Usaha sosis bakar memang merupakan peluang yang bagus akhir-akhir ini. Banyaknya penjual sosis bakar berbagai varian membuktikan bahwa peluang usaha yang dimiliki usaha ini cukup bagus, Usaha ini bukan hanya populer dengan rasanya yang lezat tetapi juga kandungan gizi yang ada didalamnya yaitu seperti protein dan juga beberapa vitamin. Makanan yang satu ini juga banyak digemari oleh para generasi milenial dan memiliki peluang yang cukup bagus di masyarakat.

Berjualan sosis bakar juga dianggap sebagai peluang yang bagus serta menguntungkan. Hal ini dikarenakan modal yang digunakan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Meski begitu, keuntungan yang didapat dari penjualan sosis bakar juga cukup besar, berikut adalah perkiraan modal yang dibutuhkan untuk berjualan sosis bakar.

Perkiraan modal awal Usaha Sosis Bakar

Untuk perkiraan awal usaha sosis bakar ini juga akan tergantung pada tempat masing-masing. Untuk bahan biasanya akan berbeda di setiap daerah, sehingga pastikan anda juga punya biaya darurat apabila terjadi penambahan modal yang tidak terduga. Perkiraan modal ini mulai dari peralatan, biaya operasional, bahan baku, hingga kemungkinan lainnya. Berikut adalah rinciannya :

• Biaya untuk peralatan lengkap = Rp2.700.000

(Biaya ini berupa gerobak atau tenda untuk jualan, alat panggang, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan)

• Biaya Bahan baku = Rp2.000.000

(Biaya ini dihitung dalam waktu 1 bulan, bahan yang dimaksud mulai dari bahan pokok hingga bahan lain untuk tambahan)

Baca Juga:  5 Tips Berinvestasi Tanah Agar Untung Besar

• Biaya Operasional = Rp1.800.000

(Biaya ini berupa biaya untuk gas, listrik, air, hingga gaji pegawai apabila ada)

• Biaya tambahan = Rp60.000

(Biaya tambahan ini digunakan untuk biaya keperluan yang dibutuhkan tetapi tidak tetap dan bisa berubah seperti tusuk sate, plastik, mika, juga Staples)

Total biaya yang dibutuhkan dari rincian di atas adalah sekitar Rp3.860.000 tetapi tanpa memasukkan biaya peralatan karena peralatan akan masuk ke modal awal. Sehingga total tersebut adalah untuk biaya bulanan atau pengoperasian tetap. Sedangkan untuk keuntungan bisa anda hitung dengan biaya yang dikeluarkan dibandingkan dengan perkiraan pendapatan.

Tentukan dulu harga jual untuk setiap satu sosis bakar, harga ini juga tergantung pada varian apa yang dipilih. Pastikan harga ini juga tidak terlalu mepet dengan biaya yang dibutuhkan sehingga anda akan mendapatkan untung. Berikut adalah cara menghitung perkiraan keuntungan dari usaha sosis bakar.

Perkiraan pendapat per bulan

Apabila Satu sosis bakar dijual dengan harga Rp.10.000 maka apabila terdapat 25 sosis terjual dalam sehari, maka anda akan mendapatkan pemasukan sebesar Rp. 250.000 dalam satu hari

Untuk menghitung pemasukan per bulan maka kalikan penghasilan perhari tersebut dengan satu bulan =

Rp250.000 x 30 hari              = Rp7.500.000

Keuntungan per bulan =

Total pendapatan – Biaya operasional

=Rp7.500.000 – Rp3.860.000               

=Rp3.640.000

Keuntungan ini juga bisa bertambah ataupun berkurang tergantung dengan jumlah penjualan yang terjadi pada setiap harinya.

Tips Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Usaha Sosis Bakar

Dalam setiap usaha yang dilakukan, pasti harus memperhatikan segala kemungkinan dan peluang yang terjadi. Memperhatikan hal-hal kecil dan detail terkadang juga sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Terlebih lagi apabila kita bisa memanfaatkan sebuah peluang kecil sehingga menguntungkan kita, tentulah akan sangat berharga dalam dunia usaha, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam usaha sosis bakar serta tips dan trik seputarnya :

Baca Juga:  Pilihan Usaha Dengan Modal Kecil

1. Persiapan untuk bahan baku dan peralatan

Pastikan anda sudah mencatat semua kebutuhan yang akan anda butuhkan untuk usaha ini. Catat semua bahan yang perlu dibeli, lakukan dengan detail seperti varian yang akan dibeli, jenis sosis, ukuran, hingga banyaknya untuk Setiap varian. Catat juga kebutuhan lainnya seperti bumbu, mentega, saus dengan berbagai rasa hingga kecap manis.

2. Cari tempat strategis

Tempat adalah hal utama dalam memulai usaha. Pastikan anda memilih tempat yang strategis dan banyak dilewati oleh orang sehingga peluang untuk usaha sosis bakar anda laris menjadi besar. Selain itu, pastikan tempat anda memiliki lingkungan yang nyaman juga bersih karena kenyamanan merupakan hal yang penting. Anda juga bisa memilih tempat yang sekiranya belum terdapat penjual dengan usaha sosis bakar yang sama dengan anda.

3. Berikan variasi menu yang berbeda

Karena banyaknya orang yang Ang membuka usaha yang sama dengan anda cobalah untuk memberikan inovasi terhadap bisnis anda. Lakukan inovasi seperti pilihan saus yang beragam, varian menu yang bisa dipilih, atau beri juga varian tambahan batu yang belum ada yaitu sosis bakar dengan toping Mozarella atau semacamnya. Dengan banyaknya varian sosis yang anda buat, akan bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk mencoba usaha sosis bakar anda. Dengan begitu Anda juga akan bisa mendapatkan nilai plus dimata pelanggan.

Baca Juga:  Bisnis Dari Kerajinan Tangan Barang Bekas

4. Harga yang bersahabat dan lakukan promosi

Harga adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah usaha. Pastikan anda memberikan harga yang pas untuk produk anda, apabila anda tidak tahu kisaran harga yang pas anda bisa melakukan survei mengenai produk tersebut. Jangan memberikan harga yang terlalu mahal hanya demi mendapatkan keuntungan, karena itu juga akan mempengaruhi penilaian pelanggan, lakukan juga promosi seperti potongan harga untuk menarik pembeli

5. Manfaatkan momen yang ada

Untuk usaha yang anda lakukan, anda bisa mencoba memanfaatkan beberapa momen yang sekiranya pas seperti berjualan pada saat ada pasar kaget, pasar malam, ataupun saat sedang ada pameran hingga car free day. Dengan membaca peluang yang ada, akan membuat anda menjadi lebih mudah dalam menjalankan usaha.

Analisis Usaha

Kelebihan: Dalam usaha ini kelebihan yang bisa dilihat adalah harga yang terjangkau. Baik untuk bahan baku ataupun bahan lainnya masihlah terjangkau dan harga jualannya pun juga tidak terlalu mahal.. Usaha ini juga masih memilih peluang besar untuk bisa dikembangkan.

Kelemahan: Kelemahan dari usaha sosis bakar ini adalah bahan baku yang tidak bisa bertahan terlalu lama. Untuk bahan baku penyimpanannya pun haruslah di tempat yang sesuai. Terlebih lagi, terkadang harga bahan baku juga mengalami kenaikan yang tinggi dan tidak stabil sehingga kita perlu mempersiapkan biaya tambahan.

Share: