Usaha modal 10 juta merupakan keinginan beberapa orang yang gemar terjun ke dalam dunia bisnis. Banyak orang yang menyukai dunia kewirausahaan karena mampu memberikan banyak keuntungan. Jiwa kewirausahaan orang-orang bisa dibentuk dengan melakukan bisnis sesuai dengan kemampuan masing-masing orang. Pada umumnya, para wirausahawan muda harus berani memulai usaha bisnis yang sudah dipelajarinya dengan berbagai pengalaman yang sudah dimiliki.

Anda bisa mendalami berbagai jenis usaha modal 10 juta, bahkan lebih dari satu dengan perencanaan matang dan strategi yang mumpuni. Sebelum memulai usaha, pastikan anda sudah belajar beberapa teknik dan mulailah dari modal yang tidak terlalu besar. Apabila anda tertarik membuka usaha, anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Artikel ini akan membahas mengenai usaha modal 10 juta yang tepat dan bisa anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Bisnis Usaha Modal 10 Juta

Sebelum anda memutuskan memilih jenis usaha modal 10 juta yang akan anda jalankan, anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang bisa mempengaruhi kondisi usaha anda selanjutnya. Berikut ini bisa anda gunakan sebagai referensi pertimbangan yang membantu anda memutuskan bidang bisnis yang cocok untuk anda.

1. Ketahui plus minus tempat dimana anda akan mendirikan usaha

Anda bisa mencari tahu apa saja kelemahan dan keuntungan tempat anda mendirikan usaha. Apabila anda tinggal di kampung biasanya tidak memiliki banyak penduduk dan akses fasilitas umum, namun memiliki alam yang masih asri dan segar. Sementara di perkotaan, banyak penduduk dan dekat dengan akses fasilitas publik yang bisa anda manfaatkan dengan baik untuk mengembangkan bisnis anda.

2. Tentukan produk yang sesuai

Anda juga bisa menentukan produk yang bisa anda jual di tempat anda. Sebelumnya, anda bisa menggunakan riset di lapangan atau literatur. Anda bisa mendapatkan informasi-informasi terkait dari internet atau dari pengalaman orang-orang yang sudah bergelut di dalam suatu bidang usaha.

Informasi tersebut juga bisa anda jadikan sebagai pelajaran untuk menghindari gulung tikar di awal anda merintis usaha. Dengan memahami suatu bisnis, anda akan terhindar dari kerugian dan mendapatkan solusi atas permasalahan-permasalahan yang akan anda dapatkan di kemudian hari.

3. Sumber modal

Sumber modal atau pendanaan sangat penting untuk anda pelajari. Setelah mendapatkan ide untuk mendirikan jenis usaha, anda harus melakukan perhitungan-perhitungan modal dan hal-hal yang harus disiapkan. Perlu diingat, apabila anda masih awal merintis usaha, anda bisa bergerak dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Modal ini harus anda gunakan dengan bijak agar bisa berkembang menjadi keuntungan yang besar.

4. Tentukan target pasar usaha anda

Anda harus mengerti siapa target pasar atau konsumen anda. Dengan begitu, anda bisa mengetahui jenis promosi, strategi penjualan, dan cara penjabaran produk yang akan anda tawarkan. Anda bisa menyesuaikan promosi yang sesuai dengan umur dan pemikiran dari target pasar anda.

5. Mempelajari strategi kompetitor

Selama merintis bisnis, pastinya akan ada kompetitor yang juga memiliki bidang usaha yang sama dengan anda. Sebaiknya anda lebih memperhatikan langkah-langkah yang diambil oleh kompetitor untuk mempersiapkan langkah anda selanjutnya. Anda bisa mencari data dari kompetitor dengan cara mengecek dari media sosial, mencari tahu dari internet, atau menghadiri seminar-seminar kewirausahaan yang dibuat.

Baca Juga:  Usaha Modal 100 Juta yang Harus Anda Coba!

Usaha Modal 10 Juta Di Kampung

Apabila anda ingin melakukan usaha di kampung, sebaiknya anda mengecek dan mempertimbangan berbagai kesempatan yang mungkin bisa anda jadikan sebagai sumber keuntungan. Jika anda bingung usaha modal 10 juta apa, berikut ini adalah jenis usaha modal 10 juta yang bisa anda pilih untuk melakukan usaha di kampung:

1. Budidaya ikan lele

Pilihan bisnis modal 10 juta di desa pertama yang bisa anda lakukan di kampung adalah budidaya ikan lele. Di kampung, biasanya masih tersedia lahan yang cukup luas sehingga usaha ini sangat potensial anda kembangkan. Modal yang anda butuhkan untuk membuka budidaya lele tidak begitu besar, modal 10 juta sangat cukup untuk membuka usaha budidaya lele dan mampu menghasilkan keuntungan yang berkali lipat.

Lele merupakan makanan kesukaan sebagian besar orang karena memiliki rasa yang gurih dan harga yang terjangkau. Lele merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi orang-orang dan sangat identik dengan warung pecel lele yang memiliki permintaan ikan lele sangat tinggi. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh keuntungan dari bisnis yang anda jalankan.

Saat melakukan budidaya ikan lele, anda bisa memilih fokus dalam pembibitan atau langsung ke tahap pembesaran hingga panennya. Kedua usaha tersebut memiliki tingkat pengerjaan, teknik, dan keuntungan yang berbeda-beda. Namun, anda juga bisa melakukan keduanya yakni melakukan pembibitan sekaligus pembesaran sampai panen ikan lele.

2. Beternak ayam

Selain lele, ayam juga merupakan bahan makanan yang sangat disukai oleh orang-orang. Ayam sebagai sumber protein hewani yang disukai oleh hampir seluruh orang karena memiliki rasa yang enak, mudah diolah, dan gurih. Di kampung, beternak ayam bisa dilakukan dengan mudah karena sebagian besar fasilitas sudah tersedia.

Modal 10 juta sangat sesuai untuk memulai bisnis ini karena perawatan dan pakan ayam tidak terlalu besar. Dengan melakukan peternakan ayam, anda bisa mendapatkan keuntungan ganda dari telur dan dari ayam pedaging. Anda bisa memilih untuk memfokuskan usaha anda ke salah satu bagian atau keduanya untuk menambah keuntungan anda.

Anda juga bisa memilih jenis ayam yang akan diternakkan. Anda bisa menggali berbagai informasi mengenai cara budidaya jenis ayam tersebut yang pastinya memiliki perbedaan-perbedaan mendasar mengenai habitat dan nutrisi yang diperlukan. Setelah itu, anda bisa mencari tahu penjual ayam yang bisa anda beli untuk memulai usaha anda dalam beternak ayam.

Permintaan ayam dan telur yang tinggi menjadi kesempatan anda dalam mendapatkan untung yang berkali-kali lipat. Sebelum memulai usaha ini, anda harus mempersiapkan kandang untuk tempat ayam-ayam agar mudah dirawat. Anda bisa menggunakan fasilitas seperti kayu dan bambu yang biasanya banyak tersedia di kampung.

3. Warung sembako

Pilihan usaha modal 10 juta lainnya adalah warung sembako. Sembako merupakan kebutuhan oleh semua orang dimanapun, baik di perkotaan maupun perkampungan. Modal 10 juta untuk membuka usaha warung sembako di kampung sudah cukup karena biasanya orang-orang yang tinggal di kampung tidak terlalu banyak sehingga anda tidak perlu membeli kebutuhan-kebutuhan pokok dalam jumlah yang sangat besar.

Jarak tempuh dari kampung ke desa biasanya cukup jauh sehingga masyarakat di sana sulit mengakses kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan mendirikan warung sembako. Anda bisa berbelanja ke pasar induk atau pasar tradisional dan menjualnya di warung sembako anda.

4. Usaha penginapan

Usaha ini merupakan salah satu hal menarik yang bisa anda coba. Keindahan alam dan cuaca yang segar seringkali menjadi daya tarik wilayah pedesaan. Orang-orang yang tinggal di kota biasanya bosan dengan hiruk-pikuk yang terjadi sehingga mencari tempat liburan yang segar dan asri. Hal ini bisa anda gunakan menjadi peluang yang optimal dalam mencari keuntungan dengan membuka usaha penginapan yang minimalis.

Baca Juga:  5 Teknik Closing Yang Ampuh Meyakinkan Konsumen

Dengan modal 10 juta, anda bisa membuka usaha perkemahan yang menyajikan keindahan alam yang sangat menyegarkan. Selain itu, anda juga bisa memadukannya dengan usaha katering untuk orang-orang yang datang tanpa membawa makanan. Dengan begitu, keuntungan anda bisa bertambah dengan cepat.

Usaha Modal 10 Jutaan Terbaik Di Perkotaan

Apabila anda tinggal di perkotaan dan ingin membuka usaha yang menghasilkan keuntungan, anda bisa mencoba mencoba usaha dengan modal minim ini. Sebelumnya, anda harus mencari tahu hal-hal yang menjadi kelebihan jika anda tinggal di perkotaan seperti banyaknya orang yang menjadi target, kemudahan akses memperoleh fasilitas usaha, dan lan-lain. SImak rekomendasi usaha yang cocok di perkotaan berikut ini:

1. Laundry Kiloan

Usaha pertama yang bisa dilakukan dengan modal 10 juta adalah laundry kiloan. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena berpotensi digunakan oleh banyak orang-orang di kota. Kebanyakan orang di kota sibuk kerja dan tidak memiliki waktu untuk mencuci baju atau sepatu, sehingga seringkali menggunakan jasa laundry kiloan.

Anda hanya memerlukan mesin cuci dan tempat yang relatif tidak terlalu luas untuk memulai usaha tersebut. Menariknya, anda bisa menjadikan usaha ini untuk passive income dan mempekerjakan karyawan lain untuk menambah keuntungan yang bisa anda dapatkan. Modal yang anda keluarkan dalam membuka bisnis ini bisa kembali dalam beberapa bulan saja, apalagi jika laundry anda terkenal dan digunakan oleh banyak orang, maka tidak butuh waktu lama uang anda akan bertambah berkali-kali lipat.

2. Bisnis Thrift Shop

Anda bisa menjual barang-barang bekas anda yang masih layak digunakan. Anda juga bisa membeli dari penjual barang bekas dalam jumlah yang besar. Setelah itu, anda bisa bersihkan dan cuci baju atau sepatu bekas lalu pasarkan melalui media sosial atau bisa langsung anda pajang di toko yang anda miliki.

Banyak orang yang tertarik membeli barang-barang thrift karena harganya cukup murah dan anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Apabila anda sudah memiliki pelanggan, maka anda akan dengan mudah menjual barang-barang thrift anda tentunya dengan kualitas yang masih bagus dan harga yang terjangkau.

3. Warkop

Usaha warkop yang dilakukan di perkotaan bisa digunakan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Dengan modal 10 juta, anda bisa membuat tempat minum kopi yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi oleh orang-orang. Anda bisa menggunakan desain yang unik seperti tema minimalis, modern, atau alam dengan menggunakan ornamen-ornamen pendukung.

Anda juga bisa mempertimbangkan warung kopi yang instagramable. Dengan begitu, anda bisa menarik para anak muda yang suka memposting di sosial medianya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan promosi gratis ketika di posting yang akan menarik orang lain untuk mendatangi warung kopi anda.

4. Catering rumahan

Bisnis catering rumahan ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang berada di wilayah perkotaan. Kebanyakan orang kota sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk memasak dan menyiapkan makanan untuk dirinya sendiri. Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat usaha menyiapkan makanan untuk mereka.

Bisnis katering ini berhasil mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan modal 10 juta dan bisa dikerjakan dari rumah, anda bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Namun, saat memulai bisnis ini, pastikan masakan yang anda jual memiliki rasa yang enak agar para pelanggan anda tetap setia untuk memesan makanan yang anda sediakan.

Selain dari segi rasa, anda juga harus mempertimbangkan packaging dari masakan anda. Sebaiknya anda mempertimbangkan kepraktisan, kenyamanan, dan harga yang anda pasang dalam menentukan packaging yang anda pilih. Jangan sampai makanan anda sulit untuk dinikmati karena packaging yang sulit dibuka dan cukup merepotkan.

Baca Juga:  Usaha Modal 1 Juta Kebawah Ternyata Beragam Jenisnya Lho

5. Membuka usaha franchise

Dengan usaha modal 10 juta, anda bisa mendirikan usaha waralaba yang murah dan populer di kalangan masyarakat. Dengan membeli franchise, anda bisa melakukan usaha dengan mudah karena seluruh konsep dan branding produk diurus oleh pemilik franchise. Sebaiknya anda membeli franchise yang sudah terkenal dan memiliki banyak konsumen untuk mempermudah anda mendapatkan keuntungan.

Franchise yang sudah terkenal pasti akan membawa dampak positif terhadap penjualan produk tersebut. Sebelum memutuskan membeli suatu franchise, pastikan anda sudah menggali banyak informasi mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan, harga, kualitas, dan produk yang disediakan. Bisnis ini merupakan usaha Modal 10 Juta 2022 yang memiliki banyak peminat dan biasanya bergerak di bidang makanan dan minuman yang sering dicari oleh orang banyak.

Penyebab Usaha Modal 10 Juta Gagal

Suatu bidang usaha pastinya akan mengalami fase naik turun karena beberapa aspek. Sebaiknya anda harus berhati-hati dalam mengambil keputusan dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi. Berikut ini faktor-faktor yang biasanya menjadi penyebab bisnis anda gagal:

1. Tantangan keuangan

Suatu bisnis seringkali mengalami tantangan finansial berupa kekurangan dana atau modal untuk mengembangkan usaha. Usaha modal 10 juta untung besar bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena modal yang digunakan tidak begitu besar sehingga anda bisa menghindari risiko yang bisa terjadi kapan saja.

2. Manajemen yang berantakan

Manajemen yang berantakan akan menyebabkan ketidakselarasan antara harapan dan kegiatan dalam bidang usaha. Pemilik bisnis seharusnya bisa mengatur bisnisnya dengan baik agar berjalan dengan teratur dengan sistem yang baik.

3. Perencanaan dan strategi yang salah

Seperti dibahas sebelumnya, strategi harus dirancang dengan matang untuk menghindari jebakan-jebakan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Dalam hal ini, anda harus mengetahui segala seluk beluk usaha anda untuk menciptakan langkah-langkah yang bisa memajukan usaha bisnis anda.

4. Promosi yang tidak berjalan dengan baik

Promosi merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mendapatkan banyak konsumen. Promosi yang gagal bisa menyebabkan produk yang anda jual tidak laku di pasaran yang menyebabkan anda mengalami kerugian yang besar. Anda harus memperhitungkan berbagai hal yang bisa menggapai konsumen untuk membeli produk yang anda miliki.

Sifat Dasar yang Harus Anda Miliki Sebagai Pebisnis

Ketika anda memutuskan menjadi seorang wirausaha pemilik usaha modal 10 juta, pastikan anda memiliki sifat-sifat yang berguna untuk menunjang perjalanan usaha anda. Sikap-sikap yang bisa bisa anda kembangkan demi usaha yang baik, antara lain:

1. Memiliki jiwa kepemimpinan

Sebagai seorang wirausahawan, anda akan berperan sebagai pemimpin yang harus bisa memimpin diri sendiri dan karyawan anda. Apabila anda bisa melakukannya, maka koordinasi dan strategi perusahaan anda bisa berjalan dengan baik, sehingga usaha anda bisa berkembang.

2. Bisa mengambil keputusan dengan tepat

Anda juga harus mengambil keputusan dengan tepat dan bijak. Apabila bidang usaha anda membutuhkan keputusan yang cepat saat menentukan keadaan usaha anda selanjutnya.

3. Cepat beradaptasi terhadap macam perubahan

Dunia usaha yang terus bergulir harus anda tanggapi dengan cepat. Anda dituntut untuk bisa mengimbangi banyak perubahan yang akan terjadi.

4. Visioner

Sebagai penggiat usaha dalam dunia bisnis, anda bisa harus memiliki pandangan kedepannya. Pandangan ke depan ini harus diseimbangi dengan perencanaan yang matang dan anda juga harus bisa memprediksikan kondisi perusahaan anda selanjutnya.

5. Memiliki sifat tahan banting

Kegiatan usaha tidak selamanya berjalan dengan baik. Terkadang ada masa bisnis anda turun dan naik. Namun, anda harus tetap bangkit untuk meningkatkan usaha yang akan anda jalankan. Ketika anda mudah menyerah, maka usaha anda tidak akan pernah berkembang dan mendapat keuntungan dari semua bisnis yang akan anda gunakan.

Share: