oven, Loyang Kue dan sebagainya.

Sehingga modal yang kamu siapkan bisa untuk membeli bahan-bahan kue kering yang siap kamu olah. Namun jika diluar bulan Ramadhan, kamu bisa tetap melanjutkan bisnis kamu dengan mencari ide makanan ringan lainnya.

3. Pembuatan Hampers

Pembuatan Hampers

Ide bisnis pembuatan hampers juga menjadi salah satu yang bisa kamu coba. Bisnis ini mirip seperti usaha kue kering yang bisa sangat menguntungkan khususnya di bulan Ramadhan atau mendekati Natal.

Tapi bisnis hampers ini juga bisa bertahan lama jika kamu pintar memutar otak. Kamu bisa membuat hampers khusus kue kering atau hampers perlengkapan sholat di bulan Ramadhan.

Sedangkan saat hari raya Natal, kamu bisa membuat hampers berisi kue kering yang dihias dengan ornament pohon natal. Jika di hari biasa, kamu bebas membuat hampers berisi apapun.

Gunakan sistem pre-order untuk pembuatan hampers. Kamu juga bisa membuat katalog hampers yang sudah pernah kamu buat.

Buatlah katalog produk hampers yang sangat menarik sehingga banyak orang ingin memesan hampers kamu. Jangan lupa juga buatlah hampers yang harganya terjangkau serta isinya sangat menarik.

Sistem pre-order ini juga bisa membuat konsumen kamu untuk memilih sendiri isi hampers yang akan dibuat. Tentu saja usaha ini tidak membutuhkan banyak modal tapi hasilnya bisa langsung kamu rasakan.

4. Frozen Food

Frozen Food

Siapa yang tidak suka frozen food? Dari anak-anak sampai orang dewasa juga menyukai makanan ini. Usaha frozen food rupanya tidak membutuhkan modal yang besar.

Kamu bisa menyediakan modal pas-pasan untuk memulai menjual frozen food. Kamu bisa menggunakan kulkas seadanya di rumah kamu untuk menyimpan makanan beku ini.

Tidak hanya frozen food seperti nugget, sosis dan lainnya. Namun kamu bisa mulai menjual dimsum frozen, ayam ungkep frozen dan sebagainya.

Usaha frozen food ini tidak membutuhkan modal lebih dari 1 juta. Kecuali kamu berkeinginan membeli freezer khusus yang harganya bisa mencapai lebih dari 1 juta.

Agar mengurangi besarnya modal, kamu bisa mengatasinya dengan memberi freezer second dengan harga yang lebih murah namun kualitasnya masih sangat bagus.

Resiko menjual makanan beku juga minim untuk mengalami kerugian. Karena makanan beku ini tidak mudah basi dan telah dikemas khusus agar bisa tahan lama.

5. Catering Harian

Catering Harian

Bisnis catering rupanya tidak harus dengan modal banyak, kamu juga bisa memulainya dengan catering harian. Berbeda dengan catering partai besar seperti wedding, kamu bisa membuat catering harian dengan target anak kos, anak sekolah dan karyawan.

Catering harian ini termasuk usaha dengan modal di bawah 1 juta. Kamu bisa membuat makanan harian seperti nasi, ayam, telur dan sayur-sayuran.

Sebenarnya bisnis ini mirip dengan warung nasi, namun kamu mengemasnya menjadi lebih modern. Untuk catering harian, kamu bisa menggunakan kotak bekal.

Baca Juga:  8 Peluang Usaha Rumahan Paling Menjanjikan

Untuk mempromosikan bisnis catering harian, kamu bisa membuat brosur dan sebarkan ke sekolah, kampus, kos-kosan dan kantor. Buatlah harga catering per hari atau per minggu untuk berlangganan.

Biasanya catering harian ini sangat memudahkan karyawan, anak kos dan mahasiswa untuk makan sehari-hari. Apalagi bagi mereka yang sibuk bekerja, maka catering harian ini sangat membantu.

Jangan lupa berikan layanan antar gratis catering harian agar banyak orang yang tertarik membeli catering harian kamu.

6. Jual Makanan Ringan

Jual Makanan Ringan

Usaha modal 1 juta lain yang bisa kamu coba adalah menjual makanan ringan. Kamu bisa menjual makanan ringan di toko online atau kamu membuat warung kecil di depan sekolahan.

Mengingat saat ini anak-anak sudah kembali ke sekolah, kamu bisa mulai menjual jajanan di depan sekolah. Misalnya kamu menjual frozen food bakar dengan harga mulai dari 3 ribuan saja.

Modal yang kamu keluarkan cukup membeli kompor pembakaran kecil dengan harga sekitar 500 ribuan saja. Setelah itu sisanya kamu bisa membeli frozen food seperti nugget, sosis, otak-otak dan sejenisnya.

Buatlah jajanan bakaran frozen food ini fresh dibuat agar anak-anak ketagihan membelinya. Kamu juga bisa mempromosikan usaha frozen food bakar ini melalui media sosial kamu agar banyak orang kenal bisnis barumu.

Usaha frozen food bakar di depan sekolah ini menjadi salah satu usaha yang menguntungkan. Apalagi jika kamu menjualnya dengan harga murah dan rasanya enak.

Pasti tidak hanya anak sekolah yang membeli, tapi banyak orang lain juga yang ingin mencobanya.

7. Jual Sarapan di depan Rumah

Jual Sarapan di depan Rumah

Buat kamu yang hobi masak, rasanya kamu perlu membuat bakatmu bisa menghasilkan. Salah satu caranya adalah dengan menjual sarapan di depan rumah.

Kamu bisa menjual nasi uduk, soto, nasi kuning, sayur-sayuran atau opor ayam. Bukalah usaha jual sarapan yang ringan dan harganya murah.

Hal ini akan membuat banyak orang tertarik dan membeli sayuran yang kamu jual. Apalagi jika hasil masakanmu enak, maka tak heran banyak orang yang akan berdatangan ke rumahmu.

Jual sarapan ini juga tidak memakan banyak modal dan waktu. Sebab kamu bisa mempersiapkannya dari malam hari.

Buatlah batasan warungmu buka hingga pukul 9 pagi. Cara ini juga berhasil membuat banyak orang akhirnya berlangganan dan mencari warungmu khususnya untuk membeli sarapan.

8. Usaha Aksesoris Handmade

Usaha Aksesoris Handmade

Usaha aksesoris handmade atau pernak-pernik ini juga bisa mendatangkan banyak keuntungan, padahal modalnya terhitung sangat kecil. Apalagi saat ini banyak sekali ide aksesoris yang bisa kamu buat sendiri.

Kamu bisa menjual perhiasan, aksesoris rambut dan juga aksesoris masker. Apalagi saat ini tali masker juga menjadi kebutuhan setiap orang.

Kamu bisa membuat aksesoris dengan kreativitasmu. Jangan lupa untuk menjual dengan harga terjangkau agar banyak orang tertarik dan membeli produk yang kamu jual.

9. Terima Pesanan Kue

Terima Pesanan Kue

Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang hobi membuat kue dan menghias kue. Kamu bisa memulai membuat usaha terima pesanan kue, dessert box, tart dan sebagainya.

Usaha ini bisa dijadikan usaha sampingan apalagi jika kamu membuat usaha kue kering di bulan Ramadhan. Maka kamu bisa mencari ide lainnya seperti menerima pesanan kue.

Tidak ada orang yang tidak suka dengan makanan-makanan manis. Jadi buatlah bakat kamu membuat kue menjadi lebih menghasilkan. Jangan khawatir modal yang kamu keluarkan akan sangat besar.

Sebab untuk usaha pesanan kue ini, kamu hanya cukup mengeluarkan modal 1 juta saja. Apalagi jika kamu sudah memiliki perlengkapan pembuatan kue.

Baca Juga:  Ide dan Tips Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan

10. Usaha Jus Buah

Usaha Jus Buah

Ide bisnis rumahan yang satu ini juga menjadi salah satu usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba. Selain menyehatkan, usaha jus buah ini juga memberikan keuntungan yang cukup besar.

Modal 1 juta yang kamu keluarkan bisa untuk membeli blender, tempat buah, gelas, sedotan dan lainnya. Apalagi jika kamu sudah memiliki blender dirumah, maka kamu tinggal mencari perlengkapan lain yang dibutuhkan.

Kamu juga bisa mencari supplier buah di pasar yang selalu menyediakan buah segar dan harganya murah. Kamu bisa berlangganan dengan supplier buah terbaik yang kualitasnya bagus.

Jangan sampai salah memilih supplier buah yang memberikan buah kualitas jelek dan harganya tergolong mahal. Jangan tergiur juga dengan buah yang murah tapi ternyata tidak manis.

Banyak orang yang akan membeli jus buah buatanmu apalagi jika kamu menggunakan pemanis alami. Pastinya orang-orang akan berlangganan ke toko kamu untuk membeli jus.

Pastikan juga semua buah yang kamu beli sudah dicuci bersih. Buatlah dagangan yang bersih dan selalu cuci blender setelah digunakan.

Belilah tempat buah yang tertutup dan hindari dari sinar matahari agar buah tidak cepat busuk. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membeli buah dalam jumlah yang terbatas saja.

Hal ini untuk menghindari buah yang membusuk dan akhirnya tidak bisa dipakai untuk dijual.

11. Usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi

Jika kamu punya rumah yang letaknya strategis di pinggir jalan raya, cobalah membuat usaha warung kopi. Kamu bisa membuat satu petak warung yang sempit namun memiliki tempat duduk.

Buatlah warung kopi yang lengkap dan murah. Sediakan juga beberapa makanan ringan seperti mie instan dan camilan lainnya.

Maksimalkan space tersisa di depan rumahmu untuk menjadi lahan usaha. Kamu hanya akan mengeluarkan modal untuk membeli kopi dan pembuatan warung yang kecil.

Kamu juga perlu menyiapkan hal lain seperti gelas, termos air panas, kursi-kursi untuk bersantai dan sebagainya. Pastikan kamu menjual kopi dengan harga yang murah agar banyak orang datang ke tempatmu.

12. Jasa Cuci Helm dan Sepatu

Jasa Cuci Helm dan Sepatu

Jasa cuci helm dan sepatu bisa menjadi salah satu usaha dengan modal kecil yang kamu coba. Modal yang kamu butuhkan hanyalah sikat, mesin pengering, parfume dan lainnya.

Untuk jasa cuci sepatu, kamu juga perlu menyiapkan cairan pembersih khusus yang tidak akan membuat warna sepatu menjadi luntur. Pastikan kamu menggunakan sabun khusus untuk mencuci sepatu dan helm.

Untuk pengeringnya, kamu bisa menggunakan mesin pengering atau dijemur di bawah sinar matahari. Jadi kamu tidak akan mengeluarkan banyak modal untuk usaha yang satu ini.

Kamu bisa mempromosikan usaha jasa cuci sepatu dan helm ini pada mahasiswa atau karyawan. Biasanya mereka yang terlalu sibuk bekerja, tidak akan memiliki waktu untuk mencuci sepatu dan helm.

Jangan lupa semprotkan parfum agar helm wangi dan pelanggan akan puas dengan pelayananmu. Jangan lupa juga siapkan pengemasan plastic yang rapi untuk sepatu pelangganmu.

Itulah beberapa usaha modal 1 juta yang bisa kamu coba. Semua ide bisnis diatas bisa kamu coba kapan saja dan bisa memberikanmu banyak keuntungan.

Jangan rendah diri dan tidak percaya diri bahwa usaha modal kecil juga bisa menghasilkan banyak keuntungan. Asalkan ada kemauan, kamu bisa membangun usaha dan menghasilkan banyak uang.

Share: