Usaha Pecel lele – Akhir-akhir ini pemerintah mulai menggalakkan program wirausaha bagi masyarakat. Banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia merupakan salah satu penyebab pemerintah membentuk program ini. Menurut pemerintah, dengan menjadi wirausahawan kita akan bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia dan membentuk peluang kerja baru di Indonesia.

Oleh karenanya banyak masyarakat yang mulai membuka usaha kecil-kecilan seperti membuka warung makan. Salah satunya adalah usaha Pecel lele dimana usaha ini memiliki peluang yang cukup besar di Indonesia. Sebagai salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, makanan ini juga cukup ramah di kantong dan membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar.

Prospek Usaha Pecel Lele

Prospek usaha Pecel lele bisa dibilang cukup baik di Indonesia. Sebagai salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dan merupakan makanan yang simpel usaha ini pastinya perlu dipertimbangkan. Selain itu, pecel lele juga cukup mudah dibuat, bahkan bahan-bahan yang diperlukan juga cukup mudah didapatkan.

Dengan membuka usaha di lokasi yang strategis, maka sangat mungkin usaha anda akan menjadi salah satu usaha yang berhasil dan sukses. Terlebih lagi saat ini wisata kuliner adalah suatu hal yang banyak digemari oleh masyarakat. Usaha ini bisa dibilang memiliki prospek yang berkepanjangan karena merupakan usaha makanan lokal daerah yang pasti akan selalu dicari masyarakat.

Namun meski begitu, sebelum membuka usaha pastikan anda sudah membuat pertimbangan yang matang. Perhatikan kemungkinan- kemungkinan yang ada bahkan sekecil apapun. Lakukan perhitungan yang tepat baik untuk modal usaha, hingga keuntungan yang akan didapatkan.

Baca Juga:  5 Tips Jitu Menjalankan Bisnis Properti Agar Sukses

Modal Untuk Usaha Pecel Lele

Untuk usaha awal apabila anda tidak memiliki tempat, sebaiknya bukalah warung dengan konsep kaki lima atau apabila anda memiliki rumah di dekat jalan raya yang kiranya strategi anda bisa memanfaatkan teras rumah anda tersebut. Pastikan memiliki tempat yang strategis untuk membuka usaha anda. Berikut akan saya berikan rincian kira-kira berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pecel lele.

1. Rincian Untuk Modal dan Keuntungan

Untuk pembukaan awal usaha, anda pastinya akan membutuhkan beberapa peralatan masak dan perlengkapan untuk jualan serta alat makan. Rincian ini adalah rincian perkiraan awal usaha yang akan anda butuhkan dalam awal pembukaan.

• Gerobak dan Etalase Usaha Pecel Lele            = Rp 2.500.000

• Terpal sebagai penutup tenda           = Rp 250.000

• Perlengkapan makan dan alat masak           = Rp 700.000

• Magicom sedang = Rp 320.000

• Spanduk untuk pecel lele ukuran 5 x 2 meter           = Rp 150.000

• bangku atau Meja-kursi           = Rp 2.000.000

• Ember Plastik untuk tempat cuci tangan           = Rp 40.000

• Perlengkapan Lainnya =           Rp 500.000

Berdasarkan rincian tersebut, perkiraan biaya yang akan digunakan untuk membuka usaha anda sekitar Rp.6.460.000. Tapi harga ini juga bisa berbeda pada setiap daerah, mungkin harga peralatan bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal. Sehingga anda juga harus menyiapkan uang lebihan atau uang darurat sebagai cadangan.

Setelah itu, anda perlu memperkirakan harga jual untuk usaha pecel lele anda agar mendapatkan keuntungan. Pastikan anda memperkirakan harga tersebut dengan benar agar tidak mengalami kerugian. Misalnya untuk satu porsi pecel lele anda bisa menjual dengan harga Rp.20 ribu kemudian lakukan perhitungan untuk pendapatan dan bandingkan dengan biaya operasional yang dilakukan.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil Yang Sedang Hits Saat Ini

2. Biaya operasional yang dibutuhkan

Untuk biaya operasional, lakukan perhitungan untuk perbulan agar lebih memudahkan anda dalam menghitung.

• Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam satu bulan            = Rp 14.800.000

• Gas (30 Hari) = Rp 500.000

• Sewa Tempat. = Rp 600.000

• Gaji Karyawan = Rp 1.000.000

• Air dan Listrik = Rp 400.000

Untuk total keseluruhan biaya operasional adalah sekitar Rp 17.300.000. Untuk biaya operasional ini akan lebih tergantung kepada bagaimana anda menjalankan usaha pecel lele anda. Mungkin biaya yang anda butuhkan akan lebih sedikit dari pada yang diatas karena anda tidak membutuhkan karyawan ataupun uang sewa tempat. Dengan biaya operasional ini anda bisa menghitung untuk harga jual dan mendapatkan keuntungan.

3. Perkiraan keuntungan yang didapat

Untuk total keuntungan biasanya tidak tetap karena bergantung dengan jumlah pelanggan dan juga kebutuhan lainnya. Berikut perkiraan keuntungan yang bisa anda dapatkan perbulannya.

keuntungan = Pendapatan perbulan – Biaya Operasional

Kira-kira itulah keuntungan yang bisa anda dapatkan setiap bulan selama penjualan.

Tips Berjualan Pecel Lele

Berikut adalah beberapa tips dan juga hal yang perlu anda perhatikan saat membuka usaha pecel lele. Hal-hal ini berkaitan dengan tips untuk berjualan anda agar bisa mendapatkan banyak pelanggan. Tips yang bisa anda gunakan untuk berjualan pecel lele adalah sebagai berikut :

Baca Juga:  5 Cara Beriklan di Facebook Untuk Meningkatkan Penjualan

1. Perhatikan Lokasi Usaha

Sebelum membuka usaha pastikan anda sudah melakukan survei tentang tempat yang akan anda gunakan. Pastikan tempat tersebut strategis dan memiliki potensi yang baik untuk melakukan usaha. Selain itu pasti jika tempat anda berada di lokasi yang banyak dilewati oleh orang dan memiliki suasana yang bagus. Suasana ini termasuk dengan kondisi tempat yang bersih dan berada di lingkungan yang baik sehingga para pembeli yang datang ke usaha anda akan merasa nyaman.

2. Kebersihan Tempat

Seperti yang dibahas sebelumnya, kebersihan tempat juga merupakan salah satu faktor yang penting. Dengan tempat yang bersih, maka para pelanggan pun akan merasa lebih nyaman berada di tempat tersebut. Dengan begitu, akan ada kemungkinan pelanggan tersebut kembali lagi ke tempat jualan anda.

3. Rasa dan Harga

Dalam hal makanan, rasa dan harga merupakan suatu poin utama. Dengan rasa yang nikmat dan harga yang ramah dikantong pastilah akan membuat banyak orang tertarik dengan jualan anda. Dengan kualitas yang bagus serta harga yang cukup pasti akan membuat banyak orang menjadikan jualan anda sebagai tempat favorit. Dengan hal ini pula akan banyak orang yang merekomendasikan tempat anda sehingga akan lebih dikenal banyak orang.

4. Waktu Berjualan Pecel Lele

Waktu adalah hal yang penting, pastikan anda memiliki jadwal tetap untuk berjualan dengan durasi yang cukup, sehingga pelanggan tidak akan bingung saat akan membeli.

Share: